Ini Akibatnya Oli Gardan Motor Tidak di Ganti


Selamat pagi, siang, sore dan malam para bro semua, dari mas bro dan mba bro yang datang lagi atau baru nyasar di blog paling keren menurut gue sendiri he…. Buat postingan kali ini yang mau diomongin tentang oli gardan, dari kapan gantinya? Apa efeknya kalau kehabisan atau kalau bocor / rembes ? kenapa oli gardan saat di tap berwarna putih, merah karat, hitam atau malah berwarna seperti oli gardan yang masih baru ? ok tetep pantengin tarus sampai kelar dimana lagi kalau bukan di Sendal jepit works he…… anu apa kue (apakaah itu) ????




akibat oli gardan


Pengertian Oli Gardan atau Transmisi 

Sebelum kita kupas satu persatu, apasih oli gardan atau transmisi ? yaitu minyak pelumas yang berfungsi untuk mengurangi gesekan dan mendinginkan kinerja transmisi motor matik (gear rasio) agar komponen tersebut menjadi awet atau tahan lama. Oli gardan atau transmisi hanya terdapat di sepeda motor jenis matik sedangkan untuk tipe cup dan sport tidak ada ya bro…..
Kenapa motor matik membutuhkan oli gardan atau transmisi ? karena bagian transmisi terpisah dari mesin utama yang dilumasi dengan oli mesin. Maka dari itu setiap motor meti membutuhkan 2 minyak pelumas yaitu oli mesin dan oli gardan.

Kapan Waktu Penggantian Oli Gardan / Transmisi

Setiap pabrikan menganjurkan untuk melakukan penggantian oli gardan pada tiap km 8.000 dan kelipatannya atau kurang lebih jika dihitung bulan per 8 bulan sekali. Tapi itu kalau posisi normal tidak ada kendala, jika terendam banjir maka wajib melakukan penggantian oli gardan. Karena biasanya oli gardan tercampur air, jika dibiarkan tanpa adanya penggantian maka akan terjadi kerusakan pada transmisi.
Ini contoh jepretannya


Takaran Oli Gardan / Transmisi Sepeda Motor

Takaran Oli Gardan Motor Honda

Honda Beat karbu, Honda Beat FI, Honda Vario 110 karbu, Honda Vario 110 FI, Honda Vario 125, Honda Vario 150, Honda Spacy Karbu, Honda Spacy FI, Honda PCX 125, Honda PCX 150 mempunyai takaran 120 ml setiap penggantian periodik

Takaran Oli Gardan Motor Yamaha

Yamaha Mio Sporty, Yamaha Mio Smille, Yamaha Fino Karbu, Yamaha Nouvo, mempunyai takaran 100 ml setiap penggantian periodik

Yamaha Mio J, Yamaha Mio M3, Yamaha Mio S, Yamaha Mio Z, Yamaha Soul GT, Yamaha Fino FI, Yamaha Fino 125, Yamaha X-Ride 110, Yamaha X-Ride 125, Yamaha Xeon mempunyai takaran 140 ml setiap penggantian periodik

Yamaha Lexi, Yamaha NMAX, Yamaha Aerox mempunyai takaran 150 ml setiap penggantian periodik

Takaran Oli Gardan Motor Suzuki

Suzuki Skywave, Suzuki Sky drive, Suzuki Spin, Suzuki Addres, Suzuki Nex mempunyai takaran 100 ml setiap penggantian periodik

Akibat Oli Gardan Tidak Diganti :

Saat penggantian oli gardan akan terlihat apakah oli gardan yang dipakai telah mengalami penurunan kualitasnya sehingga komponen didalam transmisi mengalami kerusakan seperti foto diatas. Untuk mencegah kerusakan yang lebih parah didalam transmisi sepeda motor matik maka perhatikan warna oli gardan saat dilakukan penggantian.

Oli gardan berwarna putih susu

Berarti oli gardan telah bercampur dengan air dalam waktu yang cukup lama, bisanya disebabkan karena menerobos banjir, atau selang pernafasan tidak terpasang secara benar, bisa juga karena selang pernafasan sobek. Jadi untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang lebih parah lakukan pengecekan setiap saat posisi selang pernafasan.

