Wajib Tahu Bro, Apa Itu Pulser ? Kerusakan dan Cara Mengatasinya


Sejeworks – Ngomongin Spul Pulser berarti lo siap dibikin pusing dibuatnya, dan ujung – ujugnya cek kelistrikan. Komponen ini kecil sembunyi disekitar magnet dan perannya sangat vital bagi kelangsungan hidupnya sepeda motor he... he.. Untuk kali ini yang mau di omongin yaitu spul pulser, dari fungsinya ? warna kabelnya ? tempat nongkrongnya ? sampai sampai tanda tanda minta di lem biru ?. Biar lebih jelas baca sampai kelar ya bro, kalau bingung komen aja di tempatnya yusuf dan subscribe ya..

Fungsi dan Pengertian Pulser Motor


Pulser atau pick up coil alias spul pulser dan masih banyak lagi sebutannya adalah komponen yang berfungsi untuk menentukan waktu pengapian kepada CDI (Capasitor Discharge Ignition) atau ECU (Engine Control Unit) dengan cara mengirimkan sinyal ke SCR, kemudian memerintahkan SCR untuk membuka kapasitor dan melepaskannya.

Bahasa bengkelnya begini bro, pulser mengirimkan sinyal ke CDI untuk memercikan api di busi, setelah tonjolan magnet melewatinya sebagai pertanda piston akan bergerak ke Titik Mati Atas. Supaya apa bro ? agar tertib / urut waktu pengapian, jadi saat bahan bakar di kompresi maka busi memercikan api sehingga menjadi tenaga untuk menggerakan sepeda motor.  

Contoh Pulser Honda Supra X 125

how to alternator motorcycle



Perbedaan antara spul pulser dengan spul pengisian, penerangan dan pengapian terletak pada cara membangkitkan energi listrik. Untuk spul pengisian, penerangan dan pengapian energi listrik dibangkitkan jika suatu lilitan kawat atau kumparan dilitkan pada besi lunak (karen) kemudian dipotong oleh gaya medan magnet. Sedangkan pulser adalah kumparan yang diletakan diatas medan magnet dengan diameter kabel yang sangat kecil yaitu 0,01 mm atau lebih kecil lagi.   

Warna Kabel dan Posisi Pulser Motor

Setiap pabrikan sepeda motor memberi warana yang berbedapada tiap – tiap produknya, jadi mau ngga mau dan suka ngga suka lo pada nyasar dimari he... Untuk motor karburator dengan injeksi ada beberapa perbedaan warna kabel Pulser atau CKP (Crankcase Position), tapi buat kali ini yang mau dibahas karburator dulu bro, kalau injeksi takut salah omong malu sama Valentino Rosi he... he...

Yamaha kabel pulser berwarna Pink dan Putih
Honda kabel pulser berwarna Biru / Kuning
Suzuki kabel pulser berwarna Biru / Kuning


Pulser Yamaha Jupiter MX

yamaha alternator


Sedangkan untuk posisi pulser semua tipe motor sport dan bebek terlatak di dalam blok magnet sebelah kiri saat posisi berkendara, sedangkan untuk matic terlatak di sebalah kanan di balik radiator atau kipas pendingin.

Cara Mengukur Pulser dengan Avometer

Sebenarnya untuk memperoleh hasil yang maksimal alias tepat tanpa ragu – ragu lagi maka sebaiknya memakai alat yang bernama Peak Voltage Adaptor dan Avo meter yang digabungkan pada badian probe poasitif dan negatif. Peak voltage berfungsi untuk merubah arus AC menjadi DC sebelum tegangan dari sul dibaca oleh Avometer. Tapi sayangnya yang punya Peak Voltage kebanyakan bengkel resmi, dan individu jarang pada tahu bentuk dan cara memakainya ditambah lagi harus tahu ukuran tegangan puncak pulser apa nggak tambah pusing tu kepala he... Ngomongin tegang puncak pulser setiap sepada motor mempunyai perbedaan tapi gebug ratanya minimal 0,7 volt jika kurang dari angka tersebut maka spul pulser perlu diganti.

Jika hanya bermodal avometer maka gua saranin cek saja hambatanya / tahanannya caranya yaitu :

- Pastikan avometernya ada atau bisa pinjem tapi jangan nyolong ya bro dosa he... dan pastikan juga lo bisa memakainya kalau ngga bisa makai, setidaknya kau telah berusaha meski tak terlihat dimataku he...

