Sejeworks – Selamat datang para bro semua, long time gua
ngga nyapa kalian. Kali ini yang mau diomongin tentang standar dua atau standar
tengah motor Honda Beat dari yang karburator, injeksi dan versi barunya ESP
yang macet, bengkok dan harga komponen tersebut.
Masalah yang sering dihadapi pada motor Beat tersebut
adalah standar tengah atau standar dua yang macet, hal ini sebenarnya tidak
berpengaruh kebagian mesin ataupun kelistrikan. Tapi lebih berpengaruh ke
kenyaman dan perawatan motor tersebut.
Contoh simpelnya saat motor beat mau service rutin,
ganti ban depan, ban belakang, kanvas rem belakang, ganti komstir dan lain
lainnya, cara pengerjaan dan waktu pengerjaan menjadi molor karena posisi
standar dua yang seret. Selain itu standar tengah motor beat yang macet akan
mengurangi rasa kenyamanan dalam berkendara, dari standar tengah yang menyentuh
langsung ke jalan raya. Biar mempersingkat waktu langsung saja ya bro... check
it dot....
Cara Memperbaiki Standar Tengah Motor Beat
Memperbaiki standar tengah motor beat ada beberapa cara
tergantung jenis kerusakannya mulai dari standar motor beat yang bengkok atau
patah dan macet. Jika standar tengah dalam posisi patah maka bisa dilakukan
pengelasan pada bagian yang patah tersebut atau mengganti baru. Tapi jika
standar tengah macet maka cara pertama adalah mencopot as dan standar tengah
tersebut, tapi harus hati – hati karena salah penanganan akan berakibat fatal.
Fatal disini yang gua maksud, crank case (bak mesin) menjadi pecah karena as
dan standar tengah sudah lengket.
Jika standar tengah tersebut macet total maka jangan
nekat untuk mencopotnya, paling tidak panasi dulu standar tengah tersebut agar
karat yang menempel pada as dan standar tengah tersebut hilang. Setelah itu
baru getok berkali – kali pada as standar tengah tersebut supaya copot, untuk
lebih jelasnya gua kasih videonnya dibawah ini.
Cara Bongkar Standar Dua Beat
Langkah pertama lepas pengunci yang terletak pada as
standar tengah posisinya dekat dengan tutup oli mesin.
Copot peer / pegas standar dua dengan memakai obeng plus
(+) ukuran sedang, posisinya pada gambar berikut.
Setelah peer terlepas, untuk Beat Karburator dan Beat FI
lama lepaskan baud pengunci dengan memakai kunci T 10, sementara untuk Beat ESP
tidak ada baud pengunci karena pengunci tersebut langsung ke crank case.
Langkah berikutnya getok as standar tengah dengan palu
dan memakai as dengan ukuran yang sama, untuk mempermudah pengerjaan bisa
dengan mencopot knalpot.
Cara Pemasangannya
Setiap cara pemasangan adalah kebalikan dari proses
bongkar, jadi jangan sampai ketuker broo... langsung saja check it dot..
Langkah pertama pasang dahulu as dan standar tengah pada
crank case, kemudian posisikan standartengah pada stoper pengunci jika itu beat
esp atau vario 125 dan 150. Tapi untuk Beat karbu dan Beat FI lama berbeda
karena stoper standar tengah berbentuk baud.
Setelah as dan standar tengah terpasang dengan benar
pada posisi pengunci / stopper, maka langkah selanjutnya pasang peer / pegas
standar tengah tersebut dengan memakai obeng plus (+) ukuran sedang.
Langkah terakhir pasang pengunci as yang berada dekat
dengan tutup oli mesin.
Harga standar Tengah Honda Beat
Honda Beat sampai sekarang mempunyai 2 jenis standar
tengah dengan kode part 50500-KZL-930 dan 50500-KVY-930. Kedua standar tengah
ini hampir sama secara sekilas tapi et... tunggu dulu pada kode 50500-KVY-930
dan 50500-KZL-930 mempunyai letak perbedaan yaitu pada ketinggiannya. Jadi
kalau salah pasang part akan mengakibatkan roda belakang kangsar (menyentuh
tanah), untuk lebih jelasnya ini bro kode part dan harganya.
Kode Part Jenis
Motor Harga
50500-KZL-930 Beat FI, Esp Rp 95.000,
50500-KVY-930 Beat
Karbu Rp 105.000,
50500-KWN-930 Vario
125 Rp 110.000,
50500-K59-930 Vario
150 Rp 125.000,
Untuk as standar tengah bisa memakai part dengan kode
50503-KVY-900 dengan harga Rp 25.000, yang bisa dipakai untuk motor Honda Beat
karbu, Beat FI, Beat ESP, Vario 110 karbu, Vario 110 FI, Vario 110 esp, Scoopy
karbu, Scoopy FI, Scoopy eSP, Spacy karbu, Spacy FI, Vario 125 dan Vario 150.
Nah tidak ketinggalan gua kasih videonya bro... tapi
jangan lupa subscribe ya... he... he...
Akhir kata dari gua safety first, keep riding no arogan
dan salam satu aspal... wor.. wor...
Komentar
Posting Komentar