Selamat datang para bro semua dari mba bro dan mas bro, di blog yang ngga apa adanya ini ? ambigu bingung susah dicerna sudah ngga usah dipikir he…. Langsung saja bro kali ini mau ngomongin apa itu top kompresi ? fungsi top kompresi ? cara mencari top kompresi ? tanda – tanda atau ciri – ciri posisi top kompresi ? dana pa efeknya ?.
Sebelum kita bongkar dan pasang terlalu dalam, kita bahas dulu sepeda motor 2 tak dan 4 tak. Karena tanpa mengetahui dasar dari perbedaan sepeda motor 2 tak dan 4 tak, semuanya akan zonk he….. langsung saja check it dot
Jadi kesimpulannya yang membedakan dari top kompresi dan top buang adalah waktu / timing pengapiannya, biasanya kekeliruan kesalahan terjadi saat melakukan penyetelan klep. Sementara saat belah mesin jarang sekali terjadi kekeliruan antara top kompresi dan top buang.
Sebelum kita bongkar dan pasang terlalu dalam, kita bahas dulu sepeda motor 2 tak dan 4 tak. Karena tanpa mengetahui dasar dari perbedaan sepeda motor 2 tak dan 4 tak, semuanya akan zonk he….. langsung saja check it dot
Apa Arti Top Kompresi
Top kompresi berasal dari dua kata yaitu ‘top’ yang berarti ‘atas’ kalau pada mesin sepeda motor bisa diartikan piston berada di TMA (titik mati atas). Sementara ‘kompresi’ berarti ‘menekan’ dalam hal ini menekan atau memadatkan campuran bahan bakar dan udara yang kemudian akan dibakar oleh api dari percikan busi sehingga menjadi penggerak / sumber tenaga untuk memutar poros engkol.
Posisi Top Kompresi
Top kompresi hanya ada pada sepeda motor 4 tak / langkah dimana posisi Piston berada di TMA (titik mati atas), kemudian noken as dalam posisi netral atau tidak menekan rocker arm sehingga ke dua klep yaitu klep in (masuk) dan ex (pembuangan) berada dalam posisi tertutup.Fungsi Top Kompresi
Nah ini pertanyaan mendasar untuk apa mencari top kompresi ? agar sepeda motor urut pengapian, maksudnya saat busi meletikan api piston berada di TMA dan dalam langkah kompresi sementara posisi klep dalam keadaan tertutup. Sehingga tidak ada komponen yang rusak karena salah posisi saat melelakukan penggantian rantai mesin / keteng, belah mesin atas dan belah mesin total, saat melakukan penyetelan klep.Perbedaan Top Kompresi dan Top Buang
Ok gua ulangi lagi, top kompresi terjadi saat posisi piston TMA (titik mati atas) dengan kedua klep pada posisi tertutup dan terjadi saat langkah kompresi setelah langkah hisap. Sementara top buang juga terjadi saat piston berada di titik mati atas dengan kedua klep pada posisi turtutup dan terjadi saat langkah buang.Jadi kesimpulannya yang membedakan dari top kompresi dan top buang adalah waktu / timing pengapiannya, biasanya kekeliruan kesalahan terjadi saat melakukan penyetelan klep. Sementara saat belah mesin jarang sekali terjadi kekeliruan antara top kompresi dan top buang.
Tanda – Tanda Top Kompresi
Marking atau tanda ‘T’ pada magnet terlihat pada lubang intip dengan posis lurus yang menandakan bahwa piston pada posisi TMA.
Marking / tanda ‘T’ pada sentrik yang tegak lurus menghadap kedepan.
Posisi paling berat saat memutar magnet dengan kunci T, karena saat itu adalah langkah kompresi atau penekanan / pemadatan campuran bahan bakar. Dengan catatan kondisi busi masih menempel di mesin, jika busi dilepas akan sulit merasakan putaran yang paling berat.
Langkah kompresi bisa dikira – kira dengan melihat posisi rocker arm atau stelan klep, yaitu setelah rocker arm masuk mendorong / menekan klep kemudian keluar. Nah pada posisi rocker arm sudah tidak menekan klep atau keluar berarti akan terjadi langkah kompresi.
