Selamat datang para bro semua, dari pengunjung lama dan
pengunjung baru yang baru nyasar ke mari. Buat kali ini yang mau dibongkar
pasang tentang radiator sepeda motor. Dari yang bocor / rembes, cara merawatnya
agar tidak overheating, komponen – komponen pada radiator dari kerusakannya dan
fungsinya. Dan tidak ketinggalan juga ngomongin coolent / air radiator, apakah
boleh memakai air biasa ? atau air radiator mobil. Ok untuk lebih jelas dan
cepat langsung saja chek it dot…
Fungsi Radiator Sepeda Motor
Radiator sepeda motor adalah komponen pada sebuah mesin
sepeda motor berfungsi sebagai pelepas panas yang diserap oleh air pendingin
setelah bersirkulasi / berputar didalam mesin sehingga suhu air tersebut
menjadi turun.
Maka dari itu radiator sangat penting bagi sebuah mesin
yang mempunyai cc yang besar, karena tanpa radiator mesin yang mempunyai cc
besar akan cepat panas atau overheating. Sehingga tenaga yang dikeluarkan tidak
akan maksimal atau mesin akan ngempos, dan parahnya lagi piston akan ngancing /
mengunci karena overheating tersebut. Untuk lebih jelas nya ini link terkait..
Komponen – Komponen Radiator
Radiator
Radiator terdiri atas 2 tangki air yaitu tangki atas dan
tangki bawah, pada tangka bagian atas terdapat lubang pengisian dan saluran
masuk ke dalam radiator. Sementara untuk tangki bagian bawah terdapat saluran
keluar menuju mesin dan kran / lubang pembuangan (drain bolt) untuk jenis
sepeda motor matik, sedangkan untuk jenis sport tidak ada lubang pembuangan.
Kerusakan yang sering terjadi pada radiator biasanya
karena benturan yang bisa disebabkan karena terjatuh atau tabrakan sehingga
radiator mengalami kebocoran, pecah ataupun bengkok. Penyebab lainnya karena
usia pakai dari radiator tersebut, apakah bisa diperbaiki ? tergantung parah
tidaknya kerusakan tersebut.
Jika hanya bocor sedikit bisa ditambal dari luar dengan
lem besi / lem campur yang biasanya dijual di toko spare part, atau memakai
radiator stop leak cairan yang dapat menambal kebocoran yang halus di dalam
radiator. Karena cairan ini mengandung zat aktif dan lapisan film, dipasaran ada beberapa merk
yaitu super x dan lainnya ngga tahu he…. jika rusak parah jalan terakhir melakukan lem
biru alias lempar ganti baru he….
Coolent
Air radiator alias coolent adalah cairan yang berfungsi
untuk mendinginkan suhu mesin agar mesin tidak mengalami overheating (panas
berlebih) bukan kepanasan ya bro…. lain kasus kalau kepanasan cukup minum es
cendol…. Wk… wk..
Coolent harus mempunyai sifat – sifat yang bisa menjaga
suhu mesin dan tidak menimbulkan karat dan kerusakan pada mesin, untuk lebih
jelasnya ini linknya…
Apakah radiator boleh memakai air biasa ? jawabnya
terserah yang punya. Lho kok ? emang iya la itu motor dia ngapain gua yang
pusing he…. , tapi pabrikan menyarankan untuk memakai air radiator khusus
(coolent) bukan air biasa. Karena air biasa tidak mengandung anti karat malah membuat karat.
Dan mempunyai titik didih mentok 100 derajat sementara suhu mesin bisa mencapai
115 derajat bisa jadi seluruh air biasa akan menguap atau tinggal ditambah kopi
dah… mantep pokoknya… he…
Sementara coolent mempunyai titik didih dan titik beku
yang lebih baik dari air biasa, apakah boleh mencampur atau mengganti coolent
beda merk ? ambil contoh air radiator mobil dipakai untuk air radiator motor.
