Cara Membedakan Oli Mesin Palsu

Apa kabar bro sekalian, dah lama gua ngga posting masih pada nongkrong disinikan. Kali ini yang akan di omongin tentang oli mesin palsu / limbah daur ulang, karena oli mesin hal yang sangat vital bagi performa mesin sepeda motor. Jadi mau ga mau kita harus cermat dalam memilih jangan asal –asalan dari pada menyesal pada akhirnya he.... he...

Sebenarnya untu mengetes oli mesin itu asli atau palsu agar hasil lebih spesifik harus di bawa ke lab teknik kimia industri, hal ini ngga mungkin ita lakukan sendiri, masa iya mau ganti oli mesin aja pakai acara tes tesan kan ribut, eh .... ribet maksudnya. Untuk itu gua kasih tips simpel yang top banget, cuman cara dilihat, dicium doang, ok langsung aja...

Cara membedakan oli mesin asli dan oli mesi palsu diantaranya :

  • Perhatikan lebel pada kemasan



Produsen oli mesin selalu menggunakan teknologi printing / percetakan yang bagus untuk memproduksi lebel kemasan yang mereka pakai di kemasan produk mereka, dan ada produsen yang memakai hologramic logo atau kede tersendiri untuk memberikan ciri keaslian produk mereka.
Produk oli pelumas palsu memang memiliki tampilan yang sangat mirip, namun logo kemasan biasanya menggunakan printing kualitas rendah, berbeda dengan logo asli akan discan dan dicetak ulang sehingga kualitas cetakan lebel akan memiliki perbedaan.

  • Botol oli mesin



Para pengoplos oli mesin biasanya akan memakai botol oli mesin bekas yang mereka kumpulkan dari tumpukan sampah di bengkel sepeda motor, sehingga warna sudah tidak terlalu bersih, malah cendrung kotor agak buram. Sedangkan pabrikan oli mesin selalu memakai botol oli mesin baru bukan kemasan daur ulang.

  • Nomor Identifikasi pada tutup



Nomor indentifikasi ini terletak di bagian tutup botol oli mesin, dan terdapat dua buah dibagian atas dan bagian bawah dari tutup oli mesin denangan cetakan sama dan sejajar pada tutup botol oli mesin tersebut, tetapi nomor identifikasi pada tiap- tiap botol oli mesin berbeda. Jadi kalau menemukan oli mesin yang mempunyai nomor identifikasi yang berbeda antara tutup atas dan bawah bisa di pastikan oli mesin tersebut palsu.

ni gua kasih contoh gambarnya.

oli oplosan


  • Warna dan bau oli mesin


Oli mesin yang asli berwarna bening, sedangkan oli mesin palsu berwarna keruh dan lebih kental karena dicampur dengan bedak tabur. Sementara untuk bau oli mesin asli masing – masing memiliki ciri khas yang berbeda, sedangkan untuk oli mesin palsu mempunyai bau sangit.

  • Apa ada endapan oli mesin


Nah ini jurus pamungkasnya, oli mesin asli berwarna bening tidak ada kotoran dan endapan pada bagian dalam bawah botol tersebut. Sementara untuk oli palsu biasanya terdapat endapan kotoran bisa berupa gram – gram / partikel kecil di bagian dalam bawah oli tersebut. Makanya kadang penjual yang mengetaui barang dagangannya palsu akan mengocok oli tersebut agar tidak ada endapan di bagian dalam bawah dari botol oli mesin tersebut.



Efeknya pemakain oli mesin palsu pada sepeda motor sebenarnya jangka panjang paling tidak satu tahunan baru terasa pada mesin sepeda motor, hal yang di timbulkan bisa berupa piston mbaret di tandai dengan knalpot ngebul putih dan kruk as oblag di tandai dengan bunyi kasar pada mesin.
Ok bro sekian dulunya, karena udah cukup panjang penjelasan gua, jangan lupa safety first, keep raiding no arogan salam satu aspal...

Oh ya ini gua kasi video ganti oli mesin yang bener, chek it dot pokoknya..