Knalpot Satria Fu Sering Nembak Saat Turun Gas, Ini Solusinya


Sejeworks – Suzuki Satria FU sering nembak saat turun gas ? apasih penyebabnya. Sebenarnya artikel sejenis pernah gua bikinin tapi untuk sepeda motor matic, nah kali ini gua khususkan buat para pengguna motornya cabe rawit... et dah apa lagi itu ??...

Secara performa Suzuki Satria FU 150 tidak bisa diragukan, dengan modal mesin 150 cc DOHC dan bodynya yang ramping menjadikanya lincah di jalan raya. Meski begitu namanya sepeda motor pasti ada saja penyakitnya apalagi saat menginjak 5 tahun keatas. Seperti adanya suara letupan pada knalpot alias knalpot nembak saat posisi turun gas.

Penyebab Knalpot Suzuki Satrai FU 150 Nembak


Bagi sepeda motor tipe karburator yang telah memakai teknologi PAIR (pulsed secondary air injection) pasti akan mengalami knalpot nembak. Apakah bisa membahanyakan mesin ? tergantung penyebab utamanya, jika knalpot nembak / back fire diakibatkan karena pembakaran yang terlalu awal. Kerusakan paling ringan hanya overheating (panas berlebih) sedangkan untuk kerusakan terparah adalah stang seher / connecting rod bengkok, ya ngeri – ngeri sedap kan bo.....

Jika penyebabnya adanya kerusakan di Sistem Pair risikonya hanya budeg saja dikuping dan sedikit malu alias isin he.... tapi kali ini kita ngga akan ngomongin secara full karena sudah pernah gua bikinin, jadi cari sendiri saja bro di pencaraian blog paling keren ini he.... soalnya linknya gua juga lupa he... he...

Apa sih fungsi PAIR alias SAS (secondary air system) yaitu komponen yng berfungsi untuk menambahkan udara segar lewat filter udara kemudian dialirkan melalui membran dan selang pair ke dalam lubang pembuangan exhaoust, sehingga udara bersih O2 akan bercampur dengan gas buang. Tujuannya dari sistem tersebut untuk mengurangi kadar emisis gas buang sehingga lebih ramah lingkungan.

Tapi setelah sekian lama sepeda motor digunakan maka komponen tersebut akan mulai aus, akibatnya kinerja PAIR menjadi tidak maksimal. Dan penyebab lainnya juga adanya penumpukan karbon pada membran sperti gambar dibawah ini bro...   


knalpot nembak



Solusi Knalpot Suzuki Satria FU 150 Nembak


Nah seperti yang gua omongin diatas penyebabnya adanya kerusakan pada Sistem PAIR, mulai dari selang besar dan selang kecilnya kemudian membran atu reed valve dan stoper plate. Langkah pertama cek selang kecil dari PAIR menuju manifold pastikan tidak ada yang retak atau bolong, setelah itu cek juga selang besar dari PAIR menuju filter udara apakah adanya retakan pada selang tersebut.

Bersihkan membran (reed valve dan stoper plate) dari kerak kerbon sampai benar – benar bersih, kemudian pasang kembali membran jangan lupa lapisi dengan three bond atau siler agar tidak ada kebocoran pada PAIR. Dan tutup selang besar menuju filter dengan baud, ya walaupun ini sebenarnya menutup udara bersih masuk kedalam PAIR.


karbu nembak



Ok bro sekian dulu ya, kalau bermanfaat dishare ya bro dikomunitasmu. Jangan lupa safety firts & keep riding no arogan, salam satu aspal. Wor.... wor...

Komentar