Lampu Rem Manjer, Ini lho Sebabnya

Apa kabar para bro sekalian, buat kali ini mau ngomongin tentang lampu rem yang yala terus atau malah ngga nyala sama sekali. Ya…. Walau terlihat sepele tapi unsur safety nya sangat besar, soalnya sebagai tanda buat kedaraan di belakang kita, bahwa kita melakukan pengereman. Nah kan cukup fatal akibatnya  kalau disepelekan, bisa – bisa  langsung disruduk dari belakang karena tidak tahu kita melakukan pengereman. Untuk itu postingan ini wajib lu baca sampai kelar dan kasih tahu temen  nongkrong lu tentang situs khusus pecinta roda dua yang paling keren menurut gua, ha… ha…. langsung aja ya bro, ngga usah pakai basa – basi lagi, check it dot…. Wk… wk…

Penyebab lampu rem manjer atau menyala terus :


Swith Rem


Swith alias saklar rem yang rusak sering kali menjadi penyebab utamanya, sehingga lampu rem manjer.
Untuk swith rem dibagi menjadi tiga jenis yaitu ; swith rem tangan untuk jenis cakram, swith rem tangan jenis teromol, dan swith rem kaki (karena di injak).






lampu rem nyala terus



  • Swith Rem Tangan Cakram

Swith rem ini terletak di bagian bawah master rem, cara kerjanya jika hendle rem di Tarik maka bagian ujung hendel akan menekan swith dengan bunyi klik seperti menekan mouse computer dan lampu rem akan meyala.



  • Swith Rem Tangan Teromol


Pada prinsipnya untuk posisi dan fungsinya hampir sama dengan swith rem cakram, cuman perbedaannya terletak pada bentuk dan cara kerjanya. Jika swith cakram lampu rem hidup kalau swith rem tertekan oleh hendl rem, sementara swith rem teromol akan tertekan saat hendel rem posisi belum ditarik, tapi saat hendel rem di Tarik swith rem aka nada pada posisi bebas dan lampu rem akan menyala.



  • Swith Rem Kaki


Untuk model ini bisa dipakai untuk jenis rem cakram dan teromol, selain itu banyak di terapkan pada motor bebek (cup) dan  sport (batangan). Cara kerjanya dengan menginjak rem kaki (belakang), swith ini akan tertarik oleh peer (pegas) yang di kaitkan ke rem kaki.
Itu semua jenisnya, untuk pengecekannya swith tersebut rusak atau tidak cukup menjumper / langsung menyambung kabel yang menuju swith rem tersebut, khusus untuk model swith rem kaki bisa dilakukan penyetelan dengan memutar swith tersebut sampai menemukan jarak main bebas yang pas.



Sil Master Mulai Aus


Untuk part ini pernah gua posting dengan penjelasan yang sangat tajam, setajam silet yang baru beli he….. he… dibawah ntar gua kasih linknya, check it dot pokoke.


http://www.sejeworks.id/2017/09/5-penyebab-rem-blong-sepeda-motor.html



Jika sil master mulai aus atau rusak maka selain rem cakram yang kinerjanya kurang maksimal akan di tambah dengan lampu rem yang manjer atau menyala terus.     


Hendel Rem

Nah ini yang paling ringan, tapi menggemaskan maksudnya apaan bro ? jadi gini karena saking banyaknya produk after market atau lebih kerennya part variasi, banyak para biker yang mengaplikasikannya pada tunggangannya tersebut tanpa memperhatikan swith rem bekerja dengan normal atau ngga. 

Selain itu untuk hendel rem original bawaan motor, kalau sudah berumur atau lama akan mulai tergerus pada bagian yang langsung bergesekan dengan sil master rem sehingga lampu rem akan menyala manjer.

Kalau sudah ngomongin sebab ngga komplit dengan akibatnya, rasanya kaya abis makan ngga ngerokok, pokoknya hampa…. Yaelah curhat dikit wk.. wk…



swith rem depan



Akibat dari lampu rem yang manjer atau nyala terus :


  • Bikin bingung pengendara di belakangnya, so pastilah..
  • Accu cepat tekor, karena lampu rem menyala lebih terang dari pada lampu senja otomatis watt yang dibutuhkan juga lebih besar, sehingga accu harus bekerja keras mensuplai arus yang banyak.    
  • Lampu rem cepat putus dan piting lampu cepat terbakar.


Ini bro videonya, jangan lupa subscribe dulu sebelum menontonnya..







Ok bro sekian dulu ya barangkali bermanfaat buat bro – bro semua, jangan lupa safety first and keep riding no arogan salam satu aspal…