Ini bro, Komponen Komstir Motor Honda Dari Diameternya dan Harganya


Sejeworks – whats up bro ?? gimana hari ini sudah move on belum, et dah... ini omongan orang disebelah gua ya he.... he... sorry curhat dikit ya bro... Ok langsung saja ke topik bahasan kali ini yaitu masalah komstir, mulai dari diameter komstir, harga komstir, umur komstir dan cara mengatasi komstir motor rusak. Sebenarnya masalah komstir sudah sering kali kita omongin tapi kali ini fokus kita ke komstir motor honda, next time giliran komstir bambu dan komstir motor yamaha tapi kalau gua ingat ya bro... he... he...


komponen komstir



Kegunaan Komstir dan Letak Komstir Motor

Sistem kemudi pada sepeda motor sebenarnya sangat sederhana jika dibandingkan dengan mobil, karena pada sepeda motor sistem kemudi langsung berhubungan dengan roda depan yang mengendaliukan arah geraknya. Batang kemudi atau biasa dikatan stang berhubungan langsung dengan garpu / segitiga dan shockbreker depan. Nah komstir sendiri terletak diantara segitiga dan kerangka / sasis yang berfungsi untuk memudahkan gerakan stang kemudi ke kanan dan ke kiri.

Jadi tanpa komstir sepeda motor tidak bisa digerakan ke kanan dan kiri, komstir sendiri terdiri dari 4 mangkok komstir dan berpuluh – puluh peluru baja serta tidak ketinggalan juga graes atau gemuk sebagai pelumas dari komponen – komponen tersebut. Untuk mempermudah dimana posisi komstir ini jepretannya bro...

Umur Komstir Motor

Kadang pertanyaan ini sering kali muncul dalam benak para bro, yaitu berapa lama umur komstir sepeda motor ??? nah sebenarnya jawaban pastinya ngga ada karena hal ini sangat tergantung dari medan jalan dan style berkendara. Cuman bisa diperkirakan pada kilometer diatas 15.000, biasanya komstir sepeda motor mulai mengalami kerusakan.
Tapi hal ini masih bisa diperbaiki dengan cara menyetelnya entah itu ngendorin atau ngencengin stelan komstir tersebut, karena lain motor lain kasus atau masalah. Nah jika sudah distel berkali kali tetapi masih oblak atau ngebanting jalan terakhirnya adalah dengan mengganti baru komstir tersebut.

Stelan Komstir

Setiap biker akan merasakan hal yang berbeda pada masing – masing stelan komstir ada yang peka, peka pakai banget dan ngga peka sama sekali. Maksudnya begini bro, saat motor baru turun dari dealer kadang ada stelan komstir yang terlalu kencang menurut sebagian orang, atau ada yang menganggapnya biasa saja dan ini ngga pandang merek bro...

Lain halnya jika motor itu telah lama dipakai, mau stelan komstirnya kenceng pakai banget atau kendor dan oblak, kadang ngga akan terasa karena biker tersebut telah biasa memakainya. Nah yang meberi tahu bisanya malah orang lain yang kebetulan meminjam motor tersebut, jadi seperti apakah stelan komstir yang bener ? jadi tetep stay ya bro.... sampai kelar... 

Cara Mengatasi Komstir Motor Rusak

Stel komstir

Komstir Motor keras atau terlalu kencang

Stelan sperti ini sangat cocok untuk motor competisi balap lurus atau drag, karena lintasannya hanya track lurus. Tapi jika diapliksaikan untuk motor harian bisa berabe atau berakibat fatal, karena motor akan susah dikendalikan saat melintasi track menikung dan kadang track lurus. Serasa motor inginnya ngebanting kekanan atau kekiri, jadi kalau mau nyetel komstir lihat lihat posisi ya bro... buat harian apa kompetisi.

Komstir motor kendor

Stelan komstir kendor atau oblak akan sangat berasa saat melintasi jalan rusak atau bergelombang dan saat melakukan rem depan yaitu stang kemudi terasa mau copot atau lepas kedepan. Apakah ini berbahaya ? stelan kaya gini ngga berbahaya tapi sepeda motor tidak nyaman untuk dikendarai dan biasanya akan lebih cepat merusak komstir sepeda motor tersebut.

Stelan komstir yang pas


Sebenarnya setiap biker mempunyai selera yang berbeda tapi gebug ratanya, stelan komstir yang pas adalah stang kemudi tidak ngebanting / ngebuang kekanan atau kekiri saat dikendarai dan stang kemudi tidak oblak saat dilakukan rem depan. Cara mengecek lainnya adalah dengan melakukan standar tengah dan angkat roda depan gerakan stang kemudi kekanan atau kekiri, jika mbegel atau terasa berat maka stelan komstir terlalu kencang.

Sebaliknya untuk mengecek stelan komstir terlalu kendor cara hampir sama dengan diatas, yaitu posisikan standar tengah dan angkat roda depan dengan memegang shock depan dan goyangkan kedepan belakang. Jika terasa oblak maka komstir terlalu kendor, jika tidak oblak berarti ada dua kemungkinan stalan terlalu kencang atau stelan komstir tersebut pas. 