Oli Gardan Berwarna Kecoklatan / Merah Bata

Jika saat penggantian oli gardan lama berwarna merah bata / kecoklatan, kemungkinan besar bagian transmisi sudah berkarat dan tinggal menunggu bearing transmisi pada pecah he….. ngeri pokoknya bro.

Oli Gardan Berwarna Hitam

Untuk oli gardan yang berwarna hitam, berarti agak mendingan dari pada berwarna kecoklatan dan putih. Karena oli gardan yang berwarna hitam mengindikasikan sepeda motor yang selama satu tahuanan atau lebih tidak pernah melakukan penggantian atau tidak mengganti oli gardan secara periodic.

Oli Gardan Berwarna Seperti Oli Gardan Baru

Nah ini warna yang paling benar, itu pertanda motor yang terawatt dan terselamatkan he….

Apakah oli gardan bisa memakai oli mesin ? boleh asal memakai oli mesin sepeda motor dengan standar API sejenis SG dan Standart Jaso MB. Kesimpulannya jangan memakai oli mesin motor kopling basah apalagi pakai oli mesin diesel, tapi balik lagi ke Empunya he…. Biar tambah makyos gua bisikin cara ganti oli gardan, chek it dot…


Cara Mengganti Oli Gardan  Yamaha Mio, Soul, Xeon, NMAX :

Siapkan alatnya yaitu Tang, baskom / nampan oli, kunci ring 12 lebih bagus lagi pakai kunci shock 12 jangan kunci pas biasanya baud akan slek dan oli gardan.

Buka baud pembungan oli gardan dengan memakai kunci ring 12, posisi dari pembuangan oli gardan ada di bagian bawah dari transmisi, untuk lebih jelasnya ini jepretannya bro….


oli gardan nmax


Ingat untuk membuka baud putar kearah kiri, ngencengin baud kearah kanan…

Buka tutup lubang masuk oli gardan, dan putar perlahan roda agar sirkulasi oli gardan lebih maksimal.

Setelah oli gardan sudah tidak menetes, maka tutup lubang pembuangan dengan baud 12 ring tadi. Usahakan ulir pakai tangan dulu baru pakai kunci ring 12 dan pastikan kecencangan dari baud tersebut.

Isikan oli gardan tersebut dan jangan lupa kencangkan tutup oli gardan.

  

Cara Mengganti Oli Gardan Honda Beat, Vario, Spacy, Fino dan PCX :

Sediakan dulu alatnya kunci T12, tang potong / cutter dan sejenisnya, baskom / nampan oli, tak lupa oli gardan / transmisi.

Posisikan sepeda motor pada standart tengah (standart 2), siapkan nampan oli diposisi baud oli gardan.

Buka kedua baud 12 ring dengan kunci T12 tadi, bisanya baud tersebut terdapat ring alumanium / tembaga. Letaknya di belakang cvt dekat shock belakang biar lebih jelas ini gambarnya.


oli gardan honda beat



Setelah oli gardan keluar, putar perlahan roda belakang untuk mensirkulasi oli gardan secara maksimal.

Kemudian tutup baud oli gardan yang paling bawah.

Masukan oli gardan kedalam transmisi, dan tutup baud oli gardan.
Cek kembali kekencangan baud oli gardan dan pastikan ring tembaga / aluminium terpasang dengan benar.
   
Nah biar tambah jelas ini video perbandingan oli gardan yang terawat dan kurang terawat, chek it dot ….. jangan lupa subscribe… ya bro…




Ok bro sekian dulu, next time dilanjut lagi jangan lupa stay terus di portal paling keren versi gua sendiri…. He…. Keep riding no arogan, safety first and salam satu aspal…..

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Bang mau tanyak kalo oli gardannya pakek oli atas mesin 2 (mesrania SAE 20 2T bisa gak tu ?

    BalasHapus
  2. sama bahayanya min kalo gak diganti2. minimal sih ane ganti setiap dua kali ganti federal oil buat mesin, ganti oli gardan deh habis itu

    BalasHapus