Akibat Filter Sepeda Motor Dilepas

Udara selain dibutuhkan oleh makhluk hidup, mesin sepeda motor juga membutuhkannya untuk proses pembakaran bahan bakar menjadi tenaga. Semakin besar udara masuk keruang bakar maka akselerasi akan semakin cepat. Atas dasar inilah para biker melakukan open filter alias memelapas filter udara dari throttle body (TB)  atau karburator.





Apakah power sepeda motor akan meningkat ? ya meningkat tapi sedikit malah tidak terasa sama sekali jika tanpa ubahan pada komponen lain entah di bagian karburator maupun ruang bakar atau pengapian. Tapi memang cara ini yang paling gampang dan murah untuk meningkatkan akselerasi pada sepeda motor, apakah harus seting karburator atau throttle body ? untuk motor karburator ada yang cukup copot filter saja, ada juga yang perlu mengubah / menaikan pilot jet 1 step lebih tinggi dengan bawaan dari motor. Sementara untuk throttle body (motor injeksi) tak perlu seting lagi karena ECU / ECM akan menyesuaikan pasokan bahan bakar sesuai tekanan udara yang masuk ke TB.

Sebelum kita kupas setajam silet baru beli diwarung, ini link tentang jenis–jenis filter udara bawaan dari pabrikan dan cara membersihkannya,   



Fungsi dan Letak Filter Udara Sepeda Motor


Fungsi dari filter udara 

yaitu untuk menyaring udara yang akan masuk kedalam Karburator atau TB dari partikel atau benda – benda asing.

Letak Filter Udara :

Jenis motor bebek / cup, filter udara berada dibelakang spakbor roda depan berlaku untuk semua merk.
Jenis motor matic, filter udara ada di depan roda belakang untuk model karburator semantara motor matic injeksi berada persis diatas cvt.
Jenis motor sport dan Bebek Sport, filter udara biasanya terletak dibawah jok sepeda motor.    

Beberapa Penerapan Open Filter Pada Sepeda Motor :


Copot Semua Box Filter

Cara ini paling ekstream dan paling murah karena hanya mencopot atau melepas filter udara beserta boxnya. Cara ini banyak diterapkan pada motor – motor untuk kompetisi, yang hanya dipakai kalau lagi balapan doang. Kenapa box filter tersebut dilepas ? biasanya untuk dipasang Velocity Stack, untuk alasan lainnya tanya sendiri aja sama orangnya yang melakukan cara ini he…
Ini gambar velocity stack,

karburator pe 28



Fungsi dari velocity stack untuk mengubah volume dan kecepatan udara yang masuk kedalam karburator atau TB, sesuai karakter mesin sepeda motor.

Filter Racing Open Pod

Jenis filter udara ini ada banyak yang dijual dipasaran, untuk kisaran harga dari Rp 50.000 sampai Rp 500 ribu tergatung model. Untuk memasangnya harus melepas box filter bawaan sepeda motor kemudian pasang filter racing jenis open pod ini. Cara membersihkannya cukup menyemprotkan angina dari kompresor atau cuci sampai kering dengan air sabun cuci. Terkadang untuk filter jenis ini malah bikin mampet angina yang masuk kedalam karburator atau TB jadi harus cermat dan teliti dulu sebelum membeli. Ini jepretannya bro…


filter racing


Filter Racing Drop In

Untuk filter udara racing jenis drop ini tidak perlu melepas atau mencopot box filter udara bawaan pabrik, karena cukup mengganti filter udaranya saja. Masalah harga paling murah sekitar Rp 250 ribu sampai artikel ini gua post, ngga tau besok - besok harganya naik atau malah turun he…. Ini gambarnya bro..


filter udara honda beat

    
Open filter dan pememakai filter udara racing entah model open pod dan drop in, akan mempunyai efek atau akibat pada sepeda motor tersebut. Karena debu yang ikut masuk ke karburator / TB tanpa adanya penyaring udara atau menggunkan filter racing, sebab filter racing kebanyakan mempunyai celah lubang yang lebih besar dari filter original bawaan motor. Untuk lebih jelas ini akibatnya, langsung chek it dot… 

Efek dari Melepas Filter Udara Sepeda Motor  :


Karburator atau Throttle Body Cepat Kotor
Karburtor atau TB adalah part yang pertama kali yang akan mengalami dampak langsung dari tindakan open filter, walaupun hanya berupa noda hitam atau kotoran yang merupakan penumpukan dari debu-debu. Tapi untuk jangka panjang, penumpukan debu terebut lama kelamaan akan merusak karburator / TB, ditandai dengan stasioner / langsam yang ngga stabil.

Manifold
Manifold adalah jalur kedua sebelum masuk ke mesin, dibagian ini dampak dari open filter tidak terlalu ketara, cuman untuk model karburator tertentu. Kotoran dari debu akan menutup lubang vakum menuju bahan bakar, sehingga bahan bakar tidak akan turun kekarburator karena tidak ada hisapan udara kosong (vakum) dari ruang bakar. Ingat bro ini untuk jenis sepeda motor yang memakai filter vakum bahan bakar, ciri dari motor jenis ini saat bahan selang bahan bakar di cabut dari karburator, bahan bakar tidak akan langsung keluar.

Klep atau Valve
Karena debu yang masuk keruang bakar (mesin) tidak terbakar secara sempurna bersama bahan bakar, tapi akan menimbulkan tumpukan karbon yang menempel di bagian klep. Sehingga akan menimbulkan bocor kompresi, sehingga mesin akan sulit dihidupkan.

Piston atau Seher
Ini adalah bagian utama dari dampak tindakan open filter, jika tidak terjadi bocor kompresi yang diakibatkan karena klep tidak bisa dalam posisi rapat dengan siting klep. Maka yang terjadi penumpukan karbon persis diruang bakar, sehingga kompresi akan sangat padat dan terjadi knocking. Hal ini akan sangat berdampak pada umur pakai / kerusakan pada piston, walapaun proses ini dalam jangka waktu yang lama bukan dalam hitungan harian.    

Ok bro, kalau mau bersikukuh open filter sebaiknya sering dilakukan pembersihan pada filter racing tersebut dan service berkala pada karburator atau throttle body. Agar tambah yakin ini videonya chek it dot….




Sekian dulu ya bro, jangan lupa safey first and keep riding no arogan. Salam satu aspal…