Busi Motor Injeksi, Pakai Iridium atau Platinum

Sebelumnya gua ucapin selamat datang para bro and sis, terima ksaih sudah pada nyasar disini he.... buat kali ini gua mau nepatin janji dulu dari postingan yang entah keberapa gua juga lupa. Karena janji itu hutang dan hutang harus dicicil he... he....

Ngomongin busi memang ngga ada habisnya dari busi iridium, platinum, dan standar. Karena memang dari busi semuanya bisa terlihat, buset dalem banget ini omongannya he... emang iya bro, dari setelan karburator atau throtle body (injeksi) yang rusak bisa kelihatan, dari mesin yang rusakpun bisa kelihatan hanya dengan melihat businya. Tapi buat kali ini yang mau diomongin tentang pemakaian dan bahaya memodifikasi busi yang memang kadang dilakukan oleh para pecinta kecepatan.    


busi iridium platinum


Modifikasi Busi


Potong Ground Elektroda

Memotong ground elektroda pada busi standar akan menyebabkan keausan / kerusakan pada busi tersebut dikarenakan busi standar memakai bahan nikel, kalau ingin memperoleh efek dari pengapian yang lebih baik pakai busi yang berbahan platinum atau iridium. Sebenarnya tujuan dari memotong ground elektroda busi agar percikan api dari busi dapat langsung bersentuhan dengan campuran bahan bakar dan udara yang dikompresi (dipadatkan) tanpa ada halangan.
Apakah ini berpengaruh pada pengapian sepeda motor?? Secara spontan ya karena efek api yang membesar tersebut. Tapi hal ini juga dibarengi dengan percikan api dari busi yang tidak fokus dan menyebabkan keausan / kerusakan pada bagian elektroda dan ground elektroda. Akibatnya penumpukan carbon pada mesin akan lebih cepat, dan umur pakai busi tidak dapat diprediksi.

Tambah Washer / Ring

Indexing yaitu memodifikasi pengapian busi dengan menambahkan wahser dengan berbagai variasi ketebalan pada yang ditempatkan pada dudukan busi atau ulir busi. Untuk mesin motor yang sudah dimodifikasi extrem it’s ok lah, tapi untuk mesin motor standar it’s wrong way bro alias salah jalan, jadi mesti puter balik et... dah... mulai ngelindur ini bocah.
 Jadi simpelnya gini bro, kalau mesin sudah bore up extream rubah piston, klep dan banyak tetek bengeknya secara otomatis harus hati – hati milih panjang ulir busi supaya tidak terjadi benturan antara busi dengan piston. Dan menyeting ulang pengapian, untuk menghasilkan hasil terbaik harus menggunakan Mesin dynojet, berhubung mesin ini mahal jadi jalan termurah memakai feelingjet atau insting jet.

Menyetel Celah Busi

Gapping atau celah pada busi, seringkali dilakukan entah itu pemakaian busi standar atau pun racing. Sebelum melakukannya sebaiknya ukur dulu celah busi, jangan langsung main sikat aja, karena bisa berakibat motor tidak bisa dihidupkan.

Ini bro gua bisikin kode busi punya NGK, jika bro mau mengganti busi standar pabrikan dengan busi platinum atau iridium. Buat yang merk Honda ada di postingan lama, tapi tenang dibawah gua kasih linknya, buat merk yamaha sabar sebentarnya soalnya belum gua buatin... he...
Kenapa merk NGK terus??? La gua taunya itu, untuk busi DENSO bocorannya belum banyak. Salah tulis malah diketawain Rossi he.... 


Busi Sepeda Motor


Busi Motor Bajaj


Tipe Motor               Standar          Platinum           Iridium
Pulsar 135 DTS-I      CR6HSA         CR6HGP             CR6HIX
Pulsar 180 DTS-I      C9E                 _                         CR9EIX
Pulsar 200 DTS-I      CR9E                                          CR9EIX
Pulsar 220 DTS-I     CR9E (kiri)       _                        CR9EIX
                              CR8E (kanan)     CR8EG               CPR8EIX

Rouser NS200          CPR8EA-9                                 CPR8EAIX-9


Busi Motor Kawasaki 

Tipe Motor                    Standar                  Platinum                 Iridium 
Athelete 125                C6HSA                     CR6HGP                  CR6HIX
Blitz 110                        C6HSA                    CR6HGP                  CR6HIX
D Tracker 150               CR7HSA                 CR7HGP                  CR7HIX
D Tracker X 250           CR8E                      CR8EGP                   CR8FIX
Edge R 115                   CR6HSA                 CR6HGP                  CR6HIX
ER 6N 650                    CR9EIA-9               CR9EGP                   CR9EIX
Estrella 250                 DR8ES                     DR8EGP                  DR8EIX
Kaze, ZX 130                C6HSA                    CR6HGP               CR6HIX
KL 125X                         CR7HSA                 CR7HGP               CR7HIX
KLX150L, KLX150S      CR7HSA                 CR7HGP                CR7HIX
KLX250S                       CR8E                      CR8EGP                 CR8EIX
KSR R110                     CR6HSA                 CR6HGP                 CR6HIX
KX250F                         CPR8EB-9                  _                               _
KX65 2T                        B10EG                     BR10EGP              BR10EIX
KX 85 2T                        R6252K-105             _                               _

