Cara Mengatasi Karburator Banjir

Karburator banjir, et …. Maksudnya bukan banjir karena air tapi banjir bensin  yang keluar dari lubang pembuangan. Hal ini sering kali terjadi karena jarum pelampung sudah mulai aus sehingga tidak bisa bekarja secara normal dengan menutup bensin yang masuk ke karburator. Biasanya masalah ini terjadi pada sepeda motor yang sudah berumur, apalagi pada system aliran bensin yang langsung mengalir dari tangka bensin menuju karburator, sedangkan untuk system aliran bensin yang model vakum jarang terjadi masalah bensin banjir.

 Sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan beberapa trik, tapi gua ngga bisa jamin 100 % bekerja paling tidak 80 % bensin tidak akan banjir lagi. Karena trik ini untuk semetara sukur-sukur jadi selamanya awet, he..... kalau mau benar-benar sembuh harus di ganti karburator assy / segeluntung pakai yang original bawaan pabrik bukan barang kw, nah bagaimana kalau cuman ganti repair kit kan cukup murah dan bersahabat di kantong balik lagi ngga semuanya tuntas tapi yang terpenting dicoba dulu dan banyakin doa he....

Beberapa akibat jika karburator banjir:


  • Bahan bakar boros



Bensin akan boros itu pasti karena bensin keluar dari karburator, seperti kran air dan tidak ada pembakan baha bakar. Biasanya terjadi saat posisi mesin motor mati atau mau dihidupkan.

  • Sepeda motor susah hidup



Hal ini terjadi karena keadaan busi basah oleh bensin yang tidak terbakar karena pletikan api dari busi, biasnya busi kan cepat mati.




Trik mengatasi karburator sering banjir :


  • Siapkan amplas



Ini cara yang paling tidak berisiko karena tidak merubah fungsi yang ada di karburtor, tinggal copot dan pasang. Amplas ini di gunakan bukan untuk mengamplas ya bro, cuman dijadikan ganjel di ujung jarum pelampung yang langsung bersentuhan dengan pelampung bensin ( yang bisa mantul / bukan ujung yang runcing). Ngga perlu terlalu besar hanya secuil dan ngga usah mikirin ukuran berapa amplas yang dipakai. Kenapa yang di pakai amplas ?? bukan yang lainnya, sebenarnya ngga harus amplas barang yang lain juga bisa yang terpenting tidak larut oleh bensin. Di bawah ini contoh barangnya:

Lem campur / dexton plastic steel


Kalau trik ini agak extream, tapi kalau ngga manjur bisa dibalikin keadaan semula. Caranya cukup menutup jalur pembuangan bensin pada karburator dengan lem campur tersebut, cara menutupnya bisa dibagian dalam atau di bagian luar karburator. Biasanya cara ini langsung manjur, yang perlu diperhatikan pastikan lem campur tersebut sudah kering saat bensin di alirkan ke karburator. Jika cara ini ngga bekerja dan pengin di balikin lagi ke keadaan semula cukup mengelupas lem campur tadi yang di gunakan untuk menyumbat jalur pembuangan bensin.

Amril yang paling halus


Ini cara yang paling extream sebaiknya pikirkan lagi sebelum melakukannya, sebelumnya pada tahu kan apa itu amril, kalau sudah tahu berati gua ngga perlu ngejelasin panjang lebar he... kalau belum ya gua kasih tau dikit amril biasa dipakai untuk menskir ulang klep dengan sitting klep agar tidak ada kebocoran kompresi, nah amril biasanya ada dua bagian dari yang halus dan yang kasar. Untuk kali ini yang di pakai yang halus yang kasar di kesampingkan dulu, cara memakainya cukup oleskan sedikit saja amril pada ujung jarum pelampung karburator dan masukan jarum pelampung yang telah di olesi amril tersebut kedalam dudukan karburator / jalur bahan bakar dari selang bahan bakar menuju karburator. Kemudian putar searah jarum jam dengan sedikit menekan antara jarum pelampung dengan dudukan jarung pelampung, putar sebanyak 3 kali saj ngga usah terlau banyak karena jarum pelampung akan aus dan tambah runcing pada bagian ujuang jarum tersebut.


Kembali lagi gua omongin trik diatas untuk sementara kemungkinan berhasil 80 % kalau mau 100 % ganti baru karburator assy dan pakai yang original. Ok bro sekian dulunya untuk tulisan kali ini, untuk videonya lagi ngga ada, ojo lali safety firts, keep reading no arogan, salam satu aspal....