Sebelumnya gua ucapin selamat datang para bro
and sis, terima ksaih sudah pada nyasar disini he.... buat kali ini gua mau
nepatin janji dulu dari postingan yang entah keberapa gua juga lupa. Karena
janji itu hutang dan hutang harus dicicil he... he....
Ngomongin busi memang ngga ada habisnya dari
busi iridium, platinum, dan standar. Karena memang dari busi semuanya bisa
terlihat, buset dalem banget ini omongannya he... emang iya bro, dari setelan
karburator atau throtle body (injeksi) yang rusak bisa kelihatan, dari mesin
yang rusakpun bisa kelihatan hanya dengan melihat businya. Tapi buat kali ini
yang mau diomongin tentang pemakaian dan bahaya memodifikasi busi yang memang
kadang dilakukan oleh para pecinta kecepatan.
Modifikasi Busi
Potong Ground Elektroda
Memotong ground elektroda pada busi standar
akan menyebabkan keausan / kerusakan pada busi tersebut dikarenakan busi
standar memakai bahan nikel, kalau ingin memperoleh efek dari pengapian yang
lebih baik pakai busi yang berbahan platinum atau iridium. Sebenarnya tujuan
dari memotong ground elektroda busi agar percikan api dari busi dapat langsung
bersentuhan dengan campuran bahan bakar dan udara yang dikompresi (dipadatkan)
tanpa ada halangan.
Apakah ini berpengaruh pada pengapian sepeda
motor?? Secara spontan ya karena efek api yang membesar tersebut. Tapi hal ini
juga dibarengi dengan percikan api dari busi yang tidak fokus dan menyebabkan
keausan / kerusakan pada bagian elektroda dan ground elektroda. Akibatnya
penumpukan carbon pada mesin akan lebih cepat, dan umur pakai busi tidak dapat
diprediksi.
Tambah Washer / Ring
Indexing yaitu memodifikasi pengapian busi
dengan menambahkan wahser dengan berbagai variasi ketebalan pada yang
ditempatkan pada dudukan busi atau ulir busi. Untuk mesin motor yang sudah
dimodifikasi extrem it’s ok lah, tapi untuk mesin motor standar it’s wrong way
bro alias salah jalan, jadi mesti puter balik et... dah... mulai ngelindur ini
bocah.
Jadi
simpelnya gini bro, kalau mesin sudah bore up extream rubah piston, klep dan
banyak tetek bengeknya secara otomatis harus hati – hati milih panjang ulir
busi supaya tidak terjadi benturan antara busi dengan piston. Dan menyeting
ulang pengapian, untuk menghasilkan hasil terbaik harus menggunakan Mesin
dynojet, berhubung mesin ini mahal jadi jalan termurah memakai feelingjet atau
insting jet.
Menyetel Celah Busi
Gapping atau celah pada busi, seringkali
dilakukan entah itu pemakaian busi standar atau pun racing. Sebelum
melakukannya sebaiknya ukur dulu celah busi, jangan langsung main sikat aja,
karena bisa berakibat motor tidak bisa dihidupkan.
Ini bro gua bisikin kode busi punya NGK, jika
bro mau mengganti busi standar pabrikan dengan busi platinum atau iridium. Buat
yang merk Honda ada di postingan lama, tapi tenang dibawah gua kasih linknya,
buat merk yamaha sabar sebentarnya soalnya belum gua buatin... he...
Kenapa merk NGK terus??? La gua taunya itu,
untuk busi DENSO bocorannya belum banyak. Salah tulis malah diketawain Rossi
he....
