Apasih Penyebab Loss Kompresi, dan Cara Mengatasinya


Sejeworks – Sering kali sepeda motor mati mendadak saat posisi turun gas, padahal kalau dilihat umur kendaraan paling belum sampai satu tahun. Atau sepeda motor lama tidak digunakan alias dibiarkan nganggur giliran mau dipakai malah ngga mau hidup. Padahal sudah pakai elektrik starter berkali – kali sampai accu mau soak / ngedrop dan sudah pakai kick starter alias diengkol sampai – sampai kaki terasa mau copot. Tapi tetep saja motor ngga mau hidup, buat para bro yang agak peka saat memakai kick starter biasanya akan mengalami perbedaan beban engkol atau tekanan kompresi yang biasanya besar tiba – tiba loss compresi (hilang kompresi).

penyebab loss kompresi


Untuk itu check it dot biar jelas apa itu loss kompresi ? apa penyebab loss kompresi ? cara mengatasi loss kompresi ? dan ciri – ciri loss kompresi ? apa perbedaan antara loss kompresi dan bocor kompresi ?  karena gua lagi baik hati tidak sombong. Jadi kita omongin sampai kelar dan sukur – sukur memecahkan tanda tanya yang ada dibenak pikiran lo he....

Apa itu Loss Kompresi dan Bocor Kompresi


Loss Kompresi sebenarnya berasal dari kata Lost dan Compression, tapi jika penulisannya jadi ke Inggris gado – gado Indonesia gua nggak tau yang pertama kali nulis tulisan tersebut dipencarian mbah jambrong he... he...  Balik lagi ke kata Lost dan Compression, ‘Lost berarti hilang’ dan ‘Compression berarti kompresi atau tekanan’. Jadi secara utuh adalah hilangnya tekanan semantara yang dihasilkan oleh piston diruang bakar pada sebuah mesin sepeda motor. Apasih akibatnya ? ya jelas sepeda motor tidak akan bisa dihidupkan karena Kompresi salah satu syarat hidupnya sepeda motor.

Bandingkan dengan foto diatas

head silinder





Selain itu ada juga bocor kompresi, sebenarnya hampir sama pengertiannya cuman bedanya kalau loss kompresi ‘ tidak ada tekanan sama sekali dari piston tapi terjadi hanya sementara’. Sedangkan bocor kompresi ‘melemahnya tekanan kompresi dari piston secara bertahap atau berangsur – angsur dan dalam waktu yang lama’. Jadi lamanya waktu menjadi letak perbedaan dari kedua istilah tersebut.  

Cara Mengatasi Loss Kompresi dan Bocor Kompresi

Loss kompresi dan bocor kompresi sering kali terjadi pada sepeda motor, jika yang terjadi hanya loss kompresi maka caranya sangat lah gampang sekali yaitu dengan memasukan oli mesin ke ruang bakar lewat lubang busi. Tapi jika yang terjadi bocor kompresi atau loss kompresi stadium parah he...  maka solusinya bongkar mesin atas dengan melakukan skir klep dan pengggantian pada sil klep dan part – part lainnya.


Untuk motor matic ini bro, yang yang biasa mengalami loss kompresi di jalan raya ngga perlu panik pakai banget bro. Langkah pertama pinggirkan sepeda motor agar tidak mengganggu kendaraan lain.

- Posisikan sepada motor pada posisi standar tengah, coba pakai kick starter atau engkol dahulu sambil merasakan apakah ada tekanan kompresi saat mengengkol sepeda motor.
Kemudian buka grip gas secara penuh, jangan lupa kunci kontak posisi On sambil melakukan kick starter atau elektrik starter. Tujuan grip gas dibuka secara penuh agar bahan bakar yang masuk keruang bakar menjadi lebih maksimal.

- Jika sepeda motor belum juga hidup coba biarkan sampai kondisi suhu mesin menjadi dingin, selanjutnya lakukan proses diatas kembali.

- Tapi sering kali jurus – jurus diatas tidak ampuh maka perlu memakai jurus yang ketiga he... yaitu dengan memberi oli mesin (baru / bukan bekas) sebanyak satu sendok makan kedalam ruang bakar.

- Caranya copot busi dari mesin, sehingga akan terlihat lubang busi kemudian masukan oli mesin kedalam ruang bakar, cara memasukannya bisa memakai botol bekas oli gardan yang disambung dengan selang.

- Setelah itu engkol – engkol / kick starter dengan catatan busi belum dipasang pada mesin, jika dipasang pada mesin maka beban kompresi terlalu besar sehingga piston atau silinder comp bisa pecah.

