Selamat datang semua para bro, yang masih tetap setia
berkunjung ke portal yang paling keren, yang membahas dunia sepeda motor. Bagi
yang baru berkunjung disini pokoknya paket data yang lu pakai ngga bakalan sia
– sia, tapi dari tampangnya pada pakai wifi gratisan he… becanda dikit ya … bro.
Ok lasung aja ke pokok bahasan yaitu keteng Bahasa kerennya
CAM CHAIN, kadang di sebut rantai kecik, rantai api, rantai kamprat, rantai
keteng atau apalah karena tiap daerah berbeda menyebutya, tapi yang penting maksudnya rantai yang ada di
dalam mesin yang berfungsi untuk penggerak antara big end di stang seher (crank
shaft) dengan gear sentrik pada noken as (cam shaft) di bagian head cylinder
agar sesuai timing pengapian.
Dari sedikit penjelasan di atas mudeng apa mubeng ?? kalau mubeng, kita lanjut lagi. Pada intinya
atau garis besarnya penjelasan diatas adalah sesuai timing pengapian, karena
pada motor 4 tak memiliki 4 kali langkah pergerakan piston (seher), 2 kali
putaran crank shaft (setang seher), 1 kali putaran cam shaft (noken as) untuk
menghasilkan tenaga. Penjelasan lengkapnya ada di link di bawah ini…
Jadi timing pengaapian harus pas atau tertib, jika abnormal
maksudnya disini rantai keteng bergeser atau meloncat 2 mata atau lebih entah di bagian sentrik
atau big end maka sudah pasti dan ngga perlu diragukan lagi payung klep (valve)
akan saling bertabrakan dengan seher (piston). Sehingga klep bisa bengkok atau
malah piston jebol / bolong, dan pastinya dari adu banteng tersebut akan ada
yang rusak entah bagian klep atau piston bisa juga kedua – duanya. Bergeser atau meloncatnya keteng disebabkan
karena keteng mulai mekar atau melar, biasanya akan di tandai oleh suara
berisik pada mesin bagian atas / head silinder.
Kenali Penyebab dan Cara Mendeteksi Kerusakan Rantai Kamprat / Keteng :
Penyebab Kerusakan Rantai Kamprat / Keteng :
- Usia sepeda motor yang sudah lama atau sering dipakai.
- Penggantian oli yang tidak teratur.
- Pemakaian yang ekstrim, buat balap atau langsung tarik gas pada RPM tinggi.
Cara Mendeteksi Kerusakan Rantai Kamprat / Keteng :
Panaskan mesin motor dengan cara di hidupkan bro, bukan
pakai kompor atau korek he…. Pastikan dulu suhu motor dingin sekitar 30 derajat
celcius, lebih gampangnya saat kondisi pagi hari.
Dengarkan suara mesin dengan cermat, jika ada bunyi tek…
tek.. pada 5 – 10 menit pertama itu normal karena oli mesin belum sempurna melumasi seluruh
bagian mesin.
Tapi jika lebih dari 15 menit masih ada suara tek … tek…
bisa dipastikan ada masalah di bagian keteng dan tensionernya.Untuk lrbih tepatnya bedakan suara mesin saat posisi stasioner / langsam dan saat gas ditarik, kalau posisi stasioner ada suara tek ... tek ... kemudian saat ditarik gas suara tersebut hilang bisa dipastikan keteng atau lifter yang bermasalah. Tapi lebih tepatnya lakukan pembongkaran agar tidak asal tebak, bagi yang belum
tahu apa itu tensioner ini linknya…
Jenis dan Panjang Rantai Kamprat / keteng :
- Rantai Kamprat Tipe Biasa
Sebenarnya rantai kamprat hampir mirip dengan rantai final
gear ( rantai gear set ) yang memiliki kode pada setiap kemasan berikut contohnya : (25H – 84L)
Angka 2 merupakan jarak antar pin = 6.35 mm
Angka 5 menyatakan jarak antar plat = 3.18 mm
H merupakan singkatan dari Hard
84L merupakan jumlah mata rantai
Contoh motor kamprat tipe biasa, honda grand, supra series,
blade, revo, Yamaha Jupiter, vega, crypton.
- Rantai Kamprat Tipe Kupu – Kupu
Kenapa di katakana kupu – kupu , jawab ngelesnya karena
bentuknya mirip kupu – kupu, biasanya memiliki kde sebagai berikut : (2x3
-84L).
Contoh motor, Suzuki smash (2x3 – 88L), Yamaha Jupiter Z
(2x3 86L), Honda Vario / Beat (2x3 – 90L)
Ukuran Panjang Rantai Kamprat
HONDA
- Supra X 125 : 92
- Supra 100 : 84
- Blade : 90
- Leganda : 88
- Grand : 84
- Prima : 86
- Win : 86
- GL 100 , neo tech, max, 125 : 100
- GL Pro, Megapro lama : 102
YAMAHA
- Vega : 86
- MX : 108
- Crypton : 84
- Jupiter Z : 86
- Scorpio : 104
KAWASAKI
- Kaze : 98
- Blitz : 110
SUZUKI
- Thunder : 102
- Smash : 88
- Shogun 110 : 88
- Shogun 125 : 92
- Spin : 92
- Skywave / Skydrive / Hayate : 92
Ok bro, sekian dulunya untuk uraian singkatnya, jangan lupa
safety first salam satu aspal, keep riding no arogan… videonya belum sempet dibikin ya next time
aja…. Tapi tetep check it dot…