Kerusakan Akibat Motor Terjatuh

Selamat pagi para bro semua, kali ini yang akan kita omongin tetang jatuh, yang ngga enak pastinya. Kalau jatuh yang enak berarti jatuh cinta ciye... itu yang buat lagi ngalamin la gua ???. Na..... jatuh yang ngga enak ini jatuh dari motor, udah badan bengep, nyium aspal panas, motor rusak, dompet kering, tapi alhamdulillahnya nyawa masih tertolong karena itu yang terpenting, urusan duit bisa di cari atau utang ma temen... he... he...

Karena blog ini gua khususkan buat motor, jadi yang di bahas tentang motor, bukan ridernya karena gua bukan tenaga medis takut salah omong... he...  langsung aja ya bro, kerusakan pada motor akibat kecelakaan lalu lintas.



heavy repair





Segitiga (Setering Steam) Bengkok


Segitiga sering kali bengkok saat motor terjatuh entah itu kecelakaan tunggal atau tabrakan antar pengguna jalan raya. Kalau hanya segitiga saja yang bengkok berarti termasuk kerusakan ringan, ngga parah parah banget, penyelesaiannya cukup dilakukan press segitiga dan penggantian komstir.
Tapi kalau sampai shock depan / fork yang bengkok parah entah itu dari buttom (dudukan shock depan) atau pipa shock berarti siap – siap melakukan penggantian pada part tersebut. Untuk hal ini dapat cek secara visual, sedangkan kalau rusak ringan cukup dilakukan pres.

veleg racing


Cara pengecekan segitiga bengkok atau ngga cukup melihat posisi roda depan sejajar atau tidak dengan spakbor depan, jika tegak lurus berarti ngga masalah, sebaliknya jika roda dan spakbor depan berlawanan arah berarti abnormal. Usahakan saat melakukan pengecekan sepeda motor pada posisi standar tengah.

Bagi yang ngga tau komstir ini gua kasih linknya

http://www.sejeworks.id/2017/04/komstir-sepeda-motor.html

Velg Pecah atau Bengkok


Ini juga kerap kali terjadi, untuk pengecekannya pasti para bro udah pada tau lah, karena cukup dilihat secara visual, untuk solusinya bisa dilakukan pres velg jika masih memungkinkan.

 Cover Body Pecah / Lecet dan Stang Bengkok


Ngga usah jatuh saja cover bisa lecet apalagi jatuh itu sudah pasti lecet, bahkan mungkin pecah. Untuk stang kemudi sebenarnya bisa dibenerin dengan di pres sedikit, tapi ngga 100 persen seperti sedia kala tapi untuk sementara ok lah, atau mungkin sementaun he....

cvt matik



Blok Mesin Pecah


Nah ini juga sangat ekstrim bingit pokokelah, biasanya terjadi karena benturan yang keras bagian mesin  sehingga crank case bisa pecah. Untuk solusinya bisa dilakuakan las babet / Karbit pada bagian yang pecah, tapi gua saranin mending ganti baru agar lebih maksimal hasilnya. Sebab mesin retak sedikit saja, atau melintir oli masin akan rembes terus.


Ok bro, pokoknya titi dj, safety first, keep riding no arogan, salam satu aspal... sorry lagi ngga ada chek it dot... he.....