Selamat datang dulu bro, kali ini yang mau diomongin
yaitu cara pasang tachometer pada sepeda motor matik dan bebek. Lho… sport kok
ngga ? karena biasanya untuk model motor sport sudah terpasang tachometer
langsung dari pabrikan jadi ngga perlu nambah lagikan bro. Dipasaran tachometer
alias RPM atau apalah sebutan orang yang terpenting maksudnya sama dan masih
satu bendera, satu bahasa, et dah …. Mulai ini bocah ngelindur he…. Mempunyai
dua model yaitu analog (jarum penunjuk putaran rpm) dan digital, disamping itu
juga ada banyak merk yang beredar dipasaran dari koso, scarlet, garcon,
termigoni dan masih banyak lagi bro.
Sebelum ngomongin lebih jauh lagi, apa sih fungsi dari
takomater pada sepeda motor ? takometer berfungsi untuk menghitung kecepatan putar
dari sebuah benda, dalam sepeda motor yaitu putaran poros engkol dengan satuan
RPM (revolution per minute).
Cara pasang tachometer sebenarnya gampang – gampang susah
? dibilang susah cuman nyambung kabel doang. Dibilang gampang, dari pabrikan
tachometer tidak ada petunjuk pemasangan mau tanya kemana yang jual aja ngga
ngeh. Akhirnya nanya sama mbah yang biasanya tau dan tara… nyasar juga dimari,
he……
Karena gua ngga tau lu beli merk apa ? jadi gua kasih
semua jalur kabel dan cara pasangnya sama videonya (belum di buat he….) jangan asal
jamper / sambung karena dapat merusak tachometer itu sendiri. Sebelumnya ini
jepretannya bro……
Cara pasang ini bukan untk sepeda motor injeksi, tapi
untuk jenis sepeda motor karburator. Karena salah sambung saja pada sepeda
motor injeksi hasilnya boom, ecm jebol dan harga ecm kisaran satu juta
sementara tachometer variasi harga mulai dari 50 ribu.
Langkah – langkah memasang tachometer pada sepeda motor :
Warna Pertama
Pahami dulu warna kabel dari tachometer itu sendiri, untuk
merek tertentu biasanya terdiri dari 5 kabel, yaitu 2 hitam, 2 merah, dan satu
hijau. Kemudian satukan 2 kabel hitam dan 2 kabel merah jadi satu kabel,
tujuannya agar ringkas dan cepat.
Setelah kedua kabel disatukan tinggal disambung ke kabel
body, kabel warna merah sambungkan ke kabel output kunci kontak atau beban
untuk motor honda berwarna hitam, Yamaha berwarna coklat, untuk lebih jelasnya
ini linknya tentang warna kabel..
Artikel terkait bro...
Sementara warna hitam sambungkan ke masa, bisa masa
kerangka / sasis bisa juga masa pada kabel body untuk honda warna hijau
sementara Yamaha warna hitam.
Terakhir warna hijau sambungkan ke kabel pulser
(alasanya nanti dibawah) yang letaknya biasanya sendirian dibagian spul magnet
menuju kabel body, kabel ngga usah dipotong cukup diselipkan saja.
Setelah itu cek pengerjaan pastikan semua sambungan
terikat kuat, sehingga tidak ada membuat konsleting (hubungan arus pendek).
Warna Kedua
Ada lagi yang berwarna merah dan hitam dengan kabel
kecil, kuning, hitam, dan hijau dengan kabel agak besar. Cara pasangnya beda
tipis alias beti dengan warna kabel pertama.
Kabel merah kecil sambung ke kabel output kunci kontak,
kalau ingin ringkas satukan dulu dengan kabel warna kuning.
Kabel hitam kecil satukan dengan kabel warna hijau
sambung ke masa (-) bisa dari sasis
kerangka atau kabel masa (honda = hijau, Yamaha = hitam).
Terakhir adalah kabel warna hitam besar langsung sambung
ke kabel pulser, dan tara langsung hidupkan sepeda motor untuk mengecek hasil
pekerjaan apakah work atau jadi guyonan he…..
Memang ada lagi warna yang lain yang lebih sederhana
yaitu cuman 3 warna, untuk ini cara pasangnya sama dengan cara diatas hanya
saja jalur kabelnya lebih ringkas.
Kenapa lebih memilih kabel pulser, bukan kabel input
arus ke koil atau output koil / kabel besar menuju busi. Karena kabel input
koil memiliki tegangan 10.000 volt bahkan lebih mantep lagi kabel menuju busi
yang mempunyai tegangan 24.000 volt, hal ini dapat merusak komponen elektronik
atau tachometer tersebut.
Kelebihan memakai tachometer variasi:
- Gampang seting karburator dalam hal ini putaran
stasioner.
- Sepeda motor kelihatan keren alias stel balap, bukan
balap karung lho bro.
- Cocok untuk sepeda motor 4 tak karena pembacaan yang
akurat, sementara untuk motor 2 tak pembacaan akan dua kali lipat dari nilai
sebenarnya.
Kekurangan memakai tachometer variasi:
- Salah pemasangan motor akan brebet, tarikan ngempos
karena mengganggu system pengapian sepeda motor.
Mantap.. Cuma sy pasang dimotor nmax blom berhasil, barangkali agan bisa memberikan tip nya?
BalasHapus