Boleh diganti asal dilakukan pengurasan secara menyeluruh agar tidak ada
percampuran zat kandungan yang berbeda, karena tiap pabrikan mempunyai riset
masing – masing.
Reservoir
Tangki cadangan untuk coolent, agar mempunyai jangka
waktu yang lama untuk menambah coolent pada radiator.
Selang Radiator
Selang radiator berfungsi sebagai sarana sirkulasi /
perputaran dari coolent, sehingga kalau selang radiator robek maka akan terjadi
kebocoran yang berasal dari selang tersebut.
Pompa Radiator
Mempercepat sirkulasi atau perputaran coolent (air
radiator) dalam system pendinginan tersebut sehingga proses pendinginan lebih
cepat. Kerusakan pada pompa radiator biasanya terjadi pada sil mechanical (sil
pemisah antara oli mesin dan air radiator), akibatnya air radiator akan habis
dan masuk kedalam mesin dan bercampur dengan oli mesin. Untuk jangka panjang
ini sangat ekstream bro, jadi kalau air radiator cepat habis dan tidak ada
kebocoran dari luar komponen radiator besar kemungkinan kebocoran tersebut
berasal dari sil mechanical. Sebenarnya bisa dilihat atau dikira – kira dengan
mengukur volume oli mesin saat melakukan penggantian, jika saat di tap / buang
volume oli mesin lebih dari ketentuan (1 liter menjadi 1,3 liter) maka air
radiator bercampur dengan oli mesin.
Kipas Radiator
Kipas pendingin yang terdapat pada radiator, bisa system
elektrik atau system mekanis. Untuk system elektrik sumber tenaga berasal dari
accu yang berputar jika sensor suhu memuai sehingga menyentuh logam dari saklar
kipas elektik tersebut. Sensor suhu akan memuai jika suhu mesin telah mencapai
105 derajat celcius, jadi jika kurang dari suhu tersebut kipas radiator tidak
akan berputar.
Sedangkan kipas radiator system mekanis berputar
mengikuti putaran dari poros engkol / crank shaft sehingga cukup menambah beban
pada putaran mesin walaupun hanya seberapa gram. Kelebihannya jarang mengalami
kerusakan karena proses kerjanya yang sederhana.
Kenapa radiator ninja 150 cepat panas ? sebab pada
kontruksi / bentuk radiator ninja tidak dilengkapi kipas pendingin radiator. Solusinya
bisa memakai kipas radiator cb150 atau cbr 150 tapi harus buat dudukan kipas
dan saklar kipas.
Tutup Radiator
Selain berfungsi sebagai penahan agar air radiator tidak
tumpah keluar, tutup radiator juga membatasi pengeluaran uap air saat coolent
di dalam radiator mendidih. Pembatasan ini terjadi jika tutup radiator mendapat
tekanan oleh uap air jika mencapai 108 – 137 kpa (1,1 – 1,4 kgf.cm2, 16 – 20
psi).
Thermostat
Thermostat yaitu katup otomatis yang berfungsi untuk
mengatur suhu panas / temperature pada
mesin dengan cara membatasi jumlah coolent agar mesin cepat mencapai suhu kerja
yaitu 80 derajat celcius. Cara kerjanya ketika mesin dingin akan menutup jalur
coolent yang berasal dari radiator bawah menuju mesin. Kemudian saat panas
jalur coolent dari radiator bawah akan dibuka secara perlahan jika suhu mesin
telah mencapai 85 derajat celcius sementara jalur coolent dari radiator atas
akan ditutup.
Link terkait
Penyebab Motor Ngebul Putih dan Hitam
Cara Mengatasi Knalpot Nembak
Link terkait
Penyebab Motor Ngebul Putih dan Hitam
Cara Mengatasi Knalpot Nembak
Cara Merawat Radiator Sepeda Motor
Cek selalu tangki cadangan radiator (reservoir), jangan
biarkan coolent berada dibawah batas bawah (lower) aatau malah dibiarkan kosong
karena kehabisan coolent.
