Harga Oli Mesin Honda Beserta Spesifikasi dan Takarannya


Oli mesin adalah hal yang sangat vital bagi performa mesin sepeda motor, dengan periode penggantian yang cukup cepat sekitar 2000 km atau 2 bulan. Menjadikan oli mesin sebagai part fast moving yang wajib ada disetiap bengkel atau toko onderdil. Saking banyaknya merk yang beredar dipasaran membuat para bikers harus jeli untuk memilihnya karena banyak yang aspal, salah satu diantaranya oli mesin AHM yang langsung dikeluarkan oleh pihak astra honda sebagai oli mesin yang dianjurkan untuk produk – produk sepeda motor keluarannya. Dari pada salah beli maka cermati hal – hal berikut.

Perbedaan Oli Mesin AHM Asli dan Palsu


Oli asli kode pengaman pada botol sejajar dan jelas terbaca, sementara oli palsu kode sejajar pada botol tidak ada dan tidak sejajar.
Oli asli segel tutup botol rapi dan halus, sementara oli palsu segel tutup botol tidak rapid an kasar.
Oli asli jendela botol yang terdapat disamping tampak sempit, semntara oli palsu jendela tutup botol lebih lebar.
Oli asli terdapat 4 cetakan kode dibagian bawah botol, sementara oli palsu tidak terdapat 4 cetakan kode pada bagian bawah botol.



motor oil

Keunggulan dan Teknologi Oli AHM


Honda Anti-Oxidant
Teknologi pelindung minyak pelumas pada mesin dari oksidasi permukaan logam sehingga mesin sepada motor menjadi lebih awet.

Honda Visco Improver Technology
Oli mesin yang mempunyai kekentalan stabil pada suhu mesin dingin dan panas sehingga mesin mudah dinyalakan.

Honda Cleansing Agent
Teknologi pada oli mesin yang digunakan untuk menjaga kebersihan mesin dari zat- zat asing yang dapat mempengaruhi performa mesin.

Honda Smart Film
Dengan memakai smart film pada oli mesin bertujuan untuk meminimalisir gesekan pada komponen – komponen yang terdapat dalam mesin sepeda motor.

Base Oil Full Synthetic
Pada oli mesin SPX memakai base oli full synthetic sesuai dengan teknologi terbaru dengan struktur molekul yang sejenis membuat system pelumasan lebih stabil.


Harga dan Spesifikasi Oli Mesin Honda


AHM Oil SPX 1

Minyak pelumas mesin sepeda motor dengan Engine Protection Technology yang di peruntukan sepeda motor pabrikan honda sesuai R&D Honda Japan, pada tahukan bro arti R&D ?. Kalau belum gua bisikin sedikitnya R&D alias reset devolepmen atau bagian / departemen khusus yang menangani kualitas produk secara intern, yang pasti isinya para orang – orang pinter bro he…

Oli ini Full Syntesis sehingga dapat menjaga keadaan mesin pada kecepatan tinggi, dengan level Impurities / ketidakmurnian lebih sedikit. Membuat gesekan mesin menjadi sedikit pada suhu dan tekanan yang tinggi, oli ini untuk motor dengan tipe kopling basah seperti bebek (cup) dan sport keluaran 2008 sampai sekarang. Tersedia 3 pilihan berdasarkan volumenya yaitu :

Jenis                      Harga
SPX 1 0,8 Liter        Rp. 49.000
SPX 1 1,0 Liter        Rp. 55.000
SPX 1 1,2 Liter        Rp. 68.000

AHM Oil MPX 1

Oli mesin dengan Engine Protection Oil dan viscositas 10W-30 SJ JASO MA yang dibuat khusus untuk motor honda tipe kopling basah. Oli ini sebenarnya oli standar honda untuk bebek (cup) dan sport keluaran 2008 sampai sekarang, sementara SPX 1 adalah versi mahalnya bro. Oli ini juga mempunyai 3 pilihan sesuai takarannya yaitu :

Jenis                      Harga
MPX 1 0,8 Liter       Rp. 39.000
MPX 1 1,0 Liter       Rp. 46.000
MPX 1 1,2 Liter       Rp. 54.000

AHM Oil SPX 2

Oli mesin yang viscositas 10W-30 SJ JASO MB dengan teknologi SPX (Superior Protection Expert) dan diriset langsung oleh R&D Honda Japan untuk sepeda motor matik. Oli ini dibuat khusus karena adanya perbedaan kontruksi mesin pada motor matik dibandingkan bebek (cup) dan sport. Perbedaan itu meliputi letak kopling, gear ratio dan system pendinginannya, entah pendingan coolent / radiator dan pendinginan angin.
Karena letak mesin yang agak menjorok kebelakang jadi kurangnya system pendinginan udara jika sepeda motor berjalan, maka banyak pabrikan mensiasati dengan menggunakan system pendingin angin paksa melalui kipas yang terpasang pasang pada magnet. Dan ditambah lagi dengan menggunakan oli mesin yang bekerja secara mumpuni untuk meminimalkan overheating.

