Sensor Kemiringan Motor (BAS Sensor)

Selamat pagi para bro sekalian dari yang mas bro sampai mba bro, ok kali ini sebenarnya ngelanjutin dari postingan kemarin yang membahas masalah komponen  / sensor motor injeksi dan kerusakannya.  BAS (Bank angle sensor) atau lebih di kenal sensor kemiringan bukan orangnya lo nya……

Langsung saja sedikit penjabarannya, pada sepeda motor model karburator jika terjatuh , mesin akan berhenti otomatis (walaupunngga semua) karena terjadi perubahan pada ruang pelampung karburator dan bahan bakar tidak di pasok lagi dari tangka bahan bakar, tetapi bahn bakar yang sudah ada di dalam karburator aka nada sebagian yang tumpah keluar dari melalui lubang udara karburator. Makanya kalau motor karburator jatuh aka nada tumpahan bensin walaupun sedikit dan ngga semua mesin sepeda motor langsung mati.

Tetapi untuk mesin sepeda motor  dengan system injeksi, sewktu motor terbalik atau jatuh, sensor BAS (bank angle sensor) akan mendeteksi kemiringan sudut motor tersebut. Jika kemiringan motor tersebut lebih dari sudut 60 derajat ECM akan menghentikan arus listrik ke fuel pump ( pompa bahan bakar) dan sisitem pengapian sehingga mesin akan mati dengan sendirinya, menghidupkannya cukup dengan mensejajarkan motor tersebut dan starter seperti biasanya.
Yang jadi pertanyaan apakah perlu melakukan reset ECM, dan jawabnya YA itu perlu karena, ada kode kerusakn yang tersimpan di dalam memori ECM dan harus dihapus dan jangan menunggu terlalu lama sampai 3 bulan.. he…..

Cara kerjanya BAS (bank angle sensor):


  • Sewaktu kunci kontak di putar ke ON, voltase input diberikan dari ECM ke bank angle sensor, namun arus tidak mengalir ke transisitor di dalam bank angle sensor karena HALL IC yang di hubungkan ke transisitor tidak di hidupkan.
  • Jika sepeda motor di miringkan lebih dari 60 derajat, HALL IC akan dihidupkan oleh magnet (kutub –N) dari bandul. Akibatnya arus listrik dapat mengalir ke transistor. 

  • Sewaktu arus listrik mengalir ke transisitor, voltase output diberikan dari ECM ke terminal massa melalui transistor. ECM mematikan pengapian dan pengaturan injection untuk mematikan mesin.


Nah ini gambarnya biar makin kece,




Terkadang ada beberapa penangan yang salah saat memasang sensor BAS, yaitu baud dan posisi sensor tersebut, maksudnya saat meletakan sensor BAS pastikan sudut kemiringannya harus sejajar dengan posisi motor atau tegak berdiri kalau sampai asal –asaln maka nilai kemirinagn sudut tersebut akan berpengaruh. Pakailah baud bukan kabel ties, sesuai dari pabrikan mereka memakai baud untuk meletakan sensor BAS pada sasis, agar tahan goncangan. Tapia da yang terlallu ceroboh mengikat sensor bas dengan kabel ties alhasil sepeda motor akan mati – matian.

Ok bro sekalian sekian dulunya gua mau capcus dulu, jangan lupa safety first keep riding no arogan, salam satu aspal… mber… mber……….. 

Oh ya ini videonya chek it dot pokekelah.............