Buat Bikers Suzuki bro, Cara Ganti Komstir Suzuki Satria FU


Sejeworks – Selamat datang para bro, semua buat kali ini yang mau diomongin sepeda motor pabrikan berlogo ‘ S ’ bukan superman ya bro tapi suzuki. Lebih tepatnya Suzuki Satria FU 150, ya walaupun sekarang sudah rengkarnasi menjadi Satria F150 Injeksi tapi para pemakai setianya masih banyak dan ikut memadati jalan raya.

Karena usia dari Satria FU kebanyakan sudah mulai kenyang menghadapi terjalnya jalan raya, alhasil keadaan komstir sudah mulai aus bahkan rusak. Mau ngga mau harus mengganti komstir tersebut untuk faktor keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Maksud dari aman dan nyaman apaan bro ? ya begini, komstrir yang mulai rusak / aus biasanya saat kendaraan dijalankan akan ngebanting. Semisal sepeda motor dibawa buat jalan lurus maka kendaraan akan serasa mau belok sendiri entah ke posisi kanan atau posisi kiri.


suzuki parts


Walaupun komstir salah satu komponen safety tapi para biker sering kali menomor tigakan bahkan kadang ngga tahu sama sekali, padahal dia telah berjuang meski tak terlihat dimatamu.... wk... wk... Ini bro penampakan komstir Suzuki Satria FU, mengenai harganya sekitar Rp 180.000 (harga bisa berubah).

Sering kali untuk memperbaiki komstir yang dilakukan hanya menyetel stelan kekencangan komstir tersebut, memang penyetelan adalah cara termudah dan termurah he.... Tapi hal ini tidak bisa dijadikan penyelesain untuk merperbaiki keadaan komstir tersebut.  

Ciri – Ciri Komstir Suzuki Satria Mulai Rusak

Sebenarnya artikel tentang ciri – ciri komstir rusak pernah gua bikin tapi kita ulas sedikit ya bro...

Saat sepeda motor berjalan akan susah dikendalikan baik untuk jalan lurus maupun berbelok karena posisi stang kemudi sering kali melawan arah.

Adanya suara pada bagian stang, biasanya suara tersebut akan berbunyi ketika posisi rm depan atau saat melewati jalanan berlobang.

Stang kemudi akan terasa berat karena bagian mangkok dan pelor sering kali berkarat jika telah berumur lebih dari 2 tahun.

Stang kemudi terasa oblak dan mau copot, hal ini pertanda stelan komstir terlalu kendor sehinga ada jarak antara mangkokan komstir.

Apasih Penyebab Komstir Rusak

Usia pakai dari kendaraan tersebut, karena secara otomatis semakin sering dipakai komponen – komponen sepeda motor akan mulai aus. Kalau mau awet ya jangan dipakai he... just guyon bro he...
Jalan yang terjal dan berliku, ya mirip lagunya iwan fals he.... semakin sering sepeda motor melewati jalan yang terjal maka akan sangat mempengaruhi keadaan komstir tersebut.

Cara Mengganti Komstir Suzuki Satria FU 150


Peralatan yang disiapkan

Palu
Obeng Min Besar (sebagai pahat)
Obeng Min Kecil (stelan angin)
Obeng Plus Sedang
Dongkrak
Kunci Shock Ukuran 30 mm
Kunci ring 8,10 dan 12
Kunci ring 14 dan 17
Kunci L bintang 6
Kunci L 5

Bahan yang diperlukan

Komstir
Grease (gemuk)

Proses Pengerjaan

Copot cover lampu depan dengan menggunakan obeng plus dan kunci ring 10.
Pasang dongkrak dan lepaskan roda depan dengan menggunakan kunci ring 14 dan 17, gunakan L5 dan kunci ring 8 untuk melepaskan spakbor depan.

Selanjutnya lepaskan kaliper rem dari shock depan memakai kunci L bintang 6 dan shock depan dengan menggunakan kunci ring 12 dengan  jumlah baud ada 6.

Setelah shock depan terlepas, gunakan kunci shock 30 mm untuk melepas segitiga atas dan biarkan stang tertempel pada segitiga agar lebih ringkas. Kemudian gantung dengan tali segitiga atas tersebut atau taruh pada bagian sasis.

Kendorkan stelan komstir agar segitiga bawah terlepas, biasanya pelor baja akan mulai berjatuhan satu per satu. Setelah itu lepas mangkokan komstir dengan menggunakan pipa bekas as shock atau menggunakan kunci T dengan cara menggetoknya dengan arah dari belakang masing – masing mangkokan.


cara ganti komstir



Kemudian pasang mangkokan komstir ke bagian sasis, caranya getok menggunakan palu dan dengan menggunakan mangkokan bekas sebagai media batalan. Sementara untuk mangkokan yang menempel pada segitiga lepas dengan cara memahatnya, usahakan berdua bro... biar kuat menghadapi cobaan ha.... ha.... cara pasangnya sama dengan memanfaatkan mangkokan bekas sebagai bantalan pukul.

Langkah selanjutnya adalah menata bola baja alias pelor pada dudukan komstir dan jangan lupa memberi greas / gemuk sebagai pelumas padat. Dan pilih greas yang terbaik jangan asal bro, karena ini mempengaruhi hasil kerja.

Ok setelah tertata rapi tidak ada yang bolong antara bola baja, tinggal pasang segitiga kebagian sasis dan jangan sampai bola baja meloncat dari mangkokan komstir.

Sedikit informasi jumlah bola baja ada 50 pcs jika komstir tersebut mempunyai bola baja yang terpisah. Tapi ada juga yang mempunyai bola baja model renteng satu set dengan dudukannya, pertanyaannya mana yang asli ? nah untuk ini gua ngga bisa ngomong pasti. Tapi kemungkinan yang harganya mahal itu yang asli he... he... harga bawa rupa.

Setelah segitiga terpasang di sasis, selanjutnya lakukan penyetelan pada stelan komstir cari posisi terringan dan tidak oblak. Pasang segitiga atas dan langsung kencangkan dengan mur 30.

Langkah selanjutnya finishing pada komponen – komponen yang tadi dicopot, pasang kembali secara terbalik dari proses pembongkaran.   


Biar ada gambaran ini bro gua kasih video yang apa adanya jangan lupa subscribe lho... check it dot.




Ok kayaknya gua sudah kehabisan kata – kata, so safety first & keep riding no arogan salam satu aspal.. wor.... wor...

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Mau tanya gan,komstir satria fu injeksi apa sama dengan satria fu karbu?

    BalasHapus