Ini Bro, Cara Ganti Kanvas Rem Depan Honda CBR150R, CB150R, Tiger, Verza dan MegaPRO New


Sejeworks – Selamat datang para bro semua, kali ini yang mau diomongin tentang trik ganti kanvas rem cakram depan Honda CBR150R thailand, CBR150 Lokal, New CBR150R, CB150R, New CB150R, New Megapro, Verza dan Tiger Revo. Et ... dah banyak amat ya bro.... ya itung – itung ini bonus buat lo, soalnya pabrikan Honda membuat kanvas rem dengan model yang sama pada tipe motor batangan diatas. Jadi secara otomatis bisa dilakukan substitusi alias oplosan, tapi tidak memabukan he...

cara ganti kanvas rem depan


Saat mengganti kanvas rem usahakan jangan sampai membuang part / komponen yang terdapat pada caliper / kepala babi, contohnya palat tembaga (spring pad), sil braket. Karena kedua part ini sering kali diabaikan atau malah dianggap tak berguna, dan ujung – ujungnya sistem pengereman bekerja menjadi tidak meksimal. Jadi simak dengan benar tulisan dan video dibawah ini, sukur – sukur dibaca dengan bolak – balik sampai khatam he....

Alat dan Bahan yang Diperlukan Ganti Kanvas Rem Depan


Tang Biasa
Kunci T8
Tang Sirklip Ex
Kunci L bintang 6
Obeng Min (-) besar
Greas / Gemuk
Amplas
Kain Lap
Kanvas Rem Baru

Cara Mengganti Kanvas Rem Depan Honda CBR, CB, Verza, dan Tiger


Dari motor batangan honda diatas bisa dilakukan dengan cara yang sama, yaitu pastikan dulu motornya ada he.... jika sudah ada pastikan juga sudah sarapan biar kuat menghadapi kenyataan. Anjay ngomong apa gua, guyon ya bro....

Kendorkan baud bintang dan 8 yang menempel dikaliper, untuk baud bintang bisa memakai kunci L bintang. Sementara baud delapan bisa memakai kunci T8, setelah semua kendor tinggal lepas satu persatu.


honda cbr150r



Langkah selanjutnya adalah menarik kebelakang kaliper yang menempel pada piringan cakram, dan tarik keluar kanvas rem (biasanya jatuh sendiri) dengan catatan baud 8 atau pengunci kanvas rem sudah terlepas.

Setelah itu tarik braket caliper keluar, cukup memakai tangan untuk motor yang terawat atau masih baru. Tapi kadang kala akan terasa sangat keras, hal ini terjadi pada sepeda motor yang kurang terawat karena adanya karat pada breket sehingga akan mengunci caliper. Langkah yang paling tepat jika braket keras adalah dengan menyemprotnya dengan cairan penetran dan sejenisnya kemudian buka paksa dengan cara menggetok braket kaliper keluar bisa mengunakan ujung kunci T8. Tapi harus dengan sangat hati – hati, karena resikonya braket kaliper akan bengkok.

Kemudian bersihkan braket kaliper menggunakan amplas dan olesi grease / gemuk yang telah disediakan.

Selanjutnya tekan handel rem secara perlahan agar piston kaliper bergerak keluar tapi jangan sampai copot, tekan sedikit saja atau bisa dilihat dari piston kaliper yang bersih.
Putar piston kaliper memakai tang biasa sambil membersirkannya dari kotoran yang menempel pada bagaian piston caliper tersebut. Setelah piston kaliper bersih maka tekan piston caliper kedalam caliper memakai tang sirklip ex, usahakan sampai mentok di caliper rem.

Pasang kembali braket caliper dan jangan sampai terbalik, ke dalam caliper atau kepala babi. Selanjutnya pasang kanvas rem dan perhatikan dengan teliti karena kedua sisi mempunyai bentuk dan fungsi yang berbeda.

Kanvas rem yang dekat dengan piston mempunyai ujung yang lancip sementara kanvas rem yang berbentuk (U) pada ujungnya berada paling pinggir dan langsung bersinggungan dengan braket rem dan kaliper.

Langkah selanjutnya adalah memasang baud 8 sebagai pengunci kanvas depan dengan kaliper, cara memasang baud 8 tersebut sambil menekan kanvas depan. Agar spring pad (plat tembaga) tidak menekan kanvas depan saat pemasangan baud 8 / pengunci.

Setelah semuanya terpasang dengan sempurna, pasang kaliper ke shock depan. Untuk memudahkan proses ini bisa memakai obeng min (-) besar untuk melonggarkan jarak antar kanvas rem depan.

Langkah terakhir memasang baud bintang dan mengencangkannya, jangan lupa kocok hendel rem agar posisi rem tidak dalam keadaan blong.

Untuk lebih jelasnya ini videonya bro, jangan lupa subscribe dulu biar next episode gua bikinin lagi wk... wk... ngarep banget...




Ok bro, sudah jelaskan ? jadi lo tinggal eksekusi sendiri. Seperti biasa safety first & keep riding no arogan salam satu aspal...  wor... wor..

Posting Komentar

2 Komentar