Selamat pagi semua bro, sebagai pengendara sepeda motor yang
wari – wiri di jalanan pasti sering nemuin banyak kendala salah satunya rantai
motor cepet kendor. Hal ini kerap di alami oleh pengguna sepeda motor cub /
bebek dan sport / batangan, untuk jenis metik ya ngga ngelamin kaya gini.
Padahal berasa baru stel rantai kemarin tau – tau rantai
kendor lagi, cepet banget rasanya apalagi bagi para pemakai ban besar. Nah …..
ini gua mau kasih solusi sedikit, cara pasang stabilizer / tensioner rantai atau
juga di kenal chain tension roller fungsi utamanya untuk menjaga kesetabilan
tegangan rantai. Cara pemasangannya tidak terlalu ribet tinggal plug and play
di bagian swing arm, tanpa merubah koponen yang terkait
Ini jepretan gambarnya..
Manfaat pemakain stabilizer rantai
Kekencangan rantai stabil
Rantai tidak mudah kendor dan tetap stabil baik ketika di
geber kencang maupun ketika jalan pelan. Hal ini dapat dirasakan saat
pergantian gigi atau perseneling karena biasanya, terjadi hentakan sehingga ada
bagian yang tertarik secara mendadak sehingga rantai menjadikenceng kendor.
Rantai menjadi tidak terlalu berisik
Rantai berisik adalah hal klasik yang sering di jumpai pada
motor – motor yang memakai ban besar / tapak lebar, di tambah lagi pabrikan
motor sekarang cendrung mengeluarkan motor dengan ban besar. Akibatnya dari
pemakain ban yang besar, merembet ke part yang lain lebih tepatnya rantai yang
harus bekerja maximal menarik roda belakang. Dengan memakai stabilizer ranti
maka suara berisik dari rantai akan berkurang.
Tidak sering nyetel rantai.
Nah ini keuntungan yng bisa langsung diukur pakai duit, he….
Saoalnya kalau lu biasanya dua minggu sekali atau sebulan sekali nyetel rantai
ke bengkel. Lu ngga perlu lakuin itu karena stabilizer rantai akan secara
otomatis menekan rantai dengan roller karet, jika rantai mengalami kekendoran,
dengan catatan stabilizernya masing bagus atau bisa bekerja ngga rusak ya bro…
Motor tambah keren.
Kalau point yang ini hanya nilai plus aja, gua ngga bisa
ngomong lebih banyak cuman lu buktiin aja. Pasti banyak yang nanya, itu apaan di bagaian lengan
anyun / swing arm ? he…. He…
Ngga kumplit rasanya kalau cuman membahas masalah rantai
kalau ngga sampai kemasalah setelan rantai / kekencangan rantai cara mambaca
kode rantai, tapi hal ini pernah di ulas pada postingan dulu berikut linknya.
, jarak main bebas stelan rantai 10 – 30 cm. Lebih dari
batas yang ditentukan berarti lakukan penyetelan rantai, jarak main bebes yang berlebih atau tidak pas akan
menimbulkan gejala diantaranya :
- Terasa getaran berlebih di bagian kiri, hal ini karena rantai kendor sehingga mata gear tidak pas masuk kelubang rantai.
- Pada saat perpindahan gigi atau melewati polisi tidur dan jalan rusak akan berbunyi clak.. clak.. clak.. clak
- Suara berisik / gemercik di bagian rantai terdengar nyaring.
Ok bro sekian dulunya, ojo lali safety first, keep riding no
arogan…. Lagi ra ono chek it dot….