Jangan Asal Rubah Jalur Kiprok Sepeda Motor


Selamat datang para bro semua, setelah sekian lama akhirnya bisa update juga he.... buat kali ini gua mau ngomongin tentang jalur kabel kiprok sepeda motor. Tapi sebelum ngomongin lebih jauh, kita bahas hal dasar dulu yaitu Sistem Pengisian - Penerangan dan Sistem Pengapian. Karena secara garis besar dan utama sistem kelistrikan sepeda motor dibagi menjadi dua hal tersebut, kalau dua hal dasar tersebut belum paham dan bundet, jadi ya akan semprawut he... he...
Sebenarnya hal ini telah sering kali kita omongin, tapi berhubung ada sesuatu jadi gua tambah lagi dengan jalur soketan menuju kiprok sepeda motor. Ok langsung saja kita ke pokok bahas.

Sistem Penerangan dan Pengisian Sepeda Motor :

Pada rangkaian pengisian (arus accu) dan penerangan (lampu utama) sepeda motor dibagi menjadi yaitu :

Penerangan AC / Arus Bolak – Balik

Untuk jenis penerengan AC hampir diterapkan pada semua sepeda motor karburator yang mempunyai CC kecil atau dibawah 150cc.

Ciri – Ciri Penerangan AC

Adanya satu kabel pengisian berwarna putih
Untuk motor honda dan yamaha, sementara suzuki berwarna putih / merah dan kawasaki biru / putih  pada alternator / spul magnet. Hal ini bisa dilihat pada soketan antara spul magnet dengan kabel body. Karena kabel ini akan langsung menuju soketan kiprok.

Kiprok mempunyai 4 kaki
Pada kaki – kaki kiprok yang tertuju pada soketan kabel body mempunyai 4 kaki, dimana kaki tersebut mempunyai fungsi yang berbeda. Tapi hal ini sering kali diabaikan saat penggantian kiprok dengan cara merubah jalur kabel, maka akibatnya bukannya motor tambah bener malah tambah bundet. Jadi jangan rubah jalur soketan kiprok jika sepeda motor masih standar, tapi kalau mau rubah jangan tanggung – tanggung sekalian saja rubah penerangan AC menjadi DC.

Artikel terkait bro,




Nyala lampu tidak stabil
Saat lampu utama dihidupkan cahaya yang dihasilkan akan mengikuti putaran magnet, jadi saat sepeda motor berada pada rpm bawah lampu akan redup tapi sebaliknya saat berada pada rpm tinggi lampu akan menyala terang.

Lampu utama bisa menyala saat kondisi mesin hidup
Sesuai sedikit penjelasan diatas kesimpulannya untuk penerangan AC sangat mengandalkan putaran spul magnet sehingga saat mesin belum hidup maka spul magnet tidak menghasilkan arus listrik untuk penerangan. 

Warna Kabel Kiprok dan Fungsinya


Jalur Kiprok Motor Honda

Hijau berfungsi sebagai massa (-)
Putih berfungsi sebagai jalur pengisian dari spul magnet.
Kuning berfungsi sebagai jalur penerangan lampu utama yang bersumber dari spul magnet.
Merah berfungsi sebagai jalur arus listrik (+) dari accu (sekring utama).

Jalur Kiprok Motor Yamaha

Hitam berfungsi sebagai massa (-)
Putih berfungsi sebagai jalur pengisian dari spul magnet.
Kuning berfungsi sebagai jalur penerangan lampu utama yang bersumber dari spul magnet.
Merah berfungsi sebagai jalur arus listrik (+) dari accu (sekring utama).



jalur kabel kiprok yamaha


Jalur kiprok Motor Suzuki

Hitam / Putih berfungsi sebagai massa (-)
Putih / Merah berfungsi sebagai jalur pengisian dari spul magnet.
Kuning / Putih berfungsi sebagai jalur penerangan lampu utama yang bersumber dari spul magnet.
Merah berfungsi sebagai jalur arus listrik (+) dari accu (sekring utama).

