Stel Klep Motor, Perhatikan Jarak Renggangnya Bro

Sejeworks – Selamat datang para bro semua, kali yang mau dibahas masalah stelan klep, dari mulai ukuran celah klep standar pabrikan. Kapan waktu yang tepat untuk menyetel klep ? apasih penyebabnya jika stelan klep terlalu longgar atau seret ? apa dampaknya stel klep tanpa feeler guage ? semuanya akan kita kupas setajam silet baru beli he... langsung saja check it dot...

Kapan Sih Waktunya Stel Klep Motor

Hal ini tanda tanya besar bagi para biker yaitu kapan sih waktu penyetelan klep ? ada yang menganggap setiap kali service dilakukan penyetelan klep atau malah setiap setahun sekali dilakukan penyetelan klep.

Setel klep sebenarnya dianjurkan tipa 4000 km  sedangkan pengecekan dilakukan saat melakukan service rutin. Jika posisi celah klep tidak sesuai standar maka baru dilakukan penyetelan tapi jika sesuai standar pabrikan tidak usah dilakukan penyetelan celah klep .
Jadi jika service kemudian klep tidak distel atau dibiarkan saja ya ngga apa – apa selama tidak ada noise / suara abnormal di bagian head silinder. Yang jadi masalah adalah penyetelan klep tidak memakai feeler guage dan tidak tahu standart celah klep. 

Stel Klep Tanpa Feeler Guage

Nah ini yang mesti harus dihindari dan diwaspadai, yaitu penyetelan klep tanpa memastikan ukuran celah klep alias asal kendor saja. Untuk menyetel sebuah klep sepeda motor harus memakai alat yaitu kunci L kapet, Feeler Guage, dan kunci ring 8, 9 atau 10 tergantung jenis motornya. Kegunaan feeler guage disini sebagai alat ukur antara celeh rocker arm dengan batang klep, dan jarak celah ini sangat menentukan usia pakai kedua komponen tersebut.



valve

  

Akibat Salah Ukuran Celah Klep

Apasih penyebab salah ukuran celah klep ? bisa karena ketidak tahuan standar kerenggan klep, penyetalan yang tidak memakai feeler guage, penyetelan saat kondisi mesin masih panas. Sebaiknya saat menyetel klep pastikan kondisi mesin dalam suhu dingin, agar tidak ada komponen yang memuai saat penyetelan untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Akibat Klep Terlalu Rapat

Tekanan kompresi yang bocor karena klep tertekan oleh rocker arm.
Power mesin berkurang.
Sepeda motor tidak susah stasioner sehingga sering mogok atau mati – matian.
Cepat aus atau rusaknya rocker arm dan klep.

Akibat Klep Terlalu Renggang

Timbulnya suara noise (berisik) atau suara kasar pada mesin terutama dibagian head silinder.
Rocker arm, klep dan noken as menjedi cepat rusak karena adanya benturan yang sangat keras karena jarak renggang klep yang tidak sesuai dari standar.
Performa mesin menjadi berkurang.

Nah, jadi pada intinya bro jangan asal stel klep tanpa mengetahui standar kerenggangannya dan memakai tool atau alat yang sesuai anjuran pabrikan alias pakai feeling guage he.... Untuk lebih jelasnya dari standar kerenggangan klep, langsung saja check it dot. Tapi setiap pabrikan tidak harus sama persis mengikuti standar dari masing – masing motor karena terdapat batas toleransi / batas kesalahan pengukuran yaitu +/- 0.02 mm.

Jarak Renggang Klep Sepeda Motor Honda


Jenis Motor             Klep In         Klep Out                         
Beat Karbu              0,16 mm       0,16 mm               
Beat FI                   0,14 mm       0,14 mm
Beat ESP                 0,12 mm       0,18 mm
Blade Karbu             0,10 mm       0,10 mm
Blade FI                  0,10 mm       0,17 mm
CB150R                  0,16 mm       0,25 mm
New CB150R           0,16 mm       0,25 mm
CB150R                  0,16 mm       0,25 mm
CS1                        0,06 mm       0,28 mm
Kharisma                0,05 mm       0,05 mm
Kirana                    0,05 mm       0,05 mm
Legenda                 0,05 mm       0,05 mm
GL Pro                   0,10 mm       0,10 mm
GL Neotech            0,10 mm       0,10 mm
Megapro New         0,10 mm       0,10 mm
Megapro FI             0,10 mm       0,14 mm
Supra 100              0,05 mm       0,05 mm
Supra Fit                0,05 mm       0,05 mm
Supra X 125            0,05 mm       0,05 mm
Supra Helm In         0,10 mm       0,17 mm
Win 100                 0,05 mm       0,05 mm
Tiger                      0,10 mm       0,10 mm
PCX 125                 0,10 mm       0,24 mm
PCX 150                 0,10 mm       0,24 mm
Revo 100               0,05 mm       0,05 mm
Revo Absolute         0,10 mm       0,10 mm
Revo FI                  0,10 mm       0,10 mm
Vario 110 karbu      0,16 mm       0,27 mm
Vario 110 FI           0,16 mm       0,16 mm
Vario 110 esp         0,12 mm       0,18 mm
Vario 125 FI           0,10 mm       0,24 mm
Vario 150 FI           0,10 mm       0,24 mm
Verza                     0,10 mm       0,14 mm