Ninja 150cc                   B9ES                          _                            BR9EIX

Busi Motor KTM 

Tipe Motor                      Standar                  Platinum                    Iridium
KTM 350 SX-F                  LMAR9AI-8
KTM 450 SX-f                   CR9EKB                          _                          CR9EIX

KTM 690 SMC R              LKAR8AI-9                    _                              _


Kode Busi Motor Kymco 

Tipe Motor                     Standar                         Platinum                Iridium
Kymco Easy 100             CR7HSA                         CR7HGP                CR7HIX
Free MX, LX 110            CR7HSA                          CR7HGP                CR7HIX
Libero 110                      CR7HSA                          CR7HGP                CR7HIX
Metica 125 GS/GLX       CR7HSA                         CR7HGP               CR7HIX
Spike 120                         C7HSA                         CR7HGP                 CR7HIX
Trend 125                      CR7HSA                         CR7HGP                 CR7HIX

Kode Busi Motor Piagio 

Tipe Motor                             Standar                  Platinum             Iridium
ET4, X9, DNA 80                     CR8EB                       _                                _
Liberty 100 4T                        CR7EB                       _                                _
Liberty 150 4T                         CR9EB                      _                                _
Liberty ABS i-get 155             CR8EB                     _                                 _
P150S, Super 2T150               T-5999                   _                                  _
PK 125, CORSA 2T125            BP4HS                    _                        BPR6HIX
Spartan, Excel 2T150              T-6000                   _                                _
Sprint, Sera 2T 150                  T-5999                  _                                _
Yourban MP3 300 4                TCR8EKB               _                                 _

ZIP 4T 100                                 CR7EB                  _                                  _


Kode Busi Motor Suzuki 

Tipe Motor                    Standar                        Platinum                  Iridium
Address                       CPR7EA-9                     CPR7EAGP-9         CPR7EAIX-9
Arashi FH25                  C6HSA                           CR6HGP                CR6HIX
Crystal RC 110              BP8HS                              _                          BPR8HIX
A 100                             BP6HS                           BPR6HGP              BPR6HIX
GSX 250                        MR8E-9                           _                               _
Hayate 125                  CPR7EA-9                     CPR7EAGP-9        CPR7FAIX-9
Inazuma 250               CR7E                             CR7EGP                  CR7EIX
Nex AT 110                 CPR7EA-9                      CPR7EAGP-9        CPR7FAIX-9
Nex FI                           CPR7EA-9                      CPR7EAGP-9          CPR7FAIX-9
Raider                           CR8E                          CR8EGP                      CR8EIX
RC Bravo 100               BP7HS                       BPR7HGP                   BPR7HIX
RGR 150 SS                   BP8HS                          _                              BPR8HIX
RK Cool RK 110            BP8ES                          _                               BPR8HIX
Satria FU 150 / FXR     CR8E                         CR8EGP                      CR8EIX
Satria R 120                  BP8ES                          _                               BPR8EIX
Shogun 125                  C6HSA                       CR6HGP                     CR6HIX
Shogun 110                  C6HSA                       CR6HGP                     CR6HIX
Shogun 125 FI              C6HSA                     CR6HGP                       CR6HIX
Shooter 110                 CPR7EA-9                  CPR7EAGP-9            CPR7FAIX-9
Sky Drive 125                CPR7EA-9                CPR7EAGP-9            CPR7FAIX-9
Skywave 125                CPR7EA-9                CPR7EAGP-9             CPR7FAIX-9
Smash 110                     C6HSA                      CR6HGP                   CR6HIX
Spin UY 125                    CPR7EA-9               CPR7EAGP-9             CPR7FAIX-9
Thunder 125                  CR8E                         CR8EGP                    CR8EIX
Titan FK 115                   C6HSA                      CR6HGP                     CR6HIX
Tornado GX 100              BP8HS                      _                                BPR8HIX
TRS 115 ER                       BP7HS                    BPR7HGP                  BPR7HIX

TS 125                              BP7HS                   BPR7HGP                    BPR7HIX


Untuk yang pakai motor pabrikan sayap mengepak ini linknya bro,.....

http://www.sejeworks.id/2017/03/busi-sepeda-motor.html



Dan ini videonya biar mantep, chek it dot....





Ok bro, sekian dulu ya buat kali ini, next time lanjut buat kode busi punya yamaha. Jangan lupa safety firts, keep riding no arogan, salam satu aspal...