Cara Pasang Klakson Keong

Klakson keong merupakan aksesoris yang banyak  dipakai para biker, entah untuk motor kecil atau motor gede, buat yang touring atau pun cuman nangkring eh…. Sorry nongkrong. Soal suara, beh …. Tu angkot sama metromini pada langsung minggir, ya… iyalah pada nurunin penumpang sama ngetem, pokoknya lu bakal di kra mobil besar, tapi giliran liat sepion ternyata motor he…. He….
Ngomongin harga rata – rata dua kalilipat dari klakson ori bawaan motor, karna hasil suaranya cetar membahana mirip syahroni, merk yang umum di pakai diantaranya Hella, Denso. Nah untuk pemasangannya ini yang ga bisa sembarangan alias langsung colok ke kabel klakson bawaan motor tapi harus pakai relay DNPT, jika ngga pakai relay tersebut accu / aki akan cepet ngedrop bertahan paling 2 minggu. Pemasangannya sebenarnya gampang yang terpenting paham jalurnya.

klakson keong


Sebelum kita pasang sediakan dulu :

  • Klakson keong itu hal pasti mau yang dua biji atau satu biji.
  • Rellay dnpt saran pakai yang 4 kaki tapi kalau nemunya yang 5 kaki ya ga apa apa.
  • Kabel untuk jalur kakson keong  panjang variasi tergantung motornya kurang lebih 2 meter.

pasang klakson



Langkah-langkahnya :

  • Perhatikan rupa pada kaki relay dengan seksama. 

Pada setiap kaki-kaki relay tersebut terdapat angka yang menunjukkan bagian yang akan dihubungkan dengan kabel ada angka 30, 85, 86, 87

  • Kaki relay dengan angka 30 

Bisa Anda sambungkan dengan sekring, lalu dari sekring, koneksikan lagi ke kutub positif pada aki motor kabel warna merah. Usahakan memakai klem tembaga atau minimal ring supanya baud aki tidak kendor.

  • Kaki relay dengan angka 85 dan 86 

Bisa Anda hubungkan dengan sakelar klakson/soket yang menghubungkan ke klakson bawaan. Tak usah khawatir, tidak masalah kok apabila Anda terbalik dalam memasang menghubungkan kaki-kaki relay ini.

  • Silakan tekan tombol klakson yang biasanya terletak di bagian holder setang. 

Amati suara yang dihasilkannya. Jika terdengar suara hentakan kecil yang berasal dari relay, artinya pemasangan yang Anda lakukan sudah benar. Sedangkan bila belum betul, Anda bisa mengecek kondisi pada bagian aki, sekring, sambungan kabel, dan relay.

  • Kaki relay dengan angka 87 dapat Anda koneksikan dengan salah satu kaki klakson. 

Sambungkan bagian positif pada relay ke kutub positif pada klakson. Begitu pun dengan kaki klakson yang satunya lagi bisa dihubungkan dengan rangka motor/massa. Jika terbalik menghubungkan kaki 87 ke kutup positif klakson, klakson tersebut tidak akan berbunyi.


  • Periksa pengerjaan

Rapikan juga jalur kabel instalasi klakson supaya terlihat lebih sedap di pandang mata.
Ok bro sekian dula ya, semoga bermanfaat buat yang baca dan langsung di praktekin biar mantep, seperti biasa safety firts, salam satu aspal...