Jenis - jenis Filter Oli Mesin Sepeda Motor

Selamat datang kembali, para bro sekalian dan gua ngga bisa sebut nama satu persatu, yak arena emang belum kenal aja… sory lagi agak ngelindur sediki, he… he…. Untuk kali ini yang akan di omangin tentang filter oli mesin, sebelumnya udah pada tahu belum sebuah sepeda motor memiliki beberapa filter, diantaranya filter udara, filter bahn bakar dan filter mesin.

Untuk penjelasan tentang filter udara ada di link dibawah ini.

http://www.sejeworks.id/2017/03/filter-udara-dan-jenisnya.html

Untuk filter udara sepertinya sudah ngga asing di dengar, tapi filter oli mesin ada yang belum tahu sama sekali, dari fungsinya dan bentuknya. Ok langsung aja ya bro kita kupas setajam silet yang baru beli di warung

Filter oli mesin berfungsi untuk menyaring atau menangkap kotoran – kotoran yang berasal  dari gesekan mesin agar tidak menghambat atau menyumbat sirkulasi oli mesin di dalam sebuh mesin. Kotoran pada oli mesin dapat berupa gram / serpihan logam yang ditimbulkan karena gesekan – gesekan mesin, benda asing lain entah berupa paking atau lem bekas bongkaran mesin.

Jenis – jenis saringan / filter oli mesin :


Saringan Kasa


Untuk filter oli ini jenis ini biasanya terdapat pada jenis motor bebek dan metor jenis matik, walaupun ngga semuanya memakai tipe jenis ini. Kelebiahannya filter oli mesin jenis kasa awet atau tahan lama tidak perlu melakukan penggantian secara berkala alias bisa dipakai seumur hidup, tapi ada kekurangannya yaitu kotoran yang disaring tidak terlalu bersih. Untuk jenis saringan ini usahakan dilakukan pembersihan teratur per km 8000 atau 8 bulan sekali, lebih baik lagi setiap prgantian oli mesin di barengi dengan pembersihan saringan kasa.
Contoh sepeda motor honda supra 100 series, Yamaha mio series, Suzuki shogun 110.

Saringan Sentrifugal


Sebenarnya part yang di pakai adalah kopling sentrifugal yang terdapat pada sepeda motor jenis kopling semi otomatis yang biasa di terapkan pada jenis sepeda motor bebek / cup. Kopling sentrifugal dimanfaatkan jalur oli mesinnya untuk menyaring oli mesin dengan memanfaat gaya / tenaga dari poros engkol. Sementara untuk sepeda motor jenis matik tidak memakai jenis saringan ini karena letak kopling sentrifugal tidak berada didalam mesin tapi di cvt.
Dan pertanyaannya kenapa dinamakan saringan sentrifugal ??  sebenarnya saringan sentrifugal  berasal dari gaya sentrifugal  atau gaya yang menjauhi titik poros / pusat gaya tersebut.  Pusingkan ?? berarti sama he…. Penjelasanya begini saat poros engkol berputar maka kopling otomatis / kopling sentrifugal akan mengembang / mekar kesamping luar sehingga terjadi gesekan dengan rumah kopling. Saat kopling otomatis mekar / mengembang tersebut akan di barengi dengan oi mesin yang di cipratkan kesamping luar dari kopling otomatis, sehingga endapan kotoran yang terdapat dalam oli mesin akan terkumpul di bagian samping rumah kopling otomatis. Hal ini diperjelas saat membuka kopling sentrifugal sepeda motor tipe cup, pasti di bagian rumah kopling sentrifugal akan terdapat banyak tumpukan endapan kotor.

Contoh sepeda motor : Honda supra 100 series, Yamaha Jupiter z, suzuki shogun series


Saringan Kertas / Surface


Saringan oli mesin jenis ini secara kinerjanya  lebih baik dari saringan kasa, karena endapan / kotoran  kecil akan disaring oleh filter bagian dalam dan bagian luar. Untuk perawatan cukup di bersihkan dengan bensin dan disemprot dengan udara compressor, sementara kekurangannya  memerlukan penggantian part secara berkala yaitu per 12.000 km atau satu tahun pemakaian. Untuk harga filter oli jenis kertas sekitar Rp 50 ribu, contoh sepeda motor Suzuki satria 150, honda cbr 250, Suzuki smash 110, Yamaha vixion.





Saringan Kaleng / Cartride


Untuk jenis ini biasanya banyak dipakai oleh mobil atau sepeda motor kelas premium (mahal), untuk harga filter tersebut sekitar RP 200 ribu. Filter ini dilakukan penggantian sekaligus dengan kalengnya, contoh sepeda motor CBR 250 RR.




Akibat dari filter oli mesin yang mampet :


  • Mesin menjadi cepet panas
  • Suara mesin kasar karena ada gesekan dibagian dalam mesin
  • Mesin cepet rusak



Untuk urusan filter oli mesin tidak bisa dianggap remeh karena akan fatal akibatnya bila filter oli mengalami penyumbatan, jadi lakukan perawatan dan penggantian secara berkala pada part ini. Agar performa mesin lebih optimal, ok.. bro sekian dulu penjelasan dari gua , lain waktu kita sambung lagi. Ojo lali ya, safety first, keep reading no arogan salam satu aspal…..