Sejeworks – Kuras tangki, apa fungsi atau manfaatnya ?
berapa harga jasanya ? kapan dilakukannya ? buset dah tanda tanya banyak amat
bro... Lagi kenapa bro, datang temen ya... he.... Sebenarnya pertanyaan diatas
mewakili pertanyaan para bro, terutama yang memakai motor batangan. Kalau yang
punya motor bebek atau matic sih kayaknya asing ditelinga, tapi jangan salah
yang punya motor matic atau bebek juga harus tahu. Karena sering kali para
biker menganggap remeh hal ini dan akibatnya sangat fatal sekali, mulai dari fuel
pump yang rusak dan tangki bensin yang bolong dan berkarat. Apakah itu saja
ngga juga bro untuk lebih lengkapnya baca sampai tuntas- tas.
Fungsi Kuras Tangki
Kuras tangki bahan bakar berfungsi untuk membersihkan
bahan bakar bisa dikatakan bensin entah pertalite, pertamax, atau premium yang
kemungkinan telah tercampur dengan zat atau cairan asing didalam tangki. Sering
kali air masuk ke dalam tangki ahan bakar pada sepeda motor, terutama jenis
batangan atau motor sport yang tangki bahan bakarnya berada diluar. Akibatnya
air hujan akan masuk secara perlahan kedalam tangki bahan bakar dan lebih
parahnya lagi air sabun karena terlalu sering kali di cuci steam tanpa ba...
bi... bu... atau main semprot aja.
Sebaiknya saat menyemprot atau mencuci disekitar tangki
bensin hindari daerah tutup tangki karena kemungkinan besar air akan masuk
kedalam tangki bensin. Kenapa begitu bro ? karena serapat – rapatnya tutup
tangki pasti masih ada lubang pernafasan tutup tangki, walaupun hanya sebesar
jarum.
Kapankah Sebaiknya Dilakukan Kuras Tangki
Secara umum lakukan kuras tangki per 10.000 km atau satu
tahun sekali, dan berapakah harga jasa kuras tangki dibengkel sepeda motor ?
sebenarnya tiap bengkel memberi harga yang berbeda tergantung lokasi bengkel
dan jenis kendaraannya. Tapi sebagian besar memberi harga sekitar Rp 30 – 50
ribu rupiah, dan mungkin ada yang lebih.
Apasih Akibatnya Jika Tidak Kuras Tangki Bahan Bakar
Tangki Bahan Bakar Keropos dan Berkarat
Untuk pengguna motor batangan pasti ini bukan hal yang
aneh, bensin yang bocor dibagian samping bawah tangki. Tambal sana tambal sini
bukan hal yang aneh, pokoknya berbagai cara akan ditempuh he... he.... untuk
motor karburator hal ini tidak terlalu ekstream. Karena dampaknya paling hanya
tangki yang bermasalah tapi untuk motor karburator jika tangki bahan bakar
berkarat dan sampai keropos maka sisa karat akan menempel pada bahan bakar
kemudian masuk ke fuel pump kemudian ke selang bahan bakar dan akhirnya
injektor mengalami kerusakan karena mampet. Et... dah mantep benernya bro....
ngga percaya ini gua kasih jepretannya, check it dot....
Injektor dan Selang Bahan Bakar Mampet
Ini sebenarnya dampak lanjutan dan paling terakhir
terjadi, tapi gua kasih dinomor 2 karena dibagian bawah gua mau ngomongin
tentang fuel pump secara gamblang he.... Untuk kerusakan pada injektor dan
selang bahan bakar bakar bisanya terjadi pada tangki bahan bakar yang bagian
dalamnya menglami keropos yang sangat parah, dan fuel pump atau pompa bahan
bakar yang telah habis 2 buah dalam setahun he.... mantep ngga tuh... jadi
kalau lo belum ngerasain jangan dicoba kecerobohannya ya bro... lakukan kuras tangki bahan bakar setidaknya
setahun sekali.
Sepeda Motor Sering Mogok dan Mbrebet
Untuk motor injeksi jika speda motor sering mogok bisa
ditandai dengan adanya kedipan MIL, lampu indikator pada spido meter akan
menyala jika adanya kode kerusakan yang tersimpan di dalam ECU atau ECM. Tapi
jika sepeda motor sering mogok dan tidak ada kedipan pada lampu indikator maka
kemungkinan besar tangki bensin kemasukan air.
Sementara untuk motor karburator pun akan mengalami hal
yang sama yaitu motor sering mogok dan tarikan tersendat – sendat entah pada
saat gas tinggi ataupun gas rendah. Bisa juga saat kondisi langsam / stasioner
motor bisa hidup tapi saat tarik gas, motor mendadak mati.
Fuel Pump Rusak
Harga fuel pump memang ngga seberapa dengan harga motor
bro, untumu kui sing akeh kawate (gigimu itu yang banyak kawatnya) ... he...
tapi ya rada bikin pegel saraf otak bro. Ya kisaran Rp 500.000 – 1.500.000
tergantung jenis motornya, itu estimasi doang validnya langsung cek sendiri ya
bro ke toko bangunan et.. dah.... toko spare part sepeda motor atau bengkel
motor.
Ciri – Ciri Fuel Pump Rusak
Tekan Fuel Pump Kurang dari Standart
Untuk mengetahui fuel pump yang rusak sebenarnya harus
memakai alat spesial yaitu Pressure Guage, yaitu alat untuk mengetahui seberapa
besar tekanan bahan bakar yang dipompa oleh fuel pump. Cara memakainya
sebenarnya gampang – gampang susah pertam harus tahu tekanan standar sepeda
motor contoh Honda Beat FI 294 Kpa sementara Yamaha Mio J 316 Kpa. Tapi tenang
bro lo bisa main feeling alias tebak – tebakan he....
Sepeda Motor Ngempos
Ngempos disini diartikan gas kosong tidak nyangkut atau
saat buka gas respon kecepatan dan tenaganya sangat minim, nggak ada tenaganya
gas mentok hanya 60 km untuk nambah sangat berat. Malah kadang untuk pompa
bahan bakar yang sudah parah gas mentok sepeda motor akan berjalan hanya pada
40 km.
Motor Sering Mogok
Sepeda motor akan sering mogok jika sudah berjalan agak
jauh, maksudnya saat kondisi motor mulai panas kinerja fuel pump akan mulai
loyo sehingga motor akan mogok berkali – kali. Tapi jika keadaan fuel pump
rusak parah maka motor akan susah dihidupkan atau malah tidak bisa dihidupkan
sama sekali.
Cara memperbaiki Fuel Pump
Sebenarnya untuk memperbaiki perangkat elekronikal
lumayan penuh resiko, dan sering kali hanya buang duit sementara hasil yang
diinginkan hanya sebisanya atau tidak maksimal. Saran gua mending ganti saja
tapi harganya yaitu bikin mata melotot, tapi jika kerusakan berasal dari
pressure regulator atau mesin pompanya maka sekarang sudah ada produk after
market yang menjual mesinnya saja. Cuman nyarinya harus sabar karena barangnya
masih susah dicari, kekurangannya biasanya tekanan fuel pump tidak seperti
standart pabrikan. Ini sampel barangnya bro...
Tapi kalau kerusakannya ada pada soketan kabel ini lain
cerita bro, he.... untuk mengetahui tekan fuel pump bisa melihat video ini bro,
check it dot...
Ok bro sekian dulunya, jangan lupa bagikan keteman atau
komunitas lo biar tetap makyos bin yahud motornya. Akhir kata safety first
& keep riding no arogan, salm satu aspal... wor... wor..
Komentar
Posting Komentar