Fungsi dan Gejala Kerusakan Sensor Injeksi

Selamat pagi para bro seklian, entah mas bro ataupun mba bro, ok kali ini yang kan di bahas mengenai sensor sensor atau part yang terdapat dalam motor injeksi. Sebab ini sudah jaman motor injeksi walaupun sudah dimulia pergeseran ke motor listrik. Basic mesin sepeda motor injeksi dengan karburator hampir sama, tapi untuk system elektroniknya sudah berbeda.

Ini gambar tata letaknya,


Part dan sensor pada motor injeksi


Fuel Pump

Berfungsi memompa bahan bakar dari tangki bahan bakar ke injector secara terus menerus dan tekanan dengan preasure tekanan yang stabil.
Kerusakannya biasanya di sebabkan karena umur part tersebut atau bisa juga karena ada percampuran bahan bakar dengan zat / partikel lain baik berupa air atau pun karat yang di timbulkan oleh air tersebut. Jika fuel pump rusak di tandai tidak ada bunyi denging di dalam tangka bahan bakar pada saat pertama kali kunci kontak di putarke ON dan sepeda motor tidak bisa dihidupkan

Injektor

Berfungsi Untuk menyemprotkan bahan bakar ke Throtle body, sesuai perintah dari ECM (Engine control module).
Kerusakannya di tandai sepeda motor tidak dapat dihidupkan penyebabnya karena injector mampet dan bahan bakar yang kotor tetapi filter bahan bakar yang terdapat di fuel pump tidaka dapat menyaringnya.

Throttle Body

Berfungsi untuk mengatur volume udara dengan membuka dan menutup throttle valve / koin.
Kerusakannya karena lubang saluran masuk udara mampet, biasanya ini terjadi karena open filter udara, atau jarang dibersihkan, sepeda motor bisa dihidupkan tapi stasioner tidak stabil / mati –matian.

Bank Angle Sensor

Sensor kemiringan yang berfungsi untuk mematikan mesin jika sepeda motor terjatuh.
Kerusakannya karena umur part tersebut, saat sensor ini bermasalah sepeda motor tidak dapat dihidupkan.

ECT / EOT

ECT (engine coolent temperature) untuk sepeda motor yang memakai radiator, sementara EOT (engine oil temperature) untuk sepeda motor yang tidak memekai radiator. Berfungsi untuk mengukur suhu kerja mesin dan dikirimkan ke ECM.
Kerusakannya motor susah dihidupkan saat posisi dingin.
Sensor Unit ( terpasang pada throttle body)
Berfungsi untuk mengukur tekanan vakum intake manifold, mengukur posisi throttle dan mengukur suhu udara yang masuk ke throttle body.

Sensor O2

Berfungsi mengukur jumlah oksigen di dalam gas pembuangan, dan kemudian di kirimkan ke ECM untuk mengolahnya.
CKP sensor
Mengukur kecepatan putaran crankshaft dan sudut crankshaft yang di kirimkan ke ECM.

ECM (engine control module)

Mengatur jumlah bahnan bakar yang di keluarkan oleh injector, juga mengatur system kelistrikan, system pengapian, dan sinyal sinyal yang  di kumpulkan oleh masing - masing sensor. Bisa di katakana ini otak dari motor injeksi, semua dia yang ngatur yang baca yang mengolah juga. Jika ECM rusak motor akan mati total, tidak ada bensin yang di semburkan dan percikan api dari sissitem pengapian, sampai beban signal - siganal (klakson, lampu sent) juga tidak hidup.

Ok bro sekalian , gua udahin dulu moga bermanfaat buat yang baca, ojo lali safety first, keep riding no arogan, salam satu aspal…