Cara Mengganti Komstir Honda Beat, Vario dan Scoopy


Selamat datang para bro semua kali ini yang mau dibahas masalah ganti komstir, sebelumnya gua kasih saran dulu jangan nekat ganti komstir sendiri. Karena berat lu ngga kuat biar dilan saja he….. lebay dikit ya bro, sebenarnya memang iya. Ganti komstir memang berat untuk sepeda motor cup (bebek) dan matik harus bongkar hampir seluruh cover depan, malahan ada yang semua cover depan harus dibongkar. Setelah itu copot caliper rem, kabel km, copot soketan kabel, roda depan, segitiga dan shock depan, jadi pikirkan dulu mateng – mateng kalau mau ganti komstir sendiri.

ganti komstir


Apakah serumit itu? Ya masih ada lagi mengenai hasil pekerjaannya jadi memang benar – benar berat bro. Tapi kalau masih penasaran dan nekat mau ganti komstir sendiri, tenang saja gua bantu doa semoga lancar dan gua bisikin caranya. Tapi sebelumnya baca juga link terkaitnya







Cara Ganti Komstir Sepeda Motor Honda Vario

Cara ini sebenarnya bisa diterapkan pada seluruh sepeda motor honda untuk tipe bebek dan metik, cuman ada beberapa perpedaan pada baud dan cover tapi tujuannya sama, baud cover dan komstir juga sama. Demikian juga kode part komstir juga sama dengan kode GN5 tapi untuk sport mempunya kode part dan cara yang berbeda, next kalau inget, sempet dan dikasih kesempatan sama yang punya kehidupan akan gua bikinin artikelnya. Dari pada tambah panjang lebar, langsung saja kita bongkar dan pasang.

Peralatan dan Bahan

Siapkan dulu peralatannya dari obeng plus, obeng min, palu, kunci T10, kunci pas 30 – 32, Kunci L bintang, stelan angin (obeng min kecil), obeng min besar (sebagai pahat) dan dongkrak (atau apalah ember pun bisa).

Bahan Komstir saran gua beli original, maksudnya bukan cuma dilihat dari bungkusnya doang karena spare part aspal (asli tapi palsu) sudah ukup banyak dipasaran. Efeknya kemana ? saat proses pemasangan, biasanya spare part aspal tidak presisi. Grease (gemuk) pakai yang terbaik atau pakai greas cvt, kenapa greas cvt ? sebab greas cvt harganya mahal. Seuprit (sedikit) 10.000 otomatis kualitas lebih baik dari greas yang 20.000 semangkok he…..

Langkah langkahnya  

Posisikan sepeda motor pada posisi standar tengah kemudian lepas semua cover depan dan cover leher yang menghalangi baud penghubung antara stang kemudi dengan segitiga.
Siapkan dongkrak terlebih dahulu agar posisi motor seimbang tidak jatuh.

Lepas caliper rem / kepala babi, selang minyak rem dari segitiga dan buttom, kemudian roda depan dan kabel km jika ada untuk lebih jelasnya ini gambarnya.


bongkar pasang komstir


Lepaskan baud pengikat stang kemudi dengan segitiga, kemudian tarik stang kemudi keatas agar copot dari segitiga dan pastikan tidak ada kabel – kabel yang menyebabkan stang susah ditarik keatas. Nb : (jika berat biasanya terdapat karat sehingga stang dan segitiga susah ditarik solusinya cukup semprotkan cairan penetran dan sejenisnya).

Setelah terlepas copot mur 32 (lock nut) dengan kunci inggris atau kunci pas 30 – 32 dan stelan komstir (top thread) dengan cara dipahat pakai obeng min besar dan palu. Kenapa bukan pakai kunci stelan komstir ? sebenarnya terserah lu mau pakai mana, tapi kunci stelan komstir susah untuk nyarinya dan agak ribet memakainya. Maka pakai cara umum dengan kunci seadanya dan dalam tempo sesingkat - singkatnya he….
Ini gambarnya

komstir oblak


Selanjutnya saat memutar stelan komstir (top thread) sebaiknya lakukan secara perlahan – lahan dan tahan segitiga dengan tangan agar tidak jatuh secara mendadak.

Kemudian copot komstir yang terdiri dari 2 mangkokan atas dan 2 mangkokan bawah beserta pelor / peluru baja / bearing. Dengan cara getok dari atas jika sasaranya mangkokan bawah sebaliknya jika mangkokan atas getok dari bawah. Cara mencopotnya bisa memakai kunci T ataupun pipa dengan cara dipul pakai palu, dan jangan sampai mangkokan bekas pecah karena saat pemasangan akan dipakai lagi sebagai bantalan.

Untuk mangkok komstir paling bawah yang terdapat pada segitiga cara mencopotnya cukup dipahat dengan cara di balik dan tidak bisa dilakukan sendiri harus berdua, tapi kalau lu bisa sendiri ya ngga apa – apa.

komstir yamaha


Tahap selanjutnya bersihkan seluruh dudukan mangkok dari yang terdapat di sasis dan segitiga, dan bersihkan ulir stelan komstir yang terdapat pada segitiga agar saat pemasangan nanti tidak seret.

Pastikan juga mur 32 (lock nut), stelan komstir (top thread) dan ring stopper (washer) dalam kondisi baik jangan sampai ada yang rusak sehingga hasil kerja menjadi tidak maksimal. Yang sering kali rusak adalah stelan komstir (top thread) karena salah sasaran saat menyetel komstir dengan cara dipahat dan patahnya tonjolan ring stopper / washer.
Proses pemasangan mangkokan dengan memanfaatkan mangkokan bekas sebagai bantalan caranya liat saja videonya dibawah ini.

Penyususunan pelor / peluru baja / bearing harus dengan jumah yang pas tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih, karena kurang atau lebih satu pelor saja akan sangat terasa efeknya. Tidak lupa juga lumasi mangkokan dan pelor dengan greas yang terbaik jangan asal comot karena mempengaruhi hasil kerja.

Selanjutnya pasang segitiga ke sasis / kerangka, untuk mempermudah lakukan dengan dua orang atau lebih sukur satu RT he…..   


Kemudian pasang stelan komstir (top thread), washer, dan mur 32 (lock nut) sesuai urutan, dan lakukan penyetelan yang pas pada komstir. Untuk lebih jelasnya check it dot videonya dan jangan lupa subscribe ya bro…





Ok bro sekian dulu, kalau yang mau nekat bongkar sendiri ya monggo yang akhirnya pilih ke bengkel juga monggo, karena gua akuin ini berat bro kata dilan he…. Akhir kata safety first & keep riding no arogan salam satu aspal….

Posting Komentar

1 Komentar