Tips Agar Rantai ngga Bunyi

Selamat pagi semua bro, sebagai pengendara sepeda motor yang wari – wiri di jalanan pasti sering nemuin banyak kendala salah satunya rantai motor cepet kendor. Hal ini kerap di alami oleh pengguna sepeda motor cub / bebek dan sport / batangan, untuk jenis metik ya ngga ngelamin kaya gini.

Padahal berasa baru stel rantai kemarin tau – tau rantai kendor lagi, cepet banget rasanya apalagi bagi para pemakai ban besar. Nah ….. ini gua mau kasih solusi sedikit, cara pasang stabilizer / tensioner rantai atau juga di kenal chain tension roller fungsi utamanya untuk menjaga kesetabilan tegangan rantai. Cara pemasangannya tidak terlalu ribet tinggal plug and play di bagian swing arm, tanpa merubah koponen yang terkait


Ini jepretan gambarnya..

agar rantai awet




Manfaat pemakain stabilizer rantai


Kekencangan rantai stabil

Rantai tidak mudah kendor dan tetap stabil baik ketika di geber kencang maupun ketika jalan pelan. Hal ini dapat dirasakan saat pergantian gigi atau perseneling karena biasanya, terjadi hentakan sehingga ada bagian yang tertarik secara mendadak sehingga rantai menjadikenceng kendor.

Rantai menjadi tidak terlalu berisik

Rantai berisik adalah hal klasik yang sering di jumpai pada motor – motor yang memakai ban besar / tapak lebar, di tambah lagi pabrikan motor sekarang cendrung mengeluarkan motor dengan ban besar. Akibatnya dari pemakain ban yang besar, merembet ke part yang lain lebih tepatnya rantai yang harus bekerja maximal menarik roda belakang. Dengan memakai stabilizer ranti maka suara berisik dari rantai akan berkurang.

Tidak sering nyetel rantai.

Nah ini keuntungan yng bisa langsung diukur pakai duit, he…. Saoalnya kalau lu biasanya dua minggu sekali atau sebulan sekali nyetel rantai ke bengkel. Lu ngga perlu lakuin itu karena stabilizer rantai akan secara otomatis menekan rantai dengan roller karet, jika rantai mengalami kekendoran, dengan catatan stabilizernya masing bagus atau bisa bekerja ngga rusak ya bro…

Motor tambah keren.

Kalau point yang ini hanya nilai plus aja, gua ngga bisa ngomong lebih banyak cuman lu buktiin aja. Pasti  banyak yang nanya, itu apaan di bagaian lengan anyun / swing arm ? he…. He…

Ngga kumplit rasanya kalau cuman membahas masalah rantai kalau ngga sampai kemasalah setelan rantai / kekencangan rantai cara mambaca kode rantai, tapi hal ini pernah di ulas pada postingan dulu berikut linknya.


, jarak main bebas stelan rantai 10 – 30 cm. Lebih dari batas yang ditentukan berarti lakukan penyetelan rantai,  jarak main bebes yang berlebih atau tidak pas akan menimbulkan gejala diantaranya :

  • Terasa getaran berlebih di bagian kiri, hal ini karena rantai kendor sehingga mata gear tidak pas masuk kelubang rantai.


  • Pada saat perpindahan gigi atau melewati  polisi tidur dan jalan rusak akan berbunyi clak.. clak.. clak.. clak


  • Suara berisik / gemercik di bagian rantai terdengar nyaring.



Ok bro sekian dulunya, ojo lali safety first, keep riding no arogan…. Lagi ra ono chek it dot….