Lifter Sepeda Motor

Lifter Assy Tensioner

Selamat pagi bro semua, kembali lagi ke blog gua yang masih acak – acakan tapi lumayan berguna buat pelampiasan nulis ha…. ha…. Tapi buka sebar berita hoak ya…. Karena sekarang lagi menjamur berita – berita hoak, langsung aja ke pokok bahasan kali ini, Lifter assy tensioner / dikenal penonjok keteng / apa aja yang terpenting maksudnya gambar di bawah ini, karena setiap daerah beda – beda pengucapannya , tapi Bahasa tekniknya ya lifter / tensioner.

 Fungsi utama dari liter untuk mengatur kekencangan cam chain / keteng / rantai keteng ( bhs ambigunya ), agar gerakan kruk as (crankshaft) sejajar dengan noken as (cam shaft) sesuia waktu pengapian, bagaimana bingungkan ya sama karena pakai Bahasa planet gua… he…

Jadi secara simpelnya kita ambil contoh gear set sepeada motor , kalau rantai motor tidak pernah di setel lama – kelamaan akan kondor dan akhirnya rantai loncat dari posisi gear sehingga harus di setel. Beda halnya dengan rantai mesin / keteng / cam chain yang harus di tekan oleh tensioner lifter agar piston dan klep tidak saling berbenturan sehingga piston pecah atau klepnya yang bengkok. Cara kerja lifter menekan secara otomatis dengan di bantu oleh oli mesin memang ada beberapa yang memodifikasi di system kerjanya secara manual, nanti di bawah akan di kupas setajam silet baru beli…

Beberapa model lifter tensioner


Tensioner manual

Tensioner yang cara penyetelannya dengan cara melonggarkan mur pengunci setelan dan setelah itu baru baut penyetel di keraskan sampai kekencangan pas (bunyi berisik keteng hilang) dan mur pengunci dikeraskan kembali, kebanyakan Jenis variasi atau modifikasi dan diterapkan pada motor motor balap.

Tensioner Semi Otomatis 

Untuk jenis ini cara penyetelannya dengan melonggarkan baut penahan batang penegang dan per tensioner akan mendorong sendiri batang penegang. Contoh motor hampir semua pabrikan mengeuarka model ini.



Pemeriksaan cara kerja tensioner lifter semi otomatis :
  • Tensioner lifter shaft tidak boleh masuk ke dalam body pada saatdi dorong.
  • Pada saat diputar searah jarum jam dengan obeng tensioner lifter shaft harus tertarik kedalm body, dan saat setelan obeng di lepas shaft harus melompat keluar dari body.

Nah  kadang ada beberapa yang mensiasati kurasakan pada lifter jenis semiotomatis dengan menambahkan baud pada ujung shaft atau mengubahnya menjadi model manual, hal ini tidak gua sarankan kalau lu cinta banget sama motor lu, kenapa?. Karena untuk efek jangka panjangnya akan menimbulkan keausan pada part lain yang langsung berhubungan dengan Lifter / tensioner tersebut, antara lain keteng, lidah keteng dan noken as. Tapi kalau motor lu ngga terlalu penting buat lu ya udah terapin aja, so cukup menghemat karna ngga perlu ganti lifter yang harganya bikin lumayun kalau yang originalnya.

Tensioner Otomatis

Pada jenis ini tidak perlu diakukan penyetelan karena per akan terus mendorong batang penegang secara otomatis dengan bantua oli mesin contoh motor mesin series milik honda , supra 100, grand. Kerusakan biasanya terjadi pada roll penekan keteng , push rod / tensioner tersebut, dan tersiner spring  peer tensionernya dengan batas servis 109 mm tidak boleh kurang dan tidak boleh diganti dengan peer sil master depan karena hal ini sering kali terjadi.




Sekian dulu ya bro. Life’s limit so safety first, salam satu aspal bro…
Ini ada videonya ganti keteng buat motor blade 110 / revo 110 ya walaupun rada gelap - gelapan chek it dot....