Ciri - Ciri Vbelt Motor Aus dan Hati - Hati Substitusinya

Selamat pagi, siang, sore,  malem… para mas bro dan mba bro untuk postingan kali ini yang mau diomongin vbelt  karena gua tadi nemuin  kejadian lumayan ekstrim dan udah dicekrek ya walaupun rada gelap karena posisi kurang pencahayaan dan kameranya kurang mantep he… buka kartu sendiri. Sebenarnya di postingan yang lain udah ada sedikit pembahasan tapi kali ini ada perbedaanya kita kupas setajam silet baru beli he…

Itu vbelt putus karena, kurang kepedulian pemakai terhadap kuda besinya, saran aja ya bro… bukan menggurui dibaca sama diterapkan ya sukur, ngga di pakai ya kagak kenapa –  napa, soalnya gua juga kagak kenal siapa aja yang mampir dimari he….



vbelt motor matic





Kapan Ganti Vbelt Motor Matic


Langsung aja ya bro, Vbelt  berfungsi sebagai penyalur tenaga dari crankshaft, drive pulley (pulley depan) ke driven pulley ( pulley belakang ) dan terbuat dari bahan dasar karet, yang pasti bukan karet gelang untuk lompat tali bocah – bocah he……
Untuk mengecek kerusakannya harus buka blok cvt dan keadaan vbelt retak –retak. Anjuran penggantian per 24.000 km diapalin bro kalau lebih dari km yang dianjurkan gmana? Usahakan motor matik jangan lakukan perjalanan jauh takutnya putus di jalan, kan tambah ribet urusannya.

Ciri – Ciri Vbelt Mulai Aus


Ini lihat bro perbandingan antara vbelt motor matik yang baru dengan yang lama, untuk vbelt lama yang minta ganti akan ada retakan dibagian dalam vbelt. Cara mengeceknya harus bongkar blok cvt, dan tekuk sedikit vbelt.

Perhatikan sisi atas karena biasanya vbel yang mulai aus sisi bagian atas atau lebar vbelt akan mengecil, karena terkikis oleh gesekan dengan pulley depan dan belakang.

Selain itu untuk vbelt yang aus dan sudah sangat parah jumlah mata vbelt akan terkikis atau bahkan hilang.



vbelt putus



Memilih Substitusi Vbelt Motor Matic


Setiap sepeda motor yang dibuat oleh pabrikan pastik akan mempunyai karakter mesin yang berbeda walaupun kadang ada part / komponen tertentu bisa dilakukan substitusi contohnya vbelt, selain itu produk after market (variasi) juga sekarang sudah sangat banyak dan bermacam – macam. Akibatnya para biker punya banyak pilihan untuk melakukan substitusi vbelt, selain harga yang di tawarkan juga berpengaruh ke porforma / tarikan dari sepeda motor matic.

Tapi jangan salah pilih bro harus bijak dan mikir keras toh intinya lo juga yang ngerasain bukan orang lain, jadi apa saja yang harus diperhatikan ya bro.... ok pentengin saja sampai kelar bro....

Honda Vario 110 Karbu

Jumlah mata 103
Diameter 81,1 cm
Lebar vbelt atas 19,10 mm
Lebar vbelt bawah 14,74 mm
Tinggi vibelt 9,20 mm
Jarak sumbu antar pulley 25,6 mm

Nah bro jadi vbelt bukan cuman karet saja ada sesuatu jika gali lebih dalam he...
Jumlah mata pada vbelt menentukan daya cengkram vbelt ke pulley depan dan belakang, sehingga daya putar vbelt lebih besar.

Panjang vbelt juga akan berpengaruh ke performa sepeda motor, jika vbelt terlalu kencang atau pendek maka dikhawatirkan vbelt akan cepat putus. Tapi jika vbelt terlalu panjang maka rpm bawah susah dapat, karena vbelt terlalu kendor.


Lebar Vbelt juga akan mempengaruhi putaran dari pulley belakang karena akan mendorong drive pulley dan driven pulley, sebenarnya vbelt lebar biasanya dipakai pada vbelt jenis racing atau kompetisi untuk mengimbangi tekanan dari peer kopling / pegas kopling yang lebih berat. Tapi jika dipakai harian akan maka vbeltjenis ini akan lebih kuat menghadpi tekanan dari pegas kopling standart pabrikan.





cvt motor


Berikut kode vbelt matic honda

KVY untuk Beat 110 karbu
KVB untuk Vario 110 karbu
KZR untuk Vario 125 FI lama
KZL untuk Beat FI, Vario 110 FI, Scoopy 110 FI, Spacy 110 FI lama / starter kasar.
K44 untuk Beat ESP, Vario ESP, Scoopy Esp
K35 untuk Vario 125 LED
K36 untuk Vario 150 LED   

Penggantian Vbelt


Pada umumnya para biker saat melakukan penggantian vbelt hanya memikirkan vbelt dan roller doang pada hal komponenyang ada didalam cvt lumayan banyak. Jadi saat melakukan penggantian vbelt sebaiknya lakukan juga penggantian komponen dibawah ini.

Roller
Vbelt
Grease Cvt
Sil driven face ( sil pulley belakang )
Piace sliade

Ingat bro penggantian rutin tiap 2 tahun atau 24.000 km, kalau mau lewa dikit saja jangan lebih karena biasanya vbelt akan putus.

Ok bro, sekian dulu dari gua untuk lebih jelasnya silahkan buka artikel terkait dan janga upa share bro ke komunitas lo. Seperti biasa safety firts & keep riding no arogan salam satu aspal... wor.. wor....



Posting Komentar

2 Komentar