Ganti komstir

Jujur bro, mengganti komstir itu bukan perkerjaan yang mudah, kenapa gua ngomong begitu ?. Sebab yang lo bongkar itu bukan cuma satu item pekerjaan tapi hampir keseluruhan komponen yang melekat pada stang kemudi. Mulai dari ban depan, caliper rem depan, cover body depan (bebek dan matic), jalur kabel gas, jalur kabel body depan, shock depan (sport) dan komstir itu sendiri.

Biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 ½ jam atau 90 menit, dan tenaga lo bakalan terkuras habis malah kadang jari tangan lo bakalan kepukul palu  he.... (pengalaman sendiri). Jika lo memang suka bongkar motor dan mau mencobanya ini bro linknya...


Jangan lupa bro, gunakan komstir original sesuai motornya jangan sampai ketur karena diameter komstir dan jumlah pelor baja berbeda – beda, biar lebih jelas ini hasil ukurnya dan harga komstir motor honda.    

Harga dan Diameter Komstir Honda

Komstir 06535 GN5 505

Komstir motor ini untuk semua jenis bebek dan matic mulai dari honda grand, honda legenda, honda supra 100, honda supra fit, honda supra x 125, honda supra x 125 FI, honda revo 100, honda revo 110, honda revo AT, honda revo FI, honda blade 110, honda blade 125 FI, honda karisma dan honda kirana.

Sementara untuk matic yaitu honda beat karburator, honda beat injeksi, honda beat esp, honda scoopy karburator, honda scoopy injeksi, honda scoopy esp, honda spacy karbu, honda spacy injeksi, honda vario 110 karburator, honda vario 110 injeksi, honda vario 110 esp, honda vario 125 esp, honda vario 150 esp.


komstir honda



Diameter Komstir 06535 GN5 505  

Bagian kerangka atas, diameter luar 45 mm dan diameter dalam 27,40 mm.
Bagian kerangka bawah, diameter luar 54 mm dan diameter dalam 35 mm.
Bagian segitiga atas, diameter luar 45 mm dan diameter dalam 27,40 mm.
Bagian segitiga bawah, diameter luar 51 mm dan diameter dalam 33 mm.

Harga Komstir 06535 GN5 505 adalah Rp 90.000,

Komstir 06553 5041010

Kode untuk komstir motor jenis sport lama, mulai dari honda tiger lama, honda tiger revo, honda tiger 2000, honda megapro primus, honda megapro lama, honda gl pro, honda gl neotech, gl 100. 

Diameter Komstir 06535 5041010

Bagian kerangka atas, diameter luar 41 mm dan diameter dalam 24 mm.
Bagian kerangka bawah, diameter luar 41 mm dan diameter dalam 24 mm.
Bagian segitiga atas, diameter luar 41 mm dan diameter dalam 22 mm.
Bagian segitiga bawah, diameter luar 38 mm dan diameter dalam 23,5 mm.

Harga Komstir 06553 5041010 adalah Rp 98.500,


Komstir 06535 KTR900

Komstir dengan kode tersebut bisa diaplikasikan pada honda CBR150 karburator, honda CBR150 FI thailand, honda CBR150 lokal, honda New CBR150R, CB150R, New CB150R , Megapro New, Megapro New FI, honda Verza, honda CB150 Verza.

Diameter Komstir 06535 KTR900

Bagian kerangka atas, diameter luar 48,50 mm dan diameter dalam 27,50 mm.
Bagian kerangka bawah, diameter luar 48,50 mm dan diameter dalam 27,50 mm.
Bagian segitiga atas, diameter luar 42 mm dan diameter dalam 25,50 mm.
Bagian segitiga bawah, diameter luar 42 mm dan diameter dalam 26,50 mm.

Harga Komstir 06535 KTR900 adalah Rp 100.000,

Harga tersebut sesuai HET (harga eceran tertinggi) dari Honda, dan jika berada dibawah harga tersebut maka harus berhati – hati karena banyak barang tiruan alias abal – abal. Harga sewaktu – waktu bisa berganti, hal ini dipengaruhi oleh kebijakan dari AHM selaku pemegang hak merk honda di indonesia.

Biar tambah jelas komstir kaya apa ini bro, gua kasih videonya chek it dot.. jangan lupa subscribe ya bro...




Akhir kata seperti biasanya, safety firts & keep riding no arogan dan salam satu aspal... ahi... hi...

Posting Komentar

7 Komentar

  1. Bro,komstir bambu buat tiger revo merk CRS harganya brapa ya ? Dan bagus gak merk itu ?

    BalasHapus
  2. rombakan simpang tiga jantan(sok jantan) yg cocok buat motor revo110 apa iya bg??

    BalasHapus
  3. Diameter antara gl 100 sama ninja r

    BalasHapus
  4. Segitiga yang cocok untuk rangka c70 apa ya bang?punya astrea star cocok enggak bang

    BalasHapus
  5. Bang AS komstir tiger sama cbr 150 r sama apa beda bang diameterluarnya

    BalasHapus