Jalur Kiprok Kawasaki

Hitam / Kuning berfungsi sebagai massa (-)
Biru / Putih berfungsi sebagai jalur pengisian dari spul magnet.
Kuning berfungsi sebagai jalur penerangan lampu utama yang bersumber dari spul magnet.
Putih Hitam berfungsi sebagai jalur arus listrik (+) dari accu (sekring utama).


jalur kiprok kawasaki




Dari keempat pabrikan diatas, sebenarnya jalur kiproknya sama cuman yang membedakannya hanya pada warna kebel yang terdapat disoketan kiprok. Jalur kiprok antara honda dan yamaha bisa dikatakan beda tipis (beti) karena pembedanya hanya warna kabel massa dari kedua pabrikan tersebut, sementara untuk kawasaki dan suzuki perbedaan warna akan sangat mencolok.
Jadi apakah dari empat pabrikan sepeda motor tersebut bisa dilakukan substitusi / kanibal jika spare part yang dicari tidak ada dipasaran ? jawabannya iya, bisa dilakukan subtitusi tanpa merubah jalur kiprok. Tapi perlu diingat untuk kiprok Ac sepeda motor honda mempunyai jalur, untuk lebih jelasnya ini gambarnya.


Untuk model matic dan bebek karbu baru (blade / revo 110) bisa plug and play / copot pasang tapi untuk bebek lama (supra 100, grand, legenda, revo 100) tidak bisa dan tidak boleh dipasang, pada motor matic dan bebek karbu baru karena adanya perbedaan jalur accu. Jika dipaksakan dijamin akan terjadi konsleting / hubungan arus pendek pada jalur kiprok.

Untuk penerangan dan pengisian DC, kayaknya buat next time aja ya bro. Karena gua sudah ngantuk bingit, akhir kata channel youtube gua di subcriebe ngapa dari pada bengong – bengong bae... he.... Jangan lupa safety first keep riding no arogan salam satu aspal...

Posting Komentar

17 Komentar

  1. Blok yang keren..Sobat...ilmu/tulisan sobat sangat bermanfaat ...semoga menjadi amal Jariyah dan mendapat balasan yg lebih dari allah swt, amin...
    Salam...

    BalasHapus
  2. Yamaha dan honda mhon di koreksi... honda kbel masa hijau. Yamaha hitam

    BalasHapus
  3. trimakasih agan yg baik hati.
    dpat mnambah wawasan saya.
    salam sebai bloger....

    BalasHapus
  4. tapi kiprok pny ane warnanya laen bro ,putih garis biru.hitam garis biru.coklat.dan biru garis putih, tu yg bikn pusing bro trs biar motor bisa nyala warna putih garis biru & cokelat dismbung kabel fulser dari cdi klo bro tau solusinya ane nggk prlu repot² bawa ke bengkel...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalur dari kiprok tidak ada yang menuju pulser.

      Hapus
  5. yamaha mio lama kalo dipasang kiprok grand apa bisa ?

    BalasHapus
  6. Kalo kabel soket yamaha ketukar warna putih ke kuning....kuning ke putih apa kiprok bisa rusak gan??

    BalasHapus
  7. Mohon dikoreksi itu klau orang awam bisa anda bodohi gambar di atas yamaha dan honda emng udh benar...itu bisa merugikan bagi yg awam mohon dikoreksi sebelum bikin artikel....🙏🙏🙏🙏🙏🙏

    BalasHapus
  8. Kalo yang masih awam dengan kode warna kabel, tinggal pas kan posisi kabel pada soket saja, ridak usah baca kode warna.
    Itu jurus yang paling gampang, karna kalo kita membeli soket baru, rata" warna kabel beda.

    BalasHapus
  9. Om klo masalah rubah dudukan kiprok masih sama sama yamaha cuma geser kabel doang mah apa berpengaruh?

    BalasHapus
  10. Bos Kawasaki sama Yamaha sama y bos jalur yh

    BalasHapus
  11. mas posisi kiproknya tertukar tu.
    harusnya yamaha di sebelah kanan.
    soalnya kabel ground yamaha warna hitam mas.
    mohon di perbaiki ya Mas biar teman teman yang lain tidak keliru mksh.

    BalasHapus