Busi Apa Untuk CBR250RR , CBR150R dan CB150 ?

Sejeworks – Busi alias spark plug sering kali dianggap sama oleh para biker, sama disini maksudnya bisa dipasang dan copot sembarangan motor. Padahal efeknya bisa bikin kepala lo senut – senutan, contohnya begini motor yamaha mio smile memakai busi NGK CPR8EA – 9 yang seharusnya motor tersebut memaki C7HSA. Maka hasilnya motor akan mati total karena piston dan busi bertabrakan, karena ulir busi yang terlalu panjang.

Atau contoh lain pada Honda Beat FI yang seharusnya memakai NGK CPR9EA - 9 malah memasang busi CPR6EA – 9, walaupun busi tersebut sepintas hampir sama tapi jika diperhatikan secara cermat kode busi itu berbeda pada tingkat panas busi. Apakah berpengaruh ? jelas sangat berpengaruh sekali pada sepeda motor tesebut mulai dari putaran stasioner / langsam yang tidak stabil, pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Sehingga menimbulkan kerak karbon berlebih pada ruang bakar dan sepeda motor menjadi sering mogok karena busi yang tidak tahan panas.


busi motor




Maka dari itu bro... jangan asal comot busi pada sepeda motor yang lo pakai karena efeknya ngeri – ngeri sedap. Untuk kode busi sepeda motor pernah gua omongin dari kode busi buat motor honda, yamaha, suzuki, kawasaki dan masih banyak lagi. Dari yang jenis standart, sampai iridum dan platinum pokoknya special dan komplit banget pake telor he... he... ini linknya bro...



Nah balik lagi ke pokok bahasan busi apa sih untuk motor CBR150R FI, CB150R, New CBR150R, New CB150R jawabanya adalah busi dengan kode CPR9EA – 9 buatan NGK dan U27EPR – 9 buatan Denso. Selain kedua busi diatas apakah masih ada ? ada bro, tapi versi racingnya dari jenis platinum dan iridium karena kode busi tersebut untuk versi standart. Masalah harga standart sekitar Rp 25.000 dan penggantian busi setiap 8.000 km atau sekitar 8 bulan sekali, jangan nunggu businya mati baru diganti ya bro...

Lain halnya untuk CBR250R FI, motor yang diboyong oleh AHM dari thailand ini memakai kode busi SIMR8A9 yang dijual dengan harga Rp 180.000 dan penggantian setiap 24.000 km atau 2 tahun sekali.

Sedangkan untuk busi Honda CBR250RR memakai busi Iridum NGK SILMAR8C9 yang mempunyai kontruksi sangat berbeda dengan busi sepeda motor lainnya. Perbedaan tersebut terletak pada bentuk yang lebih panjang alias Extra Long Reach dan ukuran ring kunci busi. Jika pada umumnya motor 4 tak memakai kunci busi ukuran 16 mm, tapi pada Honda CBR250RR memakai ukuran ring 14 mm. Jadi lo bakalan puyeng untuk mencari kunci busi dengan diameter ring 14 mm he... he... soalnya gua pernah ngerasainnya ha... ha...   

Tapi tenang semuanya bisa diatur yaitu cukup pakai kunci shock 14 panjang dan sedikit modifikasi pada ujung gagang shock tersebut. Modifikasi tersebut bisa dengan membawanya ke bengkel bubut supaya diameter ujung gagang shock bisa masuk kedalam lubang busi, untuk lebih jelasnya lihat gambar diatas ya bro....

Ngomongin harga busi tersebut sekitar Rp 190.000 satunya, sementara CBR250RR mempunyai dua busi jadi jumlahkan sendiri ya bro... dan busi tersebut masih diimpor langsung dari Japan. Makanya harga dan jumlah barangnya sangat ekslusif dipasaran, ya harap maklum bro motornya saja kelas premium bukan bensinya lho ya... he... he..

Ok bro sekian dulu ya, dari gua next time kita sambung lagi seperti biasanya keep riding no arogan dan salam satu aspal..  

Komentar