Kedua klep yaitu klep In dan Ex dalam posisi longgar atau terdapat celah sehingga bisa digerakan ke atas bawah bukan kanan kiri.
Cara Mencari Top Kompresi Sepeda Motor
Setiap sepeda motor mempunyai kontruksi / bentuk mesin yang berbeda – beda sehingga ada sedikit perbedaan untuk menanganinya, tapi tujuannya tetap sama. Contoh untuk tipe sport dan bebek untuk mencari top kompresi bisa membuka blok magnet dan tutup klep, sementara itu tutup klep pun ada yang hanya terlihat ricker armnya saja atau malah terlihat semuanya dari rocker arm dan gear sentrik. Sementara tipe matik bisa memutar magnet dengan kunci T tapi posisinya akan ribet karena harus bongkar radiator, terus kipas magnet. Maka dari itu cara termudahnya memakai kick starter. Ok langsung saja bro berikut caranya,
Usahakan sepeda motor dalam kondisi dingin dan memkai standar tengah, apaka busi harus dilepas ? tidak juga ngga apa – apa malahan kalau busi terpasang di mesin akan memudahkan saat merasakan atau meraba posisi. Karena saat langkah kompresi putaran magnet akan terasa berat.
kemudian buka lubang intip dan lubang putar yang terdapat pada blok magnet dan buka juga tutup klep sehingga posisi klep dan rocker arm terlihat.
Untuk sepeda motor tipe matik bisa menggunakan kick starter secara perlahan.
Putar magnet berlawanan putaran jam atau kearah kiri secara perlahan sampai tanda ‘T’ terlihat pada magnet terlihat.
Saat klep in masuk berarti sebentar lagi piston akan berada di TMA dan terjadi langkah kompresi, maka dari itu lakukan secara perlahan sambil mengintip magnet.
Maka akan terdapat celah antara rocker arm dan klep, karena posisi kedua klep dalam keadaan tertutup tidak ada dorongan dari rocker arm.
Untuk memastikan bahwa langkah yang dilakukan benar maka lakukan pengukuran dengan fuller dengan skala 0,05 sampai 0,1 mm, jika tidak mengetahui celah ukuran standar sepeda motor. Kerena setiap sepeda motor mempunyai perbedaan ukuran celah klep. Lihat foto diatas sendiri…..
Akibat Dari Top Kompresi yang Tidak Pas
Hal terburuknya adalah piston jebol dan klep bengkok.
Sepeda motor susah dihidupkan.
Sepeda motor mberebet dan ngempos atau sepeda motor tenaga berkurang karena percikan api dari busi yang tidak pas dengan langkah kompresi.
Untuk lebih jelasnya ini videonya jangan lupa subscribe, check it dot….
Sangat membantu menambah pengetahuan saya
BalasHapusIlmunya ok tapi penypenyusunan kata2 kurang bagus
BalasHapusTd malam saya salah top saat stel klep ternyata di posisi overlap . Saat saya hidupkan kasar sekali. Langsung saya matikan. Saya cek lg. Saya bemerin alhamdulillah masih aman. Hidup mudah dan halus.
BalasHapusmakasih pengetahuan nya ,klo gak baca yg ad numbur klep dan beresiko besar menimbulkan UUD,ujung2 nya duitππ€π
BalasHapusCara memasang gir timing gimana min
BalasHapusSangat membantu.. sukses buat yg ngasih pengetahuan ini..
BalasHapusMas mas mau nanya inih motor saya kan Vega new nah posisi motor udah nyala tapi digas mati kayak ga Narin apa ituh kerusakan top? Mohon penjelasan nya, maklum awam baru bljar tntng motor
BalasHapusgan,knp motor klx diganti noken as top head block motor jadi panas
BalasHapusBang mau tanya..motor di engkol keras dan susah hidupnya..salah dimana ya,? Apa posisi topnya gak bener?
BalasHapusApa ciri ciri top kompresi 4 bang
BalasHapusmau nanya apabila pemasangan bak kopling tidak pada posisi top. apa evek nya. pada jupiter new mx
BalasHapus