Penambahan coolent jangan melewati batas atas atau
upper, sehinggga menyebabkan coolent tumpah lewat lubang pernafasan reservoir.
Kuras air radiator (coolent) setiap km 16.000 atau 1 ½ tahun,
agar tidak menimbulkan kerak pada jalur radiator dan menjada performa coolent.
Cuci dengan air kisi – kisi radiator dan semprot menggunakan
angin spray gun agar debu dan kotoran hilang, selain itu perbaiki kisi – kisi jika
ada yang bengkok.
Perhatikan spido meter jika ada lampu merah yang
menyala, berarti sepeda motor mengalami overheating. Maka segera berhenti dan
cari bengkel terdekat jika di paksakan maka akan berakibat fatal bagi mesin
sepeda motor.
Cara Mengganti / Kuras Radiator Honda Vario
Persiapkan peralatan yaitu kunci T 8, T10, Tang, Obeng
Plus, L 6 bintang.
Usahakan sepeda motor dalam posisi standar tengah dan
dalam keadaan dingin atau suhu mesin sekitar 40 derajat celcius. Bagaimana kalau
suhu panas ? berarti lu nekat karena suhu air radiator diatas 100 derajat,
kecuali lu sudah biasa melakukannya atau kebal air keras he…. Karena panasnya
jika kena tangan beh…. Pokoknya gua bisa jamin seluruh kebun binatang bisa lu
panggil.
Buka cover radiator dengan kunci T 8, terdapat 3 baud
jika sepeda motor masih standar ting – ting dari pabrikan.
Buka baud pengunci pada tutup radiator dengan obeng
plus, penting “jangan dulu buka tutup radiator” biarkan saja jika nekat dibuka
maka air dari reservoir akan tumpah.
Selanjutnya buka drain bolt (baud pembuangan air
radiator) dengan menggunakan kunci L 6 bintang atau bisa memakai tang. Dan siapkan
nampan atau mangkuk untuk menampung air radiator.
Kemudian lepas / putar perlahan tutup radiator, ingat
perlahan bro. Agar air radiator tidak keluar secara mendadak dan bikin kaget…
Langkah ini bisa lu lakukan bisa juga engga karena
posisi baudnya lumanyan susah, yaitu melepas baud titik terendah dari mesin. Lokasinya
biasanya ada dibawah dekat dengan leher knalpot, cirinya baud 10 yang mempunyai
ring tembaga.
Setelah dipastikan air radiator habis maka pasang
kembali baud 10 tadi dan pasang drain bolt pada radiator.
Isi radiator dengan menggunakan coolent sampai penuh
kemudian hidupkan mesin selama kurang lebih 2-3 menit dan hentak – hentakan (mainin
gas) agar udara palsu dalam radiator keluar sehingga volume radiator akan
menysusut, selanjutnya tambah lagi air radiator sampai penuh.
Kemudian pasang kembali tutup radiator dan kunci dengan
dengan baud plus tadi, setelah itu tambahkan coolent pada reservoir sampai
batas upper.
Langkah terakhir pasang cover radiator dan cek
pengerjaan.
Untuk lebih jelasnya ini videonya dan jangan lupa
subscribe…
Ok bro sekian dulu, next time kita lanjut lagi jangan
lupa safety first and keep riding no arogan salam satu aspal…
Segera bergabung dan bermain dengan kami hanya di Saranapelangi dengan kartu yang baik untuk kemenangan anda setiap harinya.
BalasHapusSaranapelangi Menyediakan :
*7 Games 1 User ID
*Bonus Turnover 0.5% Dibagikan Setiap Harinya
*Bonus Referral 20% Seumur Hidup
*Minimal Deposit & Withdraw : 20.000
Info Lebih Lanjut :
- Website : saranapelangi<.dot>link
- BBM : 2B47BB9C
- Line : csnini
- CALL (Whatsapp) : +85581508599