Selamat pagi para bro semua, kali ini yang
akan kita omongin tetang jatuh, yang ngga enak pastinya. Kalau jatuh yang enak
berarti jatuh cinta ciye... itu yang buat lagi ngalamin la gua ???. Na.....
jatuh yang ngga enak ini jatuh dari motor, udah badan bengep, nyium aspal
panas, motor rusak, dompet kering, tapi alhamdulillahnya nyawa masih tertolong
karena itu yang terpenting, urusan duit bisa di cari atau utang ma temen...
he... he...
Karena blog ini gua khususkan buat motor, jadi
yang di bahas tentang motor, bukan ridernya karena gua bukan tenaga medis takut
salah omong... he... langsung aja ya
bro, kerusakan pada motor akibat kecelakaan lalu lintas.
Segitiga (Setering Steam) Bengkok
Segitiga sering kali bengkok saat motor
terjatuh entah itu kecelakaan tunggal atau tabrakan antar pengguna jalan raya.
Kalau hanya segitiga saja yang bengkok berarti termasuk kerusakan ringan, ngga
parah parah banget, penyelesaiannya cukup dilakukan press segitiga dan
penggantian komstir.
Tapi kalau sampai shock depan / fork yang
bengkok parah entah itu dari buttom (dudukan shock depan) atau pipa shock
berarti siap – siap melakukan penggantian pada part tersebut. Untuk hal ini
dapat cek secara visual, sedangkan kalau rusak ringan cukup dilakukan pres.
Cara pengecekan segitiga bengkok atau ngga
cukup melihat posisi roda depan sejajar atau tidak dengan spakbor depan, jika
tegak lurus berarti ngga masalah, sebaliknya jika roda dan spakbor depan
berlawanan arah berarti abnormal. Usahakan saat melakukan pengecekan sepeda
motor pada posisi standar tengah.
Bagi yang ngga tau komstir ini gua kasih
linknya
http://www.sejeworks.id/2017/04/komstir-sepeda-motor.html
http://www.sejeworks.id/2017/04/komstir-sepeda-motor.html
Velg Pecah atau Bengkok
Ini juga kerap kali terjadi, untuk
pengecekannya pasti para bro udah pada tau lah, karena cukup dilihat secara
visual, untuk solusinya bisa dilakukan pres velg jika masih memungkinkan.
Cover Body Pecah / Lecet dan Stang Bengkok
Ngga usah jatuh saja cover bisa lecet apalagi
jatuh itu sudah pasti lecet, bahkan mungkin pecah. Untuk stang kemudi
sebenarnya bisa dibenerin dengan di pres sedikit, tapi ngga 100 persen seperti
sedia kala tapi untuk sementara ok lah, atau mungkin sementaun he....
Blok Mesin Pecah
Nah ini juga sangat ekstrim bingit pokokelah,
biasanya terjadi karena benturan yang keras bagian mesin sehingga crank case bisa pecah. Untuk
solusinya bisa dilakuakan las babet / Karbit pada bagian yang pecah, tapi gua
saranin mending ganti baru agar lebih maksimal hasilnya. Sebab mesin retak
sedikit saja, atau melintir oli masin akan rembes terus.
Ok bro, pokoknya titi dj, safety first, keep
riding no arogan, salam satu aspal... sorry lagi ngga ada chek it dot...
he.....