Cara Mengatasi Engine Mounting Honda Vario dan Beat yang Rusak

Sejeworks - Engine Mounting adalah part atau komponen yang berfungsi sebagai dudukan atau penghubung antara mesin dan sasis (kerangka) dan biasanya berbentuk bantalan karet. Pada sepeda motor engine mounting juga berfungsi untuk meredam getaran putaran mesin ke pengendara. Apakah setiap sepeda motor mempunyai engine mounting ? iya semua motor hampir mempunyai engine mounting, tapi dengan bentuk yang berbeda – beda.


engine mounting


Tapi untuk kali ini yang mau dibahas engine mounting sepeda motor honda beat, vario, scoopy, spacy pokoknya semua motor matic Honda. Untuk semua motor matic honda engine mounting sering kali mengalami masalah pada saat motor mulai menginjak 30 ribu km, apakah hal ini berbahaya ? cukup berbahaya bro... Jika posisi collar terlepas dari bosh maka mesin bisa terlepas dari sasis, maka dari itu perhatikan secara seksama bro..

Harga Bosh Engine Mounting

Untuk harga part tersebut sekitar Rp 30.000 belum ongkos pemasangan, semua matic honda dari Beat karbu, beat FI, Scoopy, Spacy, Vario Karbu, Vario 125, Vario 150, PCX 150. Mempunyai kode part yang sama yaitu 11103 – KVB – 901, nah ini tampilannya...

Penyebab Kerusakan Engine Mounting

Sebenarnya engine mounting jarang sekali rusak bro, karena bentuknya besi yang di lapisi karet sebagai bantalan mesin. Kerusakan yang sering kali terjadi pada bosh engine mounting atau lebih dikenal bosh link hanger, karena usia pakai dan medan jalan yang dilalui sepeda motor.

artikel terkait bro..



Gejalanya kerusakan pada bosh engine mounting yaitu sepeda motor terasa oleng saat dikendarai, saat posisi standar tengah kemudian sepeda motor digerakan ke kanan kiri akan terasa goyang banget atau oblak kanan kiri. Selain itu keadaan bosh link hanger / bosh engine mounting akan terlihat retak, pecah atau bahkan keadaan collar pada bosh tersebut sudah bergeser ke dalam atau keluar.

Cara Melepas Bosh Engine Mounting

Untuk melepas bosh link hanger seharusnya memakai traker / alat khusus tapi berhubung yang bukak artikel ini pasti para biker yang mau cari tahu atau malah mau nekat ngerjain sendiri. Jadi gua kasih cara pakai alat yang paling canggih sedunia yaitu palu dan pipa shock motor bebek / matic honda, tenang alat ini sangat canggih dan mudah di dapat. Tapi lo siap – siap keluar keringat segede jagung he.... dan kalau bisa jangan dilakukan sendiri minta bantuan orang lain minimal 2 orang atau 7 orang lebih baik he... he....

Pipa shock yang dipakai usahakan bagian ujung digereda dahulu agar diameternya sama dengan bosh engine mounting tersebut, sehingga tidak merusak atau bahkan mematahkan crank case.

Kalau mau main aman bisa dengan memisahkan antara sasis dengan mesin, tapi cara ini sangat ribet karena harus mencopot semua kabel body, kabel gas, kabel rem, shock belakang.

Langkah pertama copot knalpot agar memudahkan pergerakan engine mounting, kemudian lepas baud as engine mounting dengan memakai kunci T14 dan T17.

Pasang dongkrak pada bagian bawah sasis agar motor tidak terguling atau ambruk.
Selanjutnya tarik baud as engine mounting secara perlahan.

Kemudian pukul bosh link hanger / engine mounting dengan memakai pipa shock, dan perhatikan pada bagian belakang bosh link hanger tersebut. Apakah memabrak ke engine mounting ? usahakan bosh engine mounting bisa copot secara bebas tanpa menambrak part komponen lain.

Setelah bosh engine mounting copot, pasang part baru dengan melumasinya dengan graese / oli mesin. Langkah selanjutnya pukul bosh tersebut dengan palu secara langsung sampai terpasang dengan sempurna.

Untuk lebih jelasnya tonton video ini bro .. sampai selesai dan jangan lupa subscribe dulu...





Akhir kata dari gua, jika artikel ini berguna buat lo jangan di baca sendiri bro... tapi bagikan ke komunitas lo... tetap keep riding no arogan salam satu aspal .... 

Posting Komentar

0 Komentar