- Kemudian putar selector ke Ohm meter dengan skala x 100.
Setelah itu tempelkan probe merah (+) pada kabel pulser utama dan probe hitam (-) pada kable pulser kedua jika pulser tersebut memakai dua kabel, dibawah contohnya punya Yamaha. Tapi jika kabel pulser hanya satu maka salah satu probe tempelkan pada baud mesin (-) dan jangan pada blok mesin karena terhalang cat, bolak balik saat menghubungkan probe ngga masalah.

- Langkah terakhir, amati hasil pengukuran jika tidak ada menyambung berarti Spul Pulser mati, langsung lempar ganti yang baru. Sementara jika hasil ukur menunjukan lebih dari atau sama dengan 400 ohm, pulser ngga ada masalah. Tapi jika kurang dari 400 ohm maka saran gua lem biru juga, sebaiknya cermati saat mengukur dan jangan sampai bagian probe tersentuh dengan jari kita karena mempengarusi hasil ukur.   

Tanda Tanda Pulser Motor Rusak

Jika pulser dalam kondisi lemah biasanya sepeda motor akan tersendat – sendat dibawa jalan, seperti kehabisan bensin dan sering kali mogok.
Tapi kita pulser sudak rusak atau lilitan kabel temba putus maka sepeda motor tidak bisa dihidupkan sama sekali dan busi tidak akan memercikan api sama sekali.

Ada sebagian sepeda motor yang menggunakan pulser terpisah dari spul magnet, maksudnya ada pin penghubung / soketan tembaga contoh Honda Tiger, Honda Gl neotech. Tapi ada juga yang langsung menggabungkannya dengan spul magnet, jadi kalau cuman ganti pulser otomatis ganti spul magnet. Bagaimana kalau beli Spul Pulser bukan ori, nah ini resiko tanggung penumpang dijamin pasti ada kendala. Dari usia pakai, jarak antara pulser dengan magnet pasti ada perbedaan maka tarikan motor akan berbeda.

Cara Pasang Pulser Motor

- Untuk motor bebek atau sport tidak terlalu rumit biasnya hanya bermodal kunci T8, L5 atau Obeng Plus dan paking blok magnet tentunya untuk mencegah kebocoran oli mesin.

- Langkah pertama tap oli mesin, kemudian buka blok magnet posisi mesin sebelah kiri. Jika perseneling menghalangi bisa dicopot, untuk memudahkan pekerjaan.

- Setelah itu copot spul magnet kunci yang digunakan bervariasi ada yang memakai L5, L4, T8 atau Obeng Plus. Hati – hati gunakan peralatn yang bagus jangan sampai baud tersebut slek, kareana lo sendiri yang kan pusing.

- Langkah terakhir pasang spul pulser pada blok magnet dan pastikan tidak ada paking yang mengalami sobek.

Sementara untuk sepeda motor matic ini lebih ribet, harus buka magnet dan kadang buka radiator, jadi saran gua biar profesional yang menangani ahi.... hi...

Ok bro udahan dulu, gua mau makan biar kuat menghadapi mertua he.... jangan lupa bagikan ke komunitas lo, jika berguna dan mengedukasi. Seperti biasa safety firts, keep riding no arogan salam satu aspal... wor... wor...

Posting Komentar

37 Komentar

  1. Mas.. mau tanya kalau motor saya lexi 2018 kabal pulser berada dimana dan warna kabelnya apa saja, mohon bantuan dan petunjuknya terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Mlm mo nanya ne, sy punya honda supra, udah ganti spul komplit tpi percikan api dri output bobin gk ada padahal udah ganti CDI jga, mhon pencerahannya, thank.

      Hapus
  2. Slamat siang broo
    gua punya honda revo 110cc karbu
    pengapian motor gua ga normal broo
    jadi kalo di gas kecil baik2 ja tapi kali di gas setengah ke atas suara kenalpot nembak2 trus motor mati
    gua dah ganti sepul,kiprok,cdi,kuil,sama busi
    tapi pengapian motor tetep kaya gitu
    apa itu pulsernya yg lemah broo

    BalasHapus
  3. Motor gue karisma bro aki nya normal spull baru tpi api nya nggak timbul api nyaa dri koil nya klo d cek kabel sepulnya nggak ad api nya jga gimana y bro

    BalasHapus
  4. Thaks bang. Simpel mudah di mengerti. Pokok nya 😘😘😘😘

    BalasHapus
  5. Terima kasih banget atas ilmunya,

    BalasHapus
  6. Apakah pulser motor karbu ,bisa dipasang dimotor injeksi?

    BalasHapus
  7. Mas saya mau tanya. Spul saya baru saya ganti. Tpi api nya tidak mau naik ke cdi. Kira kira itu apa masalah nya mas?

