Perbedaan Motor 4 Tak dan 2 Tak

Sepeda motor di jaman sekarang sudah kaya kacang goreng, et dah emang di kira makanan apa tong. Maksudnya  hampir semua rumah memilikinya bahkan sampai satu rumah terdapat 4 sepeda motor, perlu di ketahui sepeda motor berdasarkan kontruksi mesinnya di bedakan menjadi  dua, yaitu motor 2 tak dan 4 tak, sementara itu berdasarkan pengkabutan bahan bakar dibagi menjadi dua juga,sepeda motor karburator dan sepeda motor injeksi, tapi yang akan kita bahas kali ini mengenai perbedaan sepeda motor secara kontruksi mesin, yaitu 4tak dan 2 tak.

Definisinya


Motor dua tak adalah mesin yang menghasilkan tenaga hanya memerlukan 2 x langkah piston, 1 x langkah poros engkol.
Sedangkan motor empat tak adalah mesin yang menghasilkan tenaga dengan 4 x langkah piston, 2 x putaran poros engkol, 1 x putaran noken as.
Nah dari penjelasan di atas ada beberapa perbedaan pada part / komponen pada motor 4 tak yaitu “Noken As”  yang fungsinya untuk mengatur buka tutup klep agar searah / selaras dengan gerakan poros engkol sesuia timing pengapian.

Siklus kerja


Untuk motor 2 stroke / langkah hanya memiliki dua siklus kerja yaitu :

  • Piston bergerak dari TMB (titik mati bawah) menuju TMA (titik mati atas) :

Langkah Hisap
Langkah Kompresi

  • Piston bergerak dari TMA ( titik mati atas ) menuju TMB ( titik mati bawah )

Langkah usaha
Langkah buang

Ring piston hanya terdapat 2 yaitu ; ring kompresi 1 dan ring kompresi 2.

Sedangkan untuk motor 4 tak / langkah terdapat  4 siklus kerja diantaranya:


Langkah hisap : keadaan dimana piston bergerak dari TMA menuju TMB kemudian klep in membuka dan bahan bakar maasuk kedalam ruang bakar, sementara klep ex tertutup.

Langkah Kompresi ; keadaan dimana piston bergerak dari TMB menuju TMA, dengan keadaan kedua klep tertutup dan bahan bakar di padatkan.

Langkah Usaha; keadaan dimana piston bergerak dari TMA menuju TMB, dengan kedua klep tertutup dan bahar bakar terbakar di ruang bakar karena busi memercikan api, yang akhirnya menimbulkan tenaga.

Langkah Buang; keadaan dimana piston bergerak dari TMB menuju TMA, dengan keadaan klep ex terbuka dan sisi pembakan di buang melelui knalpot.

Sementara itu untuk piston dari 4 langkah dan 2 langkah memiliki perbedaan yang mencolok diantaranya ring piston.

Ring piston terdapat 3 buah:
Ring kompresi  1
Ring kompresi 2
Ring oli ( 2 ring side rail, 1 ring expander)

Kekurangan dan kelebihan dari motor 4 langkah dan 2 langkah


Secara siklus kerja dan kontruksi mesin memang motor 4 langkah lebih ribet dan terlalu banyak part / komponen yang bekerja , tapi untuk pemakain bahan bakar bakar 4 tak yang lebih efisien.




Sedangkan mesin motor  2 langkah ringan karena tidak terlalu banyak komponen, sehingga untuk urusan kecepatan 2 langkah lebih unggul dari 4 langkah dengan perbandingan ” cc “ yang sama. Tapi urusan bahan bakar lumayan boros, dan harus memakai  oli samping untuk campuran bahan bakar oli mesin tidak melumasi piston dan poros engkol, tapi hanya melumasi  tranmisi. Maka motor 2 langkah tidak ganti oli selama 6 bulan tidak masalah.


Ok gan sekian dula bahasan kali ini, moga bermanfaat buat yang baca, ojo lali safety first keep riding no arogan salam satu aspal…