Apa Penyebab dan Solusi Kunci Kontak Macet


Selamat datang dulu bro, long time not update. So saiki (sekarang) update dulu he…. Kali ini gua mau ngomongin kuci kontak yang seret atau macet pada sepeda motor. Hal ini sering kali terjadi dan cukup membuat sengsara, banyangkan saja lagi buru – buru mau berangkat kerja kunci kontak macet atau malah mau mengisi bensin padahal antriannya udah kaya antri sembako eh… giliran mau ngisi bensin malah tutup tangki bensin ngga bisa di buka atau kunci jok ngga bisa dibuka. Kan dongkol jadinya dijamin satu pom bensin ngeliatin tingkah lu, he….. pengalaman orang yang lagi baca artikel ini. Dari pada kelamaan ngomong mending langsung check it dot…

Penyebab kunci kontak macet


Cara Pakai

Kebanyakan para biker terlalu terburu – buru tanpa memperhatikan posisi kunci kontak dan anak kunci kontak yang belum terpasang / masuk secara keseluruhan atau penuh, sehingga anak kunci kontak menjadi bengkok. Sebaiknya saat akan menghidupkan kendaraan pastikan anak kunci kontak masuk dengan sempurna kedalam rumah kunci kontak.

Air Hujan

Bagi para biker air hujan sering kali menimbulkan masalah bagi sepeda motornya, selain membuat tangki bahan bakar cepet keropos juga menyebabkan kunci kontak seret atau macet. Tapi ini untuk jangka waktu yang lama tidak ujug – ujug alias tiba – tiba he…. , untuk pencegahannya sebaiknya parkirkan kendaraan di tempat parkir yang mempunyai atap. Air hujan tersebut akan menimbulkan karat pada rumah kunci kontak sehingga kunci kontak menjadi macet dan seret, biasanya karat tersebut berwarna kebiru – biruan.


Usia Pakai

Setiap kali sepeda motor dihidupkan pasti akan melakukan gesekan antara rumah kunci kontak dengan anak kunci kontak, sehingga kedua part tersebut lama – kelamaan akan terkikis / aus.

Air Sabun

Et…. Pikirannya jangan kemana – mana ya bro he…. You pasti taulah apa maksud gue he…. Saat mencuci kendaraan biasanya akan memakai sabun pencuci sepeda motor yang bisanya akan tersisa di kendaraan hingga akhirnya mongering. Nah ini akan menimbulkan masalah baru, tapi tidak disadari para biker karena jangka waktu akibatnya yang lama. Akibat dari air sabun tersebut akan menjadi karat pada sela – sela bagian dari komponen rumah kuci kontak.

Cara Mengatasi Kunci Kontak Macet

Sebenarnya cara yang paling mudah adalah dengan menyemprotkan cairan untuk melumasi dan melonggarkan bagian dari rumah kunci kontak yang menjadikannya seret atau macet tersebut. Cairan tersebut bisa berupa minyak pelumas (oli mesin atau oli gardan), carburator cleaner, cairan penetrant (WD – 40 atau sejenisnya), minyak goreng (sementara / sementaun). Kenapa gemuk / grease tidak gua rekomendasikan, sebab gemuk akan mengundang atau menjadi media bagi debu / kotoran untuk menempel disela – sela komponen rumah kunci kontak tersebut. Ok langsung kita bongkar dan pasang satu persatu he….


cairan penetran


Minyak Goreng

Kenapa minyak goreng ? karena pasti setiap rumah tersedia / mempunyainya minyak goreng, jadi stok ready lah ngga perlu muter – muter nyari barang ini he… caranya tinggal celupkan anak kunci kontak keminyak goreng kemudian masukan ke rumah kunci kontak dan putar perlahan – lahan anak kunci kontak tersebut.

Oli Mesin atau Oli Gardan

Oli mesin selain berguna sebagai pelumas mesin sepeda motor, juga bisa dimanfaatkan sebagi pelumas komponen lain seperti rantai roda, kick starter juga kunci kontak tapi jangan memakai oli bekas usahakan oli baru walaupun itu sisa kemarin he….. cara sama dengan diatas cuman kalau pakai oli gardan tinggal masukan saja oli gardan kedalam rumah kunci kontak.

Cairan Penetrant (WD – 40 atau sejenisnya)

Cairan ini banyak dijual dipasaran dan dengan berbagai merk yang beredar, ngomongin soal harga balik lagi tergantung merk he… tapi kalau ngomongin soal fungsinya beh….. ada banyak manfaat yang bisa diperoleh diantaranya :

Menghilangkan kelembaban
Pada busi dan cop busi sering kali lembab karena terdapat air, bisa berasal dari air cuci steam, air hujan atau genangan di jalan raya yang menempel pada ujung busi dan cop busi. Akibatnya cop busi akan terdapat karat biasanya berwarna kebiru – biruan, sehingga bagian cop busi akan rusak. Dan sepeda motor akan sering mogok karena cop busi tidak kuat menjepit atau menempel di isulator busi.

Melumasi Engsel
Maksud dari engsel disini adalah komponen sepeda motor yang dapat digeser atau digerakan contoh hendel kopling, kick starter, footstep belekang, grip gas dan juga bisa digunakan untuk melumasi rantai roda.

Penetrasi
Jadi saat kita, apa kita lu aja kali gua mah ok he…. Gua ulangi lagi saat kita membuka baud atau mur yang kebetulan keras atau macet maka cukup menyemprotkan cairan ini maka akan dengan cepat masuk kedalam celah – celeh baud atau mur tersebut.


tutup tangki macet



Anti Karat
Cairan ini juga melindungi komponen logam dari penyebab karat, hanya dengan menyemprotkannya. Bisa juga diaplikasikan ke soket kabel yang minim sekali perhatian dan perawatan tapi sering kali menjadi pokok masalah dari kerusakan pada system kelistrikan.

Carburator Cleaner

Sebenarnya cairan ini fungsi utamanya sebagai pembersih diarea karburator atau throttle body dan ruang bakar sebuah mesin sepeda motor. Tapi bisa juga digunakan jika dari minyak goreng, oli mesin dan cairan penetran tersebut tidak juga terselesaikan masalahnya, tapi perlu diingat harus hati – hati karena sifat cairan ini sangat keras sehingga jika terkena cat atau cover body dijamin akan terkelupas he….

Jika memakai cairan penetetran dan karburator cleaner tidak terselesaikan maka cara paling mantep adalah bongkar dan ganti kunci kontak dengan yang baru. Next time kalau ingat kita lanjut, buat kali ini udahan dulu bro. Jangan lupa safety first & keep riding no arogan salam satu aspal….

Posting Komentar

0 Komentar