    BalasHapus
  8. Misi om agan.ts125 saya mengalami bentar2 mati tiap2 200m mati apakah itu pusat nya di pulser ya tiap motor panas.trimakasih

    BalasHapus
  9. Misi gan numpang nanya sya ganti spul kok pengapian tetap ngga da ya sya udah cek langsung dari soket spul pengisian dan penerangan dtempel kerangka motor percikan tetap tidak ada kira2 apanya ya gan? Mohon infonya

    BalasHapus
  10. Mas mau tanya itu kerenggangan pulser,,yg 0.7 sampai 1,2mm fungsinya buat apa yah,bingung,kalo cuma ngilangin bunyi akibat sentuhan kenapa tdk kasih 0.2 ato apalah yg penting ngga bersentuhan???

    BalasHapus
  11. Misi mas mau tanya motor saya rx special motornya mati terua kalo d engkol knalpotnya ad suara nembak itu apanyq ya

    BalasHapus
  12. Bro mau tanya motor saya yamaha Jupiter Mx bisa gak saya ganti spull yg berbeda gak yg original?

    BalasHapus
  13. Mas mau tannya.. Kalau jupiter z saya g ada apinya blas.. Sedangkan semua di cek bagus dari busi, coil, cdi, sampai spul, tapi saya menemukan ada kabel massa dari aki kebakar, setelah tak sambung tapi juga g ada apinya.. Saya minta solusinya mas... Apa yg harus saya lakukan.. Nuwun

    BalasHapus
  14. gan adaasalah noh udah ganti spul ..sama pulser vixion gua ada apinya ...tp kalo di sambungkan kabel aki gak hidup lg mohon pencerahan

    BalasHapus

  15. Gan ma.af mau tanya...saya habis ganti spul dan pulser .setelah saya pasang..kalo di nyalaain pakek dable starter ndk bisa nyala(ndk keluar percikn api)tp kalo di nyalain pakek manual bisa nyala(keluar percikan apinya)...kira2 apanya ya gan.minta solusinya mksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah yg sama dengan vario110 saya bro.. pake kick starter se x pijak langsung nyala mesin.. tp pake tombol starter api ga ada di cdi..

      Hapus
  16. bos mau nanyak rxs posisi langsam enak tapi bukak gas tidak mau alias mati dari apa kiranya

    BalasHapus
  17. Cara cek pulser gimna bos. Untuk mengetahui pulser bagus apa aus. Tanapa bongakar blok magnet

    BalasHapus
  18. Berarti buat montor Honda Tiger ganti pulser udh lansung sembuh ya gejala nyendat nyendatnya

    BalasHapus
  19. Bro, klo tes spul pulser bisa cuman di engkol ngak. Lihat pengapian aja gitu,

    BalasHapus
  20. Mas bro motor saya CB100 posisi CDI,koil,Spul & pengapian bagus terlihat dari busi berwarna merah bata,tapi saat posisi motor dipake jarak jauh & panas motor mendadak mati kadang setrum hilang kenapa ya?mohon pencerahannya?

    BalasHapus
  21. mau tanya hu...motor alfa saya kalo digas gede gk mau jalan mlh jebluk" gt sprti busi stngh mati..apakah pulsernya sudah lemah y kalo seperti itu??apa harus diganti??atau masih bisa diperbaiki hu??

    BalasHapus
  22. Bos sy mau nanya motor karisma sy klaw d gas.trus law gasnya turun akan menimbulkan bunyi letusan gitu.dari kenalpot. Padahal udh d bawah d bengkel tpi masih gtu. Bleh minta solusinya bosku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cba dicek karet membran yg ada d karburator, biasanya itu sdh bolong/rusak

      Hapus
  23. Bangg motor saya satria Fu klo mesin panas langsung mati? Itu apa nya yaa bang? Spul nya apa pulser nya

    BalasHapus
  24. Tanya bang Pulse kan kerja di tma kompresi kalo pada saat TMA buang apa Pulse tetep kerja

    BalasHapus
  25. Bro mau tanya, kalo motor v80 saya ini kan kalo pertama hidup ada api dari coil nya, terus klo udah jalan agak jauh suka tiba-tiba mogok hilang api, didiemin sebentar ada lagi api nya, gitu terus bro, apa nya yg rusak itu bro?

    BalasHapus
  26. Tanya mas bro, Vario 110 karbu. Pulser saat di pasang tidak mengeluarkan api, sebelum di pasang di tes pakai multi hasilnya bagus menunjukkan angka 400ohm mohon pencerahannya mas bro

    BalasHapus
  27. Om mau tanya verza ane pulser nya klo di cek lampu nyala tapi ga ada percikan apinya, apanya yg eror ya?

    BalasHapus