Oli mesin adalah hal yang sangat vital bagi performa
mesin sepeda motor, dengan periode penggantian yang cukup cepat sekitar 2000 km
atau 2 bulan. Menjadikan oli mesin sebagai part fast moving yang wajib ada
disetiap bengkel atau toko onderdil. Saking banyaknya merk yang beredar
dipasaran membuat para bikers harus jeli untuk memilihnya karena banyak yang
aspal, salah satu diantaranya oli mesin AHM yang langsung dikeluarkan oleh
pihak astra honda sebagai oli mesin yang dianjurkan untuk produk – produk sepeda
motor keluarannya. Dari pada salah beli maka cermati hal – hal berikut.
Perbedaan Oli Mesin AHM Asli dan Palsu
Oli asli kode pengaman pada botol sejajar dan jelas
terbaca, sementara oli palsu kode sejajar pada botol tidak ada dan tidak
sejajar.
Oli asli segel tutup botol rapi dan halus, sementara oli
palsu segel tutup botol tidak rapid an kasar.
Oli asli jendela botol yang terdapat disamping tampak
sempit, semntara oli palsu jendela tutup botol lebih lebar.
Oli asli terdapat 4 cetakan kode dibagian bawah botol,
sementara oli palsu tidak terdapat 4 cetakan kode pada bagian bawah botol.
Keunggulan dan Teknologi Oli AHM
Honda Anti-Oxidant
Teknologi pelindung minyak pelumas pada mesin dari oksidasi
permukaan logam sehingga mesin sepada motor menjadi lebih awet.
Honda Visco Improver Technology
Oli mesin yang mempunyai kekentalan stabil pada suhu
mesin dingin dan panas sehingga mesin mudah dinyalakan.
Honda Cleansing Agent
Teknologi pada oli mesin yang digunakan untuk menjaga
kebersihan mesin dari zat- zat asing yang dapat mempengaruhi performa mesin.
Honda Smart Film
Dengan memakai smart film pada oli mesin bertujuan untuk
meminimalisir gesekan pada komponen – komponen yang terdapat dalam mesin sepeda
motor.
Base Oil Full Synthetic
Pada oli mesin SPX memakai base oli full synthetic
sesuai dengan teknologi terbaru dengan struktur molekul yang sejenis membuat system
pelumasan lebih stabil.
Harga dan Spesifikasi Oli Mesin Honda
AHM Oil SPX 1
Minyak pelumas mesin sepeda motor dengan Engine
Protection Technology yang di peruntukan sepeda motor pabrikan honda sesuai
R&D Honda Japan, pada tahukan bro arti R&D ?. Kalau belum gua bisikin
sedikitnya R&D alias reset devolepmen atau bagian / departemen khusus yang
menangani kualitas produk secara intern, yang pasti isinya para orang – orang
pinter bro he…
Oli ini Full Syntesis sehingga dapat menjaga keadaan
mesin pada kecepatan tinggi, dengan level Impurities / ketidakmurnian lebih
sedikit. Membuat gesekan mesin menjadi sedikit pada suhu dan tekanan yang
tinggi, oli ini untuk motor dengan tipe kopling basah seperti bebek (cup) dan
sport keluaran 2008 sampai sekarang. Tersedia 3 pilihan berdasarkan volumenya
yaitu :
Jenis Harga
SPX 1 0,8 Liter Rp.
49.000
SPX 1 1,0 Liter Rp.
55.000
SPX 1 1,2 Liter Rp.
68.000
AHM Oil MPX 1
Oli mesin dengan Engine Protection Oil dan viscositas
10W-30 SJ JASO MA yang dibuat khusus untuk motor honda tipe kopling basah. Oli
ini sebenarnya oli standar honda untuk bebek (cup) dan sport keluaran 2008
sampai sekarang, sementara SPX 1 adalah versi mahalnya bro. Oli ini juga
mempunyai 3 pilihan sesuai takarannya yaitu :
Jenis Harga
MPX 1 0,8 Liter Rp.
39.000
MPX 1 1,0 Liter Rp.
46.000
MPX 1 1,2 Liter Rp.
54.000
AHM Oil SPX 2
Oli mesin yang viscositas 10W-30 SJ JASO MB dengan
teknologi SPX (Superior Protection Expert) dan diriset langsung oleh R&D
Honda Japan untuk sepeda motor matik. Oli ini dibuat khusus karena adanya
perbedaan kontruksi mesin pada motor matik dibandingkan bebek (cup) dan sport.
