Pilih Accu Kering atau Accu Basah

Selamat datang kembali para bro yang setia mampir ataupun yang baru kesasar di situs paling keren menurut gue sendiri, wk… wk…  buat kali ini yang akan diomongin tentang accu / batrey / aki tapi bukan aki – aki. Tentang perbandingan antara accu kering dengan accu basah, berdasarkan usia pakai, kelebihan dan kekurangannya dari kedua jenis accu tersebut. Ini sebenarnya dari hasil pengamatan gua selama nongkrong di bengkel, nongkrongnya bukan cuma ngopi atau tiduran lo bro ! tapi gedebugan alias mbantingin tulang sama meresin keringet supaya jadi duit ha… sorry curhat. Dari pada gua tambah ngelantur mending langsung chek it dot.

Sebelum gua omongin lebih lanjut variable yang gua gunakan :


  • Semua system kelistrikan sepeda motor normal bawaan pabrik / tidak terlalu banyak lampu disko atau accesoris lainnya.
  • Sistem pengisian normal yaitu lebih dari 14 volt saat rpm 8000 dengan posis lampu jauh menyala.






Kelebihan Accu Kering dan Accu Basah


  • Usia Pakai


Ngomongin usia pakai berarti membandingkan mana yang paling awet, tahan lama, dari kedua jenis accu tersebut antara accu kering dan accu basah. Terus terang saja hal ini tergantung bagaimana pemakain dan perawatan biker terhadap part tersebut.
Accu basah bisa bertahan sampai tiga tahun bahkan bisa lebih dari itu asal bikernya alias yang punya motor telaten mengecek air accu mengecas accu jika tegangan di bawah 12,4 volt , intinya untuk air accu jangan sampai diantara batas lower  (batas bawah) dari air accu tersebut . Paling tidak lakukan pengecekan seminggu sekali, tapi bisa saja umur accu basah berumur lebih pendek kurang lebih 4 bulan karena kehabisan air accu. Maka dari itu bagi biker yang masih memakai accu basah harus aktif mengecek jumlah air accu, karena semisal rutin kebengkel paling tidak biasanya nunggu waktu 2 - 4 bulan baru melakukan servis.

Sementara itu accu kering biasanya mampu bertahan hingga 2 tahun, dan jarang sekali yang bisa berumur lebih dari itu. Terkadang accu kering mendadak mati  / ngedrop hanya karena goncangan yang keras disekitar accu contohnya saat accu kering terjatuh atau saat  melintasi jalanan yang berlubang dalam.

  • Perawatan Secara Berkala


Perawatan accu basah paling ribet dan benar – benar harus telaten, dan juga harus bisa membedakan accu zuur dan air accu karena dari nama dan fungsinya terdapat perbedaan. Dan pada saat pengisian air accu lakukan secara berhati - hati, karena zat tersebut dapat menimbulkan korosi atau karat pada sasis / kerangka sepeda motor.





accu kering





Sementara accu kering (MF Battery – Maintenance Free), dibuat agar bebas perawatan tidak seperti model aki basah yang harus rutin di cek air accu. Buat para biker yang ngga mau ribet, ini adalah solusi terbaiknya. 

Tapi tetep ada beberapa poin harus di cek diantaranya :

  • Baud terminal accu harus posisi kencang atau seret, akibatnya kalau longgar accu akan cepet ngedrop.
  • Pastikan terminal accu tidak berkarat, sehingga arus listrik dapat mengalir secara maksimal.
  • Penyangga battery pastikan terpasang dengan kuat agar accu tidak gampang goyang.  


Karena accu basah sudah mulai ditinggalkan maka untuk postingan kali ini menitikberatkan pada accu kering, buat para biker yang yang mau ganti accu / aki sebaiknya harus cermat sebelum membeli. Setidaknya ngge main asal comot, perhatikan kode produksi battery agar mendapatkan barang yang masih gres sehingga starter top cer.

Dibagian battery terdapat dua kode yaitu, kode produksi dan kode charging. Kode produksi terdapat pada battery dalam bentuk cetakan press (emboss) sementara kode charging (kode pengisian) terdapat pada battery dalam bentuk cetakan print (tinta putih).

Accu GS


Kode Produksi  GS

Tanggal produksi  : dua digit.
Bulan Produksi  : satu digit
Januari  - 1
Februari – 2
Maret – 3 dst

Tahun Produksi  : satu digit terakhir.
Shift huruf : 
A = shift 1
B = shift 2

No line : angka
Dibuat dipabrik :
K : karawang
S : sunter

Contoh 08B9B8S
Battrey ini dibuat tanggal 8, bulan februari, tahun 2009 shift 2, line 8 di pabrik sunter.

Untuk kode charging hampir sama dengan kode produksi, perbedaan hanya pada kode tahun yang tidak ada pada kode charging selebihnya semuanya sama plek njiplek.






Accu Yuasa


Kode produksi yuasa

  • Tanggal produksi : dua digit
  • Bulan produksi : dua digit
  • Tahun produksi : dua digit
  • Kode negara : 9 = Indonesia
  • Kode shift : satu digit sesuai shift



Contoh : 09021091
Battery ini di produksitanggal 9, bulan februari, tahun 2010 di Indonesia oleh shift 1.

Kode charging yuasa  


  • Tanggal produksi : dua digit
  • Bulan produksi : dua digit
  • Tahun produksi :
8 tahun 2008
9 tahun 2009
0 tahun 2010
                               
  • Kode negara : 9 = Indonesia
  • Oem pemakai :

1
2
3 oem AHM

Contoh :
0902093

Battrey ini di charger pada tanggal 9 bulan februari tahun 2010 di Indonesia untuk pabrikan Ahm.


Ok bro sekian dulu ya, buat postingan kali ini yang cukup panjang lebar, ojo lali safety first, keep riding no arogan salam satu aspal.