Pengertian Automatic Decompretion System

Selamat datang kembali di blog paling keren menurut gua, he.... kali ini yang mau diomongin tentang ADS atau Automatic Decompresion System. Yaitu sebuah komponen atau part yang terdapat pada sebuah mesin sepeda motor berfungsi untuk membocorkan kompresi agar memudahkan menyalakan mesin tersebut baik melalui kick starter ataupun elektrik starter.

ADS biasanya terletak di bagian head silinder, entah di bagian sentrik, noken as atau dekat dengan rocker arm yang bertujuan menekan klep buang. ADS hanya ada di motor 4 langkah (stroke), sementara di motor 2 langkah (stroke) tidak ada. Apakah ADS ada di semua motor 4 langkah ?? jawabannya tidak, tergantung pabrikan kalau lagi pingin aja... ya elah, kok gitu.

Maksudnya untuk motor matic dan bebek / cup biasanya terdapat ADS walaupun tipe dan merk pabrikan tertentu tidak menerapkannya tapi hanya sedikit, kenapa kebanyakan tipe bebek dan matic mengunakan ADS?? Jawabannya karena pabrikan merancang motor jenis ini untuk wanita agar saat menghidupkan mesin motor tenaga yang digunakan tidak terlalu besar. Sementara untuk model sport tidak memakai ADS, karena kebanyakan yang memakai motor jenis sport itu para laki – laki dan perempuan jarang memakainya.

Cara mudah untuk mengetahui sepeda motor tersebut memakai  ADS atau tidak adalah dengan menghidupkan motor tersebut memakai kick starter, jika terasa berat kemungkinan besar motor tersebut tidak memakai ADS.

Hasil jepretannya bro.....

automatic decompretion system



Cara Kerja Sistem ADS :


  • Saat kunci kontak dimatikan, maka busi secara otomatis tidak akan memercikan api.
  • Piston berhenti sebelum TMA pada langkah kompresi dan klep buang (exhaust valve) akan tertutup.
  • Karena sudah tidak ada lagi tenaga untuk menggerakan piston menuju TMA, maka sacara perlahan piston akan gerak mundur menuju TMB. Gerak mundur piston tersebut juga dibarengi dengan gerak putar terbalik dari crank shaft (poros engkol) sehingga akan menimbulkan ADS (automatic decompresion system) menonjok rocker arm EX (pembuangan) dan klep EX akan terbuka.
  • Dengan demikian tekanan kompresi akan dikeluarkan dari klep Exhaust dan meringankan tenaga yang diperlukan untuk menghidupkan mesin.
  • Setelah mesin hidup, ADS akan bergerak keluar karena gaya sentrifugal pada weight lebih besar dari pada gaya tarik pegas pengembalian. Maka saat mesin hidup tidak ada kebocoran kompresi karena ADS.


Kerusakan Pada ADS :

  • Sebenarnya Part ADS jarang sekali mengalami kerusakan, kerusakan yang terjadi bisanya karena pemasang part tersebut.
  • Bagaimana jika ADS sengaja tidak dipasang?? Jika tidak dipasang pada motor, ngga ada masalah. Cuman akan terasa keras saat menghidupkan motor dengan diengkol / kick starter.
  • Cara mengetahui ADS rusak, untuk tipe Honda 125 jika ADS rusak akan terdengar suara kasar / noise pada bagian head silinder.



Ok bro sekian dulunya, sedikit bisikan dari Gua tentang ADS. So, keep riding no arogan, safety first, salam satu aspal.....