Cara Ganti Kanvas Rem Depan Honda Beat, Vario, Scoopy

Sejeworks.id - System pengereman adalah hal safety dalam berkendara sehingga komponen ini harus benar – benar diperhatikan. Kapan sih waktunya ganti kanvas rem cakram depan ? jawabannya ngga bisa dijawab tepat karena hal ini balik lagi ke gaya berkendara dan apakah sepeda motor sering dipakai atau cuman nongkrong di garasi. Tapi jika mau di gebuk rata maka penggantian kanvas rem depan biasanya pada km 12.000 atau 10.000 alias satu tahunan.


pad set



Jika para bro semua pada nyasar disini berarti mau ngebongkar sendiri, tapi perlu diingat komponen yang pada nemplek (yang terdapat) di caliper rem semuanya berguna jangan sampai ada yang tertinggal terus disepelakan kemudian dibuang he…. Karena biasanya seperti itu ujung – ujungnya malah jadi bahan guyonan wk… wk…. sadis, maka dari itu jika mau nekat perhatikan langkah – langkah secara detail dan tonton videonya jangan lupa subscribe biar gua tambah semangat 45, 46, dan seterusnya.

Sebenarnya ada acara termudah untuk anti kanvas rem depan yaitu tinggal copot baud pengunci dorong piston dan kanvas rem akan jatuh dengan sendirinya. Tapi cara tersebut ada kekurangannya yaitu tidak ada perawatan pada breaket rem dan piston caliper sehingga jangka panjang aka nada sumber masalah baru. Kelebihannya cara tersebut cepat dilakukan tanpa copot caliper dari buttom shock depan, contoh liat gambar dibawah ini. Tapi di artikel ini akan pakai cara yang baik dan benar ya walaupun ngga sesuai hirarki banget, he…. Opo meneh kui hirarki ? (apa lagi itu hirarki).  Dari pada kebanyakan omong mending langsung saja check it dot…

cara mudah ganti kanvas rem



Baca juga artikel terkait







Cara Ganti Kanvas Depan Honda Beat, Vario, Scoopy dan Spacy

Sebenarnya cara ganti kanvas rem cakram depan sepeda motor hampir sama alias beti (beda tipis), entah itu motor pabrikan garputala, sayap mengepak atau logo S. Karena system kerjanya sama cuman yang membedakan kunci / hand tool yang dipakai sehingga ada beberapa penyesuaian.

Kali ini yang akan dikupas cara ganti kanvas rem depan honda beat, vario 125 – 150, scoopy dan spacy karena kode part yang sama secara otomatis kontruksi kanvas rem pun sama plek. Tapi cara di bawah ini bisa diaplikasikan ke model sepeda motor honda supra x 125 helm in, blade 125, revo 110, jadi yang punya motor tersebut bisa contek langsung he…. Untuk pabrikan lain sabar ya, next gua bikini tapi kalau ingat he…

komponen rem cakram


Peralatan

Kunci T8, tang, tang sirklip ex, kunci L bintang T40/ L6, greas atau minyak pelumas, sikat besi atau ampelas.

Langkah – Langkah Ganti Kanvas Rem Depan

Kendorkan baud pengikat kanvas rem dengan memutarnya kearah kiri ya bro, jika ulir beud pengikat sudah habis maka tarik baud tersebut dengan mengunakan tang. Kadang baud tersebut agak keras paksa tarik saja tapi ingat pastika dulu ulir baud sudah habis.
Selanjutnya kendorkan dan copot baud bintang yang mengikat breaket rem dengan buttom shock depan dengan kunci L bintang T40 / L6. Jika baud terasa keras sambung kunci L bintang T40 / L6 dengan kunci T8, tapi ingat kendorkan berarti putar kearah kiri ya bro jangan sampai kebolak, e…. ke balik maksudnya.

Maka hasilnya caliper / kepala babi akan terlepas dari buttom shock depan dan kanvas depan akan jatuh dengan tersendirinya.

Kemudian copot breaket rem dan ampelas breaket tersebut tujuannya untuk menghilangkan karat atau kotoran yang dapat mengganggu kinerja rem. Jika breaket tidak dilumasi maka rem akan terasa berat akibatnya kanvas depan habis sebelah dan roda akan terkunci sehingga terasa berat jika diputar.  

Setelah itu tekan hendel rem jangan terlalu keras, hanya untuk mendorong piston rem kedepan, jika terlalu keras maka piston akan keluar dari master rem dan minyak rem akan tumpah. Hal ini berarti masalah baru, maka hati – hati saat menekan hendel rem pada posisi tersebut.    

Tujuan dari proses diatas sebenarnya untuk membersihkan seluruh bagian piston rem yang terkena kotoran tanah dan debu, dengan cara menyikatnya mamakai sikat besi sambil memutarnya memakai tang. Jika tidak ada sikat besi maka cukup pakai kain yang di rendam bensin untuk membersihkan piston caliper tersebut.

Jika piston caliper sudah bersih maka masukan kembali piston caliper tersebut dengan memakai tang sirklip ex denagn menekannya. Pakai cara lain juga bisa semisal pakai kunci ring 17 atau obeng min sedang untuk memasukan piston caliper kadalam caliper.

Selanjutnya pasang kembali breket caliper yang sudah diampelas tadi, jangan lupa kasih pelumas bisa pakai oli mesin (jangan bekas / tirisan ngga apa – apa) atau grease yang bagus (grease cvt). Kenapa tidak memakai oli bekas atau grease biasa ? karena karet pelindung breaket (pin boot) lama – kelamaan akan mekar, sehingga pengereman menjadi kurang maksimal.

Langkah selanjutnya adalah memasang kanvas rem depan, pastikan posisi piston masuk kedalam dan walaupun keluar jangan lebih dari 1 cm karena akan sulit untuk memasangnya kepiringan cakram. Saat pemasangan kanvas rem pastikan kedua belah kanvas berada pada posisi paling pojok / paling mentok dari kedua sisi caliper.

Kemudian pasang baud pengunci (pad pin) pada kanvas depan, saat pemasangan baud pengunci usahakan kanvas rem ditekan kedalam dengan jempol. Sehingga lubang baud pengunci pada caliper sejajar atau lurus dengan lubang baud pada kanvas rem depan.
Langkah terakhir adalah memasang caliper ke buttom shock depan dan kencangkan baud L bintang dan baud pengunci kanvas rem depan.

Jangan lupa cek hasil pengerjaan seperti kekencangan baud dan coba putar roda kearah depan apakah seret ? jika roda depan bisa memutar berarti normal, jika ngga bisa digerakan sama sekali berarti ada masalah pada part lain atau hasil pekerjaan. Untuk urusan ini next time kita lanjut, karena postingan kali ini tentang cara mengganti kanvas rem depan he….

Ok bro biar tambah jelas gua kasih videonya jangan lupa subscribe ya… he…



Akhir kata udah dulu ya, karena gua sudah kehabisan kata - kata …. He… ojo lali safety first & keep riding no arogan salam satu aspal…  

Posting Komentar

0 Komentar