Kenalan Dengan Piston, Ring Piston dan Cara Pasangnya

Sejeworks - Sebagai pecinta otomotif, kebangeten banget kalua ngga tau apa itu piston / seher / torak, okey langsung aja ya bro penjabaran ederhana dari gua he he… Piston adalah komponen mesin yang membentuk ruang bakar bersama – sama dengan silinder head. Piston jugalah yang melakukan gerak naik turun untuk melakukan siklus kerja mesin, serta piston harus mampu meneruskan tenaga hasil pembakaran ke stang seher (crankshaft).

Piston dibagi menjadi dua:


Piston Cetak / piston konvensianal / cast piston 

Pembentukannya dari aluminium yang di cairkan kemudian di tuang dalam cetakan, bahan cetakan terbuat dari pasir khusus atau logam dengan mengandalkan gaya gravitasi untuk penekanan pada piston tersebut. Dan proses finising menggunakan mesin cnc sampai sempurna,ukurannya sampai benar benar presisi dari mulai lubbang pen, lubang oli dan alur ring piston. Kekurangannya bentuk masih terlalu tebal untuk menjaga kekuatan piston akibatnya piston punya bobot yang berat dan putaran mesin terbebani. Piston jenis ini dipakai pada motor – motor keluaran lawas.

 Piston Tempa ( forging piston)

Bahan baku dari pipa silinder padat dalamnya tidak bolong, lalu di potong – potong, mendekati piston yang sudah jadi, hasil potongan di panaskan sampai benar – benar membara. Tapi tidak sampai mencair, bahan piston membara didinginkan sebentar, lalu dimasukan ke cetakan dan di pukul agar bentuknya sebesar lubang cetakan meski tipis tapi masih kuat karena di pukul proses finishing menggunakan mesin cnc  kelebihan gesekannya ringan, juga lebih ringan sehingga putaran mesin lebih ringan, piston jenis ini dipakai pada motor keluaran terbaru.

Jika piston mengalami kerusakan / aus maka perlu dilakukan oversize (pembesaran diameter cylinder dengan cara di korter), pabrikan sepeda motor hanya menyediakan sampai empat pilihan:

Oversize 25 berarti diameter piston bertambah 0,25 ml
Oversize 50 berarti diameter piston bertambah 0,50 ml
Oversize 75 berarti diameter piston bertambah  0,75 ml
Oversize 100 berarti diameter piston bertambah 100 ml
Untuk yang lebih dari 100 biasanya adatapi untuk merk after market.

Cara pemasangannya
Perhatikan tanda marking di kepala piston, untuk lebih jelasnya lihat gambar.



marking piston



 Cara Pemasangan Ring Piston Sepeda Motor


Ring Kompresi 1, berada diatas dengan ciri berwarna cerah ujung ring rata / tumpul.
Ring Kompresi 2, berada setelah RK 1, dengan ciri warna lebih gelap dan ujung ring agak tajam.
Ring Oli terdiri dari 2 ring side rail, berada mengapit ring expander dan 1 ring expander



piston rings





Perhatikan marking  tanda pada RK 1 dan RK 2 harus menghadap ke atas, sudut celah pada masing masing ring 120 derajat





Ok bro demikian penjelesan singkatnya dari gua, moga bermanfaat buat lu, ojo lali safety first,  salam satu aspal…