Selamat pagi para pembaca, kenapa pagi ?? karena pagi saat
paling bersemangat untuk menghadapi kenyataan, oh …. ya… jangan lupa sarapan
biar kuat, biar ada harapan he… he… Sorry becanda dulu…
Untuk kali ini yang akan dibahas adalah sekring / sikring /
fuse, ya hal ini memang sepele tapi sangat berarti, buset dalem banget
dah… Sebenarnya perlu apa ngga si
sekring / sikring/ fuse ??... Ok berikut
pengertiannya, sekring mempunyai “ elemen kering ” yang akan putus
untuk melindungi rangkaian listrik sewaktu ada arus listrik yang terlalu besar
yang mengalir di dalam rangkaian listrik.
Jenis – jenis Sekring / sikring / fuse
- Sekring tabung kaca,
Biasanya dipakai pada sepeda motor
model lama ct Tiger, supra 100, Yamaha F1ZR, shogun 110.
- Sekring Colok / blade fuse,
biasanya dipakai pada motor –
motor keluaran terbaru ct: Beat all var, Vario all var, mio j, vixion all var,
Nih gambarnya gua kasih biar jelas,
Cara penggantian Sekring
Bila ada sekring yang putus
berarti ada arus listrik yang terlalu besar di dalam rangkaian listrik
yang berakibat adanya hubungan singkat ( konsleting ), maka lakukan perbaikan
rangkain yang menimbulkan hubungan singkat / konsleting , kemudian ganti
sekring / fuse.
Bukan langsung mengganti sekring fuse tanpa memperbaiki rangkain yang rusak
penyebab konsleting dan kadang ada yang lebih extrim lagi sekring di kasih
kawat serabut agar sekring tidak putus. Hal ini terlalu beresiko karena akibat
buruknya kabel body terbakar, dan lebih parang lagi motor terbakar.
Kapasitas Sekring
Pakailah sekring dengan kapasitas yang telah di tentukan,
bukan menggantinya dengan kapasitas yang lebih besar dari anjuran pabrikan.
Arus yang terlalu besar dapat mengalir namun sekring tidak putus, akibatnya
sekring tidak dapat lagi melindungi rangkaian, Satuan yang di pakai Ampere (
kuat arus).
Kapasitas untuk jenis sekring tabung tertulis di ujung
terminal, sedangkan tipe fuse blade terdapat di rumah sikring dengan warna yang
berbeda, berikut penjelasanya :
Warna rumah Kapasitas
Merah 10
A
Biru 15
A
Kuning 20
A
Bening 25
A
Hijau 30
A
Pemeriksaan dan pemasangan Sekring Fuse
Pemeriksaan cukup dengan cara visual, jika mengalami
kesulitan bisa menggunakan avometer, seting pada posisi ohm.
Sebelum memasang sekring, periksa terminal
terhadap karat, jamur atau masalah lain. Dorong masuk sekring sampai duduk
sepenuhnya di dalam.
Ok sekian dulu ya bro, moga bermanfaat buat yang baca, jangan lupa safety firts.... salam satu aspal ....