Sejeworks.id - System pengereman adalah hal safety dalam
berkendara sehingga komponen ini harus benar – benar diperhatikan. Kapan sih
waktunya ganti kanvas rem cakram depan ? jawabannya ngga bisa dijawab tepat
karena hal ini balik lagi ke gaya berkendara dan apakah sepeda motor sering
dipakai atau cuman nongkrong di garasi. Tapi jika mau di gebuk rata maka penggantian
kanvas rem depan biasanya pada km 12.000 atau 10.000 alias satu tahunan.
Jika para bro semua pada nyasar disini berarti mau
ngebongkar sendiri, tapi perlu diingat komponen yang pada nemplek (yang
terdapat) di caliper rem semuanya berguna jangan sampai ada yang tertinggal
terus disepelakan kemudian dibuang he…. Karena biasanya seperti itu ujung –
ujungnya malah jadi bahan guyonan wk… wk…. sadis, maka dari itu jika mau nekat
perhatikan langkah – langkah secara detail dan tonton videonya jangan lupa
subscribe biar gua tambah semangat 45, 46, dan seterusnya.
Sebenarnya ada acara termudah untuk anti kanvas rem
depan yaitu tinggal copot baud pengunci dorong piston dan kanvas rem akan jatuh
dengan sendirinya. Tapi cara tersebut ada kekurangannya yaitu tidak ada
perawatan pada breaket rem dan piston caliper sehingga jangka panjang aka nada sumber
masalah baru. Kelebihannya cara tersebut cepat dilakukan tanpa copot caliper
dari buttom shock depan, contoh liat gambar dibawah ini. Tapi di artikel ini
akan pakai cara yang baik dan benar ya walaupun ngga sesuai hirarki banget, he….
Opo meneh kui hirarki ? (apa lagi itu hirarki). Dari pada kebanyakan omong mending langsung
saja check it dot…
Baca juga artikel terkait
Cara Ganti Kanvas Depan Honda Beat, Vario, Scoopy dan Spacy
Sebenarnya cara ganti kanvas rem cakram depan sepeda
motor hampir sama alias beti (beda tipis), entah itu motor pabrikan garputala,
sayap mengepak atau logo S. Karena system kerjanya sama cuman yang membedakan
kunci / hand tool yang dipakai sehingga ada beberapa penyesuaian.
Kali ini yang akan dikupas cara ganti kanvas rem depan
honda beat, vario 125 – 150, scoopy dan spacy karena kode part yang sama secara
otomatis kontruksi kanvas rem pun sama plek. Tapi cara di bawah ini bisa
diaplikasikan ke model sepeda motor honda supra x 125 helm in, blade 125, revo
110, jadi yang punya motor tersebut bisa contek langsung he…. Untuk pabrikan
lain sabar ya, next gua bikini tapi kalau ingat he…
Peralatan
Kunci T8, tang, tang sirklip ex, kunci L bintang T40/
L6, greas atau minyak pelumas, sikat besi atau ampelas.
Langkah – Langkah Ganti Kanvas Rem Depan
Kendorkan baud pengikat kanvas rem dengan memutarnya
kearah kiri ya bro, jika ulir beud pengikat sudah habis maka tarik baud
tersebut dengan mengunakan tang. Kadang baud tersebut agak keras paksa tarik
saja tapi ingat pastika dulu ulir baud sudah habis.
Selanjutnya kendorkan dan copot baud bintang yang
mengikat breaket rem dengan buttom shock depan dengan kunci L bintang T40 / L6.
Jika baud terasa keras sambung kunci L bintang T40 / L6 dengan kunci T8, tapi
ingat kendorkan berarti putar kearah kiri ya bro jangan sampai kebolak, e…. ke
balik maksudnya.
Maka hasilnya caliper / kepala babi akan terlepas dari
buttom shock depan dan kanvas depan akan jatuh dengan tersendirinya.
Kemudian copot breaket rem dan ampelas breaket tersebut
tujuannya untuk menghilangkan karat atau kotoran yang dapat mengganggu kinerja
rem. Jika breaket tidak dilumasi maka rem akan terasa berat akibatnya kanvas
depan habis sebelah dan roda akan terkunci sehingga terasa berat jika diputar.
Setelah itu tekan hendel rem jangan terlalu keras, hanya
untuk mendorong piston rem kedepan, jika terlalu keras maka piston akan keluar
dari master rem dan minyak rem akan tumpah. Hal ini berarti masalah baru, maka
hati – hati saat menekan hendel rem pada posisi tersebut.
Tujuan dari proses diatas sebenarnya untuk membersihkan
seluruh bagian piston rem yang terkena kotoran tanah dan debu, dengan cara menyikatnya
mamakai sikat besi sambil memutarnya memakai tang. Jika tidak ada sikat besi
maka cukup pakai kain yang di rendam bensin untuk membersihkan piston caliper
tersebut.
Jika piston caliper sudah bersih maka masukan kembali
piston caliper tersebut dengan memakai tang sirklip ex denagn menekannya. Pakai
cara lain juga bisa semisal pakai kunci ring 17 atau obeng min sedang untuk memasukan
piston caliper kadalam caliper.
Selanjutnya pasang kembali breket caliper yang sudah
diampelas tadi, jangan lupa kasih pelumas bisa pakai oli mesin (jangan bekas /
tirisan ngga apa – apa) atau grease yang bagus (grease cvt). Kenapa tidak
memakai oli bekas atau grease biasa ? karena karet pelindung breaket (pin boot)
lama – kelamaan akan mekar, sehingga pengereman menjadi kurang maksimal.
Langkah selanjutnya adalah memasang kanvas rem depan,
pastikan posisi piston masuk kedalam dan walaupun keluar jangan lebih dari 1 cm
karena akan sulit untuk memasangnya kepiringan cakram. Saat pemasangan kanvas
rem pastikan kedua belah kanvas berada pada posisi paling pojok / paling mentok
dari kedua sisi caliper.
Kemudian pasang baud pengunci (pad pin) pada kanvas
depan, saat pemasangan baud pengunci usahakan kanvas rem ditekan kedalam dengan
jempol. Sehingga lubang baud pengunci pada caliper sejajar atau lurus dengan
lubang baud pada kanvas rem depan.
Langkah terakhir adalah memasang caliper ke buttom shock
depan dan kencangkan baud L bintang dan baud pengunci kanvas rem depan.
Jangan lupa cek hasil pengerjaan seperti kekencangan
baud dan coba putar roda kearah depan apakah seret ? jika roda depan bisa
memutar berarti normal, jika ngga bisa digerakan sama sekali berarti ada
masalah pada part lain atau hasil pekerjaan. Untuk urusan ini next time kita
lanjut, karena postingan kali ini tentang cara mengganti kanvas rem depan he….
Ok bro biar tambah jelas gua kasih videonya jangan lupa
subscribe ya… he…
Komentar
Posting Komentar