Honda Beat Injeksi Sering Mogok, Cekl Sensor Ini

Selamat datang para biker semua, buat kali ini gua mau ngomongin tentang motor sejuta umat, ya honda beat. Buat para empunya alias pemakai honda beat dikhususkan beat fi entah starter kasar / keluaran pertama atau beat Esp yang sering mogok atau mati – matian motornya. Berati lu sudah mula pusing dan kabar baiknya lu ngga salah parkir di blog paling keren ini he….. he…. Becanda bro maksudnya ala kadarnya. Ok ngga usah banyak omongan langsung aja chek it dot…

Beat Starter Kasar atau Genersi Pertama

Kenapa honda beat FI generasi pertama dikenal  dengan sebutan starter kasar, sebab saat menghidupkan motor dengan starter elektrik akan bunyi cetok karena putaran pinion starter. Untuk model ini sepeda motor sering mogok mendadak atau mati – matian disebabkan oleh kabel spull atau sensor ckp yang putus. Karena kabel spull terdapat 3 warna dengan fungsi yang berbeda, jadi gejalanya akan berbeda – beda.

Kabel Spull Beat FI Generasi Pertama :


Warna Putih

Untuk warna putih berfungsi sebagai penerangan atau sumber arus untuk lampu depan / utama, jika kabel spull ini putus maka yang terjadi lampu depan tidak akan menyala sama sekali. Walaupun sudah ganti bohlam, accu, sikring dan switch dimmer ( saklar jarak jauh dan dekat ) untuk saklar On /Off tidak ada karena sudah di terapkan AHO (automatic Headlight On) alias lampu nyala terus.
Kenapa warna putih jadi penerangan ?? kalau untuk menjawab itu gua juga bingung he…. Karena untuk motor buatan honda pada umumnya warna putih untuk pengisian dan kuning penerangan pada jenis karburator.

Agar lebih jelas tentang warna kabel silahkan buka link di bawah ini.


http://www.sejeworks.id/2017/04/sistem-elektronik-sepeda-motor.html#


Warna Kuning

Berfungsi untuk pengisian atau pensuply arus ke accu, open circuit atau rangkaian terbuka bahasa kerennya kabelnya putus akan menimbulkan terganggunya arus pengisian sehingga accu akan cepet ngedrop. Sehingga sepeda motor akan kehilangan sumber tenaga untuk pengapian / memercikan api dari busi. Kalau kabel ini putus accu akan sering soak / ngedrop, walaupu ganti baru dan hanya akan bertahan kurang lebih satu bulan.      

Warna Putih / kuning

Kabel berwarna putih / kuning berfungsi sebagai pulser untuk mengirimkan sinyal posisi timing pengapian dari magnet ke ECU / ECM. Jika kebel ini putus maka motor akan mogok dan sama sekali tidak ada percikan api dari busi saat dilakukan starter elektrik maupun kick starter.
Tapi kalau kondisi kabel masih belum putus total gejala motor akan mati – matian terutama saat melewati tanggulan  / polisi tidur, dikarenakan posisi kabel spull yang tertarik karena gerakan mengayun dari shokbeker.

Ini gambarnya bro, karena kalau ngomong panjang lebar ngga pakai bukti ntar dikira cocokisasi he….


spull honda


Beat ESP

Untuk model ini sebenarnya sama problemnya berasal dari kabel spull / sensor ckp, tapi ada beberapa perbedaan. Jika untuk beat lama  starter kasar saat kabel spull putus lampu MIL tidak menyala, tapi untuk beat esp lampu MIL akan menyala, untuk mengetahui kode MIL silahkan buka link di bawah ini.

  
 Kerusakan pada kabel spull ini terjadi karena adanya gesekan kabel body dengan crank case / bak mesin, sehingga kabel akan terkelupas dan seringkali sikring 10 Ampere INJ putus. Untuk mengatasinya sebenarnya mudah cukup menggantung / mengaitkan kebel spull, intinya jangan sampai menyenggol / bergesekan dengan crank case.

Ini gambarnya, walaupun ngga terlalu jelas kaya yang ngambil gambar, et….. bukan gua..   he…..

 




Ok bro udahan dulu buat postingan kali ini, jangan lupa safety first, keep riding no arogan, salam satu aspal….