Jarak Renggang Klep Sepeda Motor Yamaha


Jenis Motor             Klep In         Klep Out                         
Vega R                   0,05 mm       0,08 mm
Vega ZR                 0,05 mm       0,08 mm
Vixion                    0,10 mm       0,16 mm
Jupiter MX              0,10 mm       0,16 mm
Jupiter Z                0,05 mm       0,08 mm
Jupiter Z1               0,05 mm       0,08 mm
Mio Karbu               0,08 mm       0,10 mm
Mio J                     0,08 mm       0,10 mm
X-Ride                    0,08 mm       0,10 mm


Jarak Renggang Klep Sepeda Motor Suzuki


Jenis Motor             Klep In         Klep Out                         
Shogun 110            0,05 mm       0,05 mm
Shogun 125            0,05 mm       0,05 mm
Smash 110             0,05 mm       0,05 mm
Thunder 125           0,10 mm       0,15 mm
Satria 150 FU          0,15 mm       0,15 mm


Nah, itu semua datanya bro dan kesimpulannya jika ada stelan klep yang sama antara klep in dan ex maka penyetelannya klep in dibuat seret dan klep ex dibuat longgar dengan batas toleransi +/- 0,02 mm. Next time gua bakalan tambahin videonya tapi sementara seperti ini dulu ya bro, he... he...



Akhir kata ojo lali (jangan lupa) safety firts & keep riding no arogan salam satu aspal... wor... wor...



Posting Komentar

13 Komentar

  1. Pada buku manual suzuki shogun axelo 125,tertulis jarak renggang klep in 0.03- 0.08 Dan ex 0.08-0.13.
    Yang jadi pertanyaan Saya adalah :kalau klep in di stel pada 0.05,apa ada efek buruk pada motor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas saya jawab yaaaa.. klo klep nya dinaikkan 2 step dri aslinya maka nafas motor lebih lega dan ringan dan saat memuai lebih bisa menyesuaikan saat motor benar2 panas mesin nya dan menaikkan 2step dri aslinya masih katagori aman dan g ngelitik..... yg pasti pebih ringan dri standarnya ...... klo standarnya banget kan mesin memang terdengar alus tp tenaga kurang yahud

      Hapus
  2. Standard celah klep pd supra 125 fi kan 0.10 dan 0.17 klo d stel d 0.05 gmn hsil nya...krn klo d stel pd ukuran standard nya berisik bgt suara klep nya

    BalasHapus
  3. Berap ukuran klep vixion di atas 3 tahun bos

    BalasHapus
  4. Beat fi stater kasar, kalo dah naik oversize, enaknya stelan klepnya berapa om

    BalasHapus
  5. Kalo untuk stelan y.mio sporty saya buat in 0.03 + ex 0.07 kirakira aman nggk ya mas broo kenapa berbuyi glitik di bagian rongga buang ?

    BalasHapus
  6. Kalau ukuran new Vixion yang porting apakah masih sama gan?

    BalasHapus
  7. Bos klo vixion udh noken harian sama seher 60 ukuran klep nya brp ya?soal nya pake 10/11 tenaga awal nya gk ada

    BalasHapus
  8. Kalo motor njmx kopling tarikan berat walaupun udh gigi 4 apanya bos tolong minta infonya karna mtor sy udah bnyak ngabiskan duit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di cek bagian 1-carbu 2-campaskopling 3-klep & bosklep /kalau memang kondisi motor tidak mengeluarkan asap ngebul putih.

      Hapus
  9. Bang klau uk klep vixion in 10 dan ex 10 gmana.soalnya di stel 10 dan 15 ada bunyi kasar

    BalasHapus
  10. Kalau vega seher udh naik 54an kira2 in brapa ex nya brapa

    BalasHapus