Selamat datang kembali para bro yang setia mampir ataupun
yang baru kesasar di situs paling keren menurut gue sendiri, wk… wk… buat kali ini yang akan diomongin tentang
accu / batrey / aki tapi bukan aki – aki. Tentang perbandingan antara accu
kering dengan accu basah, berdasarkan usia pakai, kelebihan dan kekurangannya
dari kedua jenis accu tersebut. Ini sebenarnya dari hasil pengamatan gua selama
nongkrong di bengkel, nongkrongnya bukan cuma ngopi atau tiduran lo bro ! tapi
gedebugan alias mbantingin tulang sama meresin keringet supaya jadi duit ha…
sorry curhat. Dari pada gua tambah ngelantur mending langsung chek it dot.
Sebelum gua omongin lebih lanjut variable yang gua gunakan :
- Semua system kelistrikan sepeda motor normal bawaan pabrik /
tidak terlalu banyak lampu disko atau accesoris lainnya.
- Sistem pengisian normal yaitu lebih dari 14 volt saat rpm
8000 dengan posis lampu jauh menyala.
Kelebihan Accu Kering dan Accu Basah
- Usia Pakai
Ngomongin usia pakai berarti membandingkan mana yang paling
awet, tahan lama, dari kedua jenis accu tersebut antara accu kering dan accu
basah. Terus terang saja hal ini tergantung bagaimana pemakain dan perawatan
biker terhadap part tersebut.
Accu basah bisa bertahan sampai tiga tahun bahkan bisa lebih
dari itu asal bikernya alias yang punya motor telaten mengecek air accu
mengecas accu jika tegangan di bawah 12,4 volt , intinya untuk air accu jangan
sampai diantara batas lower (batas
bawah) dari air accu tersebut . Paling tidak lakukan pengecekan seminggu
sekali, tapi bisa saja umur accu basah berumur lebih pendek kurang lebih 4
bulan karena kehabisan air accu. Maka dari itu bagi biker yang masih memakai
accu basah harus aktif mengecek jumlah air accu, karena semisal rutin kebengkel
paling tidak biasanya nunggu waktu 2 - 4 bulan baru melakukan servis.
Sementara itu accu kering biasanya mampu bertahan hingga 2
tahun, dan jarang sekali yang bisa berumur lebih dari itu. Terkadang accu
kering mendadak mati / ngedrop hanya
karena goncangan yang keras disekitar accu contohnya saat accu kering terjatuh
atau saat melintasi jalanan yang
berlubang dalam.
- Perawatan Secara Berkala
Perawatan accu basah paling ribet dan benar – benar harus
telaten, dan juga harus bisa membedakan accu zuur dan air accu karena dari nama
dan fungsinya terdapat perbedaan. Dan pada saat pengisian air accu lakukan secara berhati - hati, karena zat tersebut dapat menimbulkan korosi atau karat pada sasis / kerangka sepeda motor.
Sementara accu kering
(MF Battery – Maintenance Free), dibuat agar bebas perawatan tidak seperti
model aki basah yang harus rutin di cek air accu. Buat para biker yang ngga mau
ribet, ini adalah solusi terbaiknya.
Tapi tetep ada beberapa poin harus di cek
diantaranya :
- Baud terminal accu harus posisi kencang atau seret, akibatnya kalau longgar accu akan cepet ngedrop.
- Pastikan terminal accu tidak berkarat, sehingga arus listrik dapat mengalir secara maksimal.
- Penyangga battery pastikan terpasang dengan kuat agar accu tidak gampang goyang.
Karena accu basah sudah mulai ditinggalkan maka untuk
postingan kali ini menitikberatkan pada accu kering, buat para biker yang yang
mau ganti accu / aki sebaiknya harus cermat sebelum membeli. Setidaknya ngge
main asal comot, perhatikan kode produksi battery agar mendapatkan barang yang masih
gres sehingga starter top cer.
Dibagian battery terdapat dua kode yaitu, kode produksi dan kode
charging. Kode produksi terdapat pada battery dalam bentuk cetakan press (emboss)
sementara kode charging (kode pengisian) terdapat pada battery dalam bentuk cetakan
print (tinta putih).
Accu GS
Kode Produksi GS
Tanggal produksi :
dua digit.
Bulan Produksi : satu
digit
Januari - 1
Februari – 2
Maret – 3 dst
Tahun Produksi : satu
digit terakhir.
Shift huruf :
A = shift 1
B = shift 2
No line : angka
Dibuat dipabrik :
K : karawang
S : sunter
Contoh 08B9B8S
Battrey ini dibuat tanggal 8, bulan februari, tahun 2009
shift 2, line 8 di pabrik sunter.
Untuk kode charging hampir sama dengan kode produksi,
perbedaan hanya pada kode tahun yang tidak ada pada kode charging selebihnya
semuanya sama plek njiplek.
Accu Yuasa
Kode produksi yuasa
- Tanggal produksi : dua digit
- Bulan produksi : dua digit
- Tahun produksi : dua digit
- Kode negara : 9 = Indonesia
- Kode shift : satu digit sesuai shift
Contoh : 09021091
Battery ini di produksitanggal 9, bulan februari, tahun 2010
di Indonesia oleh shift 1.
Kode charging yuasa
- Tanggal produksi : dua digit
- Bulan produksi : dua digit
- Tahun produksi :
9 tahun 2009
0 tahun 2010
- Kode negara : 9 = Indonesia
- Oem pemakai :
1
2
3 oem AHM
Contoh :
0902093
Battrey ini di charger pada tanggal 9 bulan februari tahun
2010 di Indonesia untuk pabrikan Ahm.
Ok bro sekian dulu ya, buat postingan kali ini yang cukup
panjang lebar, ojo lali safety first, keep riding no arogan salam satu aspal.