Jenis                      Harga
SPX 2 0,8 Liter        Rp. 47.500

AHM Oil MPX 2

Oli mesin matik dengan viscositas 10W – 30, API- SJ, JASO MB, merupakan oli mesin standart Honda untuk sepeda motor tipe matik. Yang diformulasikan khusus untuk sepeda motor bertipe kopling kering dan gear transmisi yang terpisah dari mesin.

Jenis                      Harga
MPX 2 0,8 Liter       Rp. 40.500

Ini link terkait

AHM Oil MPX 3

Oli mesin standart honda dengan spesifikasi SAE 20W-40, JASO MA, yang diformulasikan khusus untuk sepeda motor bebek (cup) dan sport keluaran lama seperti Tiger, Megapro Primus, Supra Fit, Supra X 125 lama, Karisma, Kirana, Revo 100 dan generasi astrea.
Sepeda motor honda keluaran lama disarankan memakai oli mesin ini, karena dibuat sesuai kebutuhan mesin yang telah cukup umur sehingga membutuhkan pelumasan yang lebih kental. Oli MPX 3 mempunyai dua jenis sesuai volumenya yaitu :  

Jenis                      Harga
MPX 3 0,8 Liter       Rp. 34.000
MPX 3 1,0 Liter       Rp. 38.000

AHM Transmision Gear Oli

Minyak pelumas ini digunakan hanya untuk sepeda motor matik yaitu sebagai pelumas gear transmisi atau biasa dikenal gardan, takarannya hanya 120 ml dengan periode penggantian setiap km 8.000 atau sekitar 8 bulan.

Jenis                      Harga
Oli Gardan             Rp. 12.000


Artikel terkait,





Harga diatas sesuai HET (Harga Eceran Tertinggi) yang dikeluarkan oleh AHM dan sewaktu – waktu dapat berubah. Jika ada oli mesin dengan harga yang sangat murah dari HET, maka harus diwaspadai jangan – jangan aspal. Maka dari itu cermatlah dalam membeli, sebelum motor menjadi tidak karuan.


Ukuran oli mesin sepeda motor Honda


Motor Bebek
Honda Supra 100, Honda Astrea Grand, Honda Legenda, Honda Revo 100, Honda Astrea Prima, Honda Blade 110, Honda Revo 110, Honda Supra X 125, Honda Supra Helm In, Honda Supra x 125 FI, Honda Blade 125 FI, Honda Revo FI.
Penggantian oli mesin berkala 700 mili liter atau 0,7 liter
Pembongkaran mesin total 1 Liter

Motor Matik
Honda Beat, Honda Vario 110, Honda Beat FI, Honda Vario 110 FI, Honda Vario 125, Honda Vario 150, Honda PCX 125, Honda PCX 150.
Penggantian oli mesin berkala 700 mili liter atau 0,7 liter
Pembongkaran mesin total 800 mili meter atau 0,8 liter

Motor Sport
Honda Tiger 2000, Honda Tiger Revo, Honda Megapro Primus, Honda Megapro 160, Honda New Megapro, Honda GL Neotech, Honda GL Max, Honda GL 100, Honda Verza, Honda Megapro FI, Honda CBR150 thailand, Honda CB150R, Honda CBR 150 lokal, Honda CS1.
Penggantian oli mesin berkala 900 mili liter atau 0,9 liter
Pembongkaran mesin total 1200 mili meter atau 1,2 liter

Honda New CBR150R, Honda Sonic 150, Honda New CB150R, Honda Supra GTR 150
Penggantian oli mesin berkala 1100 mili liter atau 1,1 liter
Pembongkaran mesin total 1300 mili meter atau 1,3 liter

Ok bro sekian dulu ya, next time lanjut lagi ojo lali safety first, keep riding no arogan salam satu aspal.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Gan klo misalkan pakai spx1 buat absolute revo ukuran sebenernya susah didapt karena pada tutup, apakah pakai ukuran ml yg lebih besar bisa?

    BalasHapus