Perbedaan itu meliputi letak kopling, gear ratio dan system pendinginannya,
entah pendingan coolent / radiator dan pendinginan angin.
Karena letak mesin yang agak menjorok kebelakang jadi
kurangnya system pendinginan udara jika sepeda motor berjalan, maka banyak
pabrikan mensiasati dengan menggunakan system pendingin angin paksa melalui
kipas yang terpasang pasang pada magnet. Dan ditambah lagi dengan menggunakan
oli mesin yang bekerja secara mumpuni untuk meminimalkan overheating.
Jenis Harga
SPX 2 0,8 Liter Rp. 47.500
AHM Oil MPX 2
Oli mesin matik dengan viscositas 10W – 30, API- SJ,
JASO MB, merupakan oli mesin standart Honda untuk sepeda motor tipe matik. Yang
diformulasikan khusus untuk sepeda motor bertipe kopling kering dan gear transmisi
yang terpisah dari mesin.
Jenis Harga
MPX 2 0,8 Liter Rp. 40.500
Ini link terkait
AHM Oil MPX 3
Oli mesin standart honda dengan spesifikasi SAE 20W-40,
JASO MA, yang diformulasikan khusus untuk sepeda motor bebek (cup) dan sport
keluaran lama seperti Tiger, Megapro Primus, Supra Fit, Supra X 125 lama,
Karisma, Kirana, Revo 100 dan generasi astrea.
Sepeda motor honda keluaran lama disarankan memakai oli
mesin ini, karena dibuat sesuai kebutuhan mesin yang telah cukup umur sehingga membutuhkan
pelumasan yang lebih kental. Oli MPX 3 mempunyai dua jenis sesuai volumenya
yaitu :
Jenis Harga
MPX 3 0,8 Liter Rp. 34.000
MPX 3 1,0 Liter Rp.
38.000
AHM Transmision Gear Oli
Minyak pelumas ini digunakan hanya untuk sepeda motor
matik yaitu sebagai pelumas gear transmisi atau biasa dikenal gardan, takarannya
hanya 120 ml dengan periode penggantian setiap km 8.000 atau sekitar 8 bulan.
Jenis Harga
Oli Gardan Rp.
12.000
Artikel terkait,
Harga diatas sesuai HET (Harga Eceran Tertinggi) yang
dikeluarkan oleh AHM dan sewaktu – waktu dapat berubah. Jika ada oli mesin
dengan harga yang sangat murah dari HET, maka harus diwaspadai jangan – jangan aspal.
Maka dari itu cermatlah dalam membeli, sebelum motor menjadi tidak karuan.
Ukuran oli mesin sepeda motor Honda
Motor Bebek
Honda Supra 100, Honda Astrea Grand, Honda Legenda,
Honda Revo 100, Honda Astrea Prima, Honda Blade 110, Honda Revo 110, Honda
Supra X 125, Honda Supra Helm In, Honda Supra x 125 FI, Honda Blade 125 FI,
Honda Revo FI.
Penggantian oli mesin berkala 700 mili liter atau 0,7 liter
Pembongkaran mesin total 1 Liter
Motor Matik
Honda Beat, Honda Vario 110, Honda Beat FI, Honda Vario
110 FI, Honda Vario 125, Honda Vario 150, Honda PCX 125, Honda PCX 150.
Penggantian oli mesin berkala 700 mili liter atau 0,7
liter
Pembongkaran mesin total 800 mili meter atau 0,8 liter
Motor Sport
Honda Tiger 2000, Honda Tiger Revo, Honda Megapro
Primus, Honda Megapro 160, Honda New Megapro, Honda GL Neotech, Honda GL Max,
Honda GL 100, Honda Verza, Honda Megapro FI, Honda CBR150 thailand, Honda
CB150R, Honda CBR 150 lokal, Honda CS1.
Penggantian oli mesin berkala 900 mili liter atau 0,9
liter
Pembongkaran mesin total 1200 mili meter atau 1,2 liter
Honda New CBR150R, Honda Sonic 150, Honda New CB150R,
Honda Supra GTR 150
Penggantian oli mesin berkala 1100 mili liter atau 1,1
liter
Pembongkaran mesin total 1300 mili meter atau 1,3 liter
Ok bro sekian dulu ya, next time lanjut lagi ojo lali
safety first, keep riding no arogan salam satu aspal.
Gan klo misalkan pakai spx1 buat absolute revo ukuran sebenernya susah didapt karena pada tutup, apakah pakai ukuran ml yg lebih besar bisa?
BalasHapus