Busi Sepeda Motor
Busi Motor Bajaj
Tipe Motor Standar Platinum Iridium
Pulsar 135 DTS-I CR6HSA CR6HGP CR6HIX
Pulsar 180 DTS-I C9E
_ CR9EIX
Pulsar 200 DTS-I CR9E CR9EIX
Pulsar 220 DTS-I CR9E (kiri) _ CR9EIX
CR8E (kanan) CR8EG
CPR8EIX
Rouser NS200 CPR8EA-9 CPR8EAIX-9
Busi Motor Kawasaki
Tipe Motor Standar Platinum
Iridium
Athelete 125 C6HSA CR6HGP CR6HIX
Blitz 110 C6HSA CR6HGP CR6HIX
D Tracker 150 CR7HSA CR7HGP CR7HIX
D Tracker X 250 CR8E CR8EGP CR8FIX
Edge R 115 CR6HSA CR6HGP CR6HIX
ER 6N 650 CR9EIA-9 CR9EGP CR9EIX
Estrella 250 DR8ES DR8EGP DR8EIX
Kaze, ZX 130 C6HSA CR6HGP CR6HIX
KL 125X CR7HSA
CR7HGP CR7HIX
KLX150L, KLX150S CR7HSA
CR7HGP CR7HIX
KLX250S CR8E CR8EGP
CR8EIX
KSR R110 CR6HSA CR6HGP
CR6HIX
KX250F CPR8EB-9 _ _
KX65 2T B10EG BR10EGP
BR10EIX
KX 85 2T R6252K-105 _ _
Ninja 150cc B9ES _ BR9EIX
Busi Motor KTM
Tipe Motor Standar Platinum Iridium
KTM 350 SX-F LMAR9AI-8
KTM 450 SX-f CR9EKB _ CR9EIX
KTM 690 SMC R LKAR8AI-9 _ _
Kode Busi Motor Kymco
Tipe Motor Standar Platinum
Iridium
Kymco Easy 100 CR7HSA CR7HGP
CR7HIX
Free MX, LX 110 CR7HSA CR7HGP
CR7HIX
Libero 110 CR7HSA CR7HGP
CR7HIX
Metica 125 GS/GLX CR7HSA CR7HGP
CR7HIX
Spike 120 C7HSA CR7HGP
CR7HIX
Trend 125 CR7HSA CR7HGP
CR7HIX
Kode Busi Motor Piagio
Tipe Motor Standar Platinum
Iridium
ET4, X9, DNA 80 CR8EB _ _
Liberty 100 4T CR7EB _ _
Liberty 150 4T CR9EB _ _
Liberty ABS i-get 155
CR8EB _ _
P150S, Super 2T150
T-5999 _ _
PK 125, CORSA 2T125
BP4HS _ BPR6HIX
Spartan, Excel 2T150
T-6000 _ _
Sprint, Sera 2T 150 T-5999 _ _
Yourban MP3 300 4
TCR8EKB _ _
ZIP 4T 100 CR7EB _ _
Kode Busi Motor Suzuki
Tipe Motor Standar Platinum Iridium
Address CPR7EA-9 CPR7EAGP-9 CPR7EAIX-9
Arashi FH25 C6HSA CR6HGP CR6HIX
Crystal RC 110 BP8HS _ BPR8HIX
A 100 BP6HS BPR6HGP BPR6HIX
GSX 250 MR8E-9 _ _
Hayate 125 CPR7EA-9 CPR7EAGP-9 CPR7FAIX-9
Inazuma 250 CR7E CR7EGP CR7EIX
Nex AT 110 CPR7EA-9 CPR7EAGP-9 CPR7FAIX-9
Nex FI CPR7EA-9 CPR7EAGP-9
CPR7FAIX-9
Raider CR8E CR8EGP CR8EIX
RC Bravo 100 BP7HS BPR7HGP BPR7HIX
RGR 150 SS BP8HS _ BPR8HIX
RK Cool RK 110 BP8ES _ BPR8HIX
Satria FU 150 / FXR CR8E CR8EGP CR8EIX
Satria R 120 BP8ES _ BPR8EIX
Shogun 125 C6HSA CR6HGP CR6HIX
Shogun 110 C6HSA CR6HGP CR6HIX
Shogun 125 FI C6HSA CR6HGP CR6HIX
Shooter 110 CPR7EA-9 CPR7EAGP-9
CPR7FAIX-9
Sky Drive 125 CPR7EA-9 CPR7EAGP-9
CPR7FAIX-9
Skywave 125 CPR7EA-9 CPR7EAGP-9
CPR7FAIX-9
Smash 110 C6HSA CR6HGP CR6HIX
Spin UY 125 CPR7EA-9 CPR7EAGP-9
CPR7FAIX-9
Thunder 125 CR8E CR8EGP CR8EIX
Titan FK 115 C6HSA CR6HGP CR6HIX
Tornado GX 100 BP8HS _ BPR8HIX
TRS 115 ER BP7HS BPR7HGP BPR7HIX
TS 125 BP7HS BPR7HGP BPR7HIX
Untuk yang pakai motor pabrikan sayap mengepak
ini linknya bro,.....
http://www.sejeworks.id/2017/03/busi-sepeda-motor.html
http://www.sejeworks.id/2017/03/busi-sepeda-motor.html
Dan ini videonya biar mantep, chek it dot....
Ok bro, sekian dulu ya buat kali ini, next
time lanjut buat kode busi punya yamaha. Jangan lupa safety firts, keep riding
no arogan, salam satu aspal...