Cara Pasang Tachometer Variasi Sepeda Motor

Selamat datang dulu bro, kali ini yang mau diomongin yaitu cara pasang tachometer pada sepeda motor matik dan bebek. Lho… sport kok ngga ? karena biasanya untuk model motor sport sudah terpasang tachometer langsung dari pabrikan jadi ngga perlu nambah lagikan bro. Dipasaran tachometer alias RPM atau apalah sebutan orang yang terpenting maksudnya sama dan masih satu bendera, satu bahasa, et dah …. Mulai ini bocah ngelindur he…. Mempunyai dua model yaitu analog (jarum penunjuk putaran rpm) dan digital, disamping itu juga ada banyak merk yang beredar dipasaran dari koso, scarlet, garcon, termigoni dan masih banyak lagi bro.

Sebelum ngomongin lebih jauh lagi, apa sih fungsi dari takomater pada sepeda motor ? takometer berfungsi untuk menghitung kecepatan putar dari sebuah benda, dalam sepeda motor yaitu putaran poros engkol dengan satuan RPM (revolution per minute).  

Cara pasang tachometer sebenarnya gampang – gampang susah ? dibilang susah cuman nyambung kabel doang. Dibilang gampang, dari pabrikan tachometer tidak ada petunjuk pemasangan mau tanya kemana yang jual aja ngga ngeh. Akhirnya nanya sama mbah yang biasanya tau dan tara… nyasar juga dimari, he……

Karena gua ngga tau lu beli merk apa ? jadi gua kasih semua jalur kabel dan cara pasangnya sama videonya (belum di buat he….) jangan asal jamper / sambung karena dapat merusak tachometer itu sendiri. Sebelumnya ini jepretannya bro……

takometer variasi



Cara pasang ini bukan untk sepeda motor injeksi, tapi untuk jenis sepeda motor karburator. Karena salah sambung saja pada sepeda motor injeksi hasilnya boom, ecm jebol dan harga ecm kisaran satu juta sementara tachometer variasi harga mulai dari 50 ribu.

Langkah – langkah memasang tachometer pada sepeda motor :

Warna Pertama

Pahami dulu warna kabel dari tachometer itu sendiri, untuk merek tertentu biasanya terdiri dari 5 kabel, yaitu 2 hitam, 2 merah, dan satu hijau. Kemudian satukan 2 kabel hitam dan 2 kabel merah jadi satu kabel, tujuannya agar ringkas dan cepat.

Setelah kedua kabel disatukan tinggal disambung ke kabel body, kabel warna merah sambungkan ke kabel output kunci kontak atau beban untuk motor honda berwarna hitam, Yamaha berwarna coklat, untuk lebih jelasnya ini linknya tentang warna kabel..


Artikel terkait bro...


Sementara warna hitam sambungkan ke masa, bisa masa kerangka / sasis bisa juga masa pada kabel body untuk honda warna hijau sementara Yamaha warna hitam.

Terakhir warna hijau sambungkan ke kabel pulser (alasanya nanti dibawah) yang letaknya biasanya sendirian dibagian spul magnet menuju kabel body, kabel ngga usah dipotong cukup diselipkan saja.

Setelah itu cek pengerjaan pastikan semua sambungan terikat kuat, sehingga tidak ada membuat konsleting (hubungan arus pendek).

Warna Kedua

Ada lagi yang berwarna merah dan hitam dengan kabel kecil, kuning, hitam, dan hijau dengan kabel agak besar. Cara pasangnya beda tipis alias beti dengan warna kabel pertama.

Kabel merah kecil sambung ke kabel output kunci kontak, kalau ingin ringkas satukan dulu dengan kabel warna kuning.

Kabel hitam kecil satukan dengan kabel warna hijau sambung ke masa (-) bisa dari sasis  kerangka atau kabel masa (honda = hijau, Yamaha = hitam).

Terakhir adalah kabel warna hitam besar langsung sambung ke kabel pulser, dan tara langsung hidupkan sepeda motor untuk mengecek hasil pekerjaan apakah work atau jadi guyonan he…..

Memang ada lagi warna yang lain yang lebih sederhana yaitu cuman 3 warna, untuk ini cara pasangnya sama dengan cara diatas hanya saja jalur kabelnya lebih ringkas.

Kenapa lebih memilih kabel pulser, bukan kabel input arus ke koil atau output koil / kabel besar menuju busi. Karena kabel input koil memiliki tegangan 10.000 volt bahkan lebih mantep lagi kabel menuju busi yang mempunyai tegangan 24.000 volt, hal ini dapat merusak komponen elektronik atau tachometer tersebut.

Kelebihan memakai tachometer variasi:

- Gampang seting karburator dalam hal ini putaran stasioner.
- Sepeda motor kelihatan keren alias stel balap, bukan balap karung lho bro.
- Cocok untuk sepeda motor 4 tak karena pembacaan yang akurat, sementara untuk motor 2 tak pembacaan akan dua kali lipat dari nilai sebenarnya.

Kekurangan memakai tachometer variasi:

- Salah pemasangan motor akan brebet, tarikan ngempos karena mengganggu system pengapian sepeda motor.





Ok bro sekian dulu itu channel youtube gua di subscribe ya biar gua tambah semangat wk…. wk… ngarep banget dot dot, jangan lupa safety first, keep riding no arogan. Salam satu aspal….

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Mantap.. Cuma sy pasang dimotor nmax blom berhasil, barangkali agan bisa memberikan tip nya?

    BalasHapus