Penyebab Loss Kompresi dan Bocor Kompresi Sepeda Motor

Klep In dan Ex Bocor
Kebocoran pada klep masuk dan klep buang terjadi karena adanya kerak karbon yang menumpuk sehingga lubang klep tersebut akan ditutupi kerak karbon. Akibat dari penumpukan kerak karbon disekitar lubang klep tersebut maka payung klep (valve) tidak akan tertutup dengan sempurna di dudukan klep (lubang klep).

Selain berasal dari kerak karbon kebocoran kompresi juga diakibatkan dari piston dan payung klep yang bertubrukan (piston dan klep nabrak) sehingga klep menjadi bengkok. Hal ini terjadi bisa karena timing yang tidak pas / gear sentrik yang loncat.  Kok gear sentrik bisa loncat ? jelas bisa bro, sebabnya karena adanya kerusakan dibagian keteng / rantai mesin dan lifter assy tensioner (penonjok keteng).

Piston dan Silinder Comp Rusak
Nah yang ini penyebab loss kompresi yang paling sering terjadi, yaitu motor 4 tak yang ngebul putih. Piston dan Silinder Comp yang rusak menyebabkan loss kompresi karena oli mesin yang seharusnya tidak masuk keruang bakar, malah rembes keruang bakar dan ikut terbakar dan bahan bakar. Jadi kesimpulannya jika sepeda motor mengalami kerusakan pada piston set (termasuk ring piston) dan silinder comp akan mengalami kebocoran kompresi, suara mesin kasar dan motor menjadi ngebul putih.     

Ring Piston Sudah Mulai Aus
Ring piston alias ring seher atau cincin torak dan masih banyak lagi sebutannya mengalami keausan / sudah mulai lemah akan menjadi penyebab terjadinya loss kompresi. Meskipun kondisi piston dan silinder comp masih mulus tanpa adanya kerusakan / mbaret, tapi belum tentu ring pistonnya mulus juga. Memang secara kasat mata tidak akan terlihat tapi tenang masih bisa diprediksi lho bro, yaitu dengan mengecek kebocoran dari klep in dan ex. Jika tidak ada kebocoran pada klep in dan ex, kemudian keadaan piston dan silinder comp mulus ngga lecet maka bisa dipastikan penyebab kebocoran kompresi berasal dari ring piston tersebut.

Ukuran Stelan Klep yang Terlalu Rapat
Apakah stelan klep juga berpengaruh ? jelas banget sangat berpengaruh bro, kadang kala ada sebut saja oknum ya bro, yang main stel – stel saja tanpa mengetahui standart ukuran klep motor tersebut. Kalau terlalu longgar maka ada noise / bunyi di daerah klep dan jika dibiarkan begitu saja maka komponen di sekitar klep tersebut akan rusak karena adanya benturan yang lebih keras jika memakai ukuran celah klep standart. Sebaliknya jika stelan klep terlalu rapet maka akan mengakibatkan kebocoran kompresi karena klep selalu dalam keadaan tertekan tanpa adanya kondisi netral tanpa tekanan.

Ciri – Ciri Motor Loss Kompresi dan Kompresi Bocor

Sebenarnya untuk mengetahui loss kompresi dan bocor kompresi harus memakai alat bro julukannya Compression Tester. Tapi jika tidak mempunyai alat tersebut bisa memanfaatkan jempol tester dan kaki tester he...





Cara cukup mudah yaitu pastikan kunci kontak posisi Off, kemudian lepas busi dan tutup lubang busi dengan jempol atau jari telunjuk sampai lubang tersebut rapat. Kemudian lakukan kick starter atau engkol, jika tidak bisa dilakukan sendiri maka lakukan dengan dua orang ngga perlu satu kelurahan ya bro...

Ok bro untu memper jelas apa itu skip kelp check it dot videonya jangan lupa subscribe ya.... he...



Berhubung tulisan gua sudah kaya cerpen jadi gua udahin dulu, jika menurut lo bermanfaat bagikan ke komunitas lo, salam satu aspal .... safety first & keep riding no arogan.. wor... wor..

Posting Komentar

11 Komentar

  1. itu yang di kasi oli lubangnya lalu di tutup kagak bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bro tutup dulu pake jari stater pake kick stater trs bru pasang businya trs stater lgi

      Hapus
  2. Bermanfaat barusan sayarngalaminya

    BalasHapus
  3. bahaya ga om kalau dibiarin gtu aja?

    BalasHapus
  4. motor ana sering banget gtu. g isa ilang permanen tah?

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum mas knp motor tiba tiba mati dan tdk mau lg bunyi padahal kelistrikan ada

    BalasHapus
  6. makasih gan, var tek saya juga mengalami hal yang sama. dan kata teknisi yang saya jumpai bahwa saya sudah terminum oli palsu. apakah saya harus ganti tiang sokar atau tidak gan?

    BalasHapus
  7. Kata bengkel motor saya lost kompresi dan katanya harus turun mesin yg biaya lumayan mahal .apa betul bang harus turun mesin ?

    BalasHapus