Sejeworks – Klep alias valve dan kadang disebut katup
adalah komponen yang berbentuk seperti payung dan terletak di head silinder,
klep sangat vital bagi sepeda motor 4 tak dan ngga penting bagi motor 2 tak.
Lho kok bisa ? ya jelas bro he... karena motor 2 tak tidak mempunyai klep yang
berfungsi membuka dan menutup ruang bakar sesui waktu pengapian.
Klep mempunyai 2 jenis yaitu klep hisap / in dan klep ex
/ buang, ukuran klep in biasanya lebih besar dari klep ex. Sementara jumlah
klep pada mesin sepeda motor berbeda – beda tergantung jenis mesinnya, ambil
contoh mesin SOHC (single overhead camsaft) dengan satu piston maka klep yang
dipakai ada 2. Tapi untuk motor Yamaha yang sudah memakai LC4V sudah memakai 4
klep walaupun tipe mesin SOHC dengan 1 piston.
Sedangkan motor DOHC (double overhead camshaft) dengan
satu piston akan memakai 4 klep yaitu 2 klep in dan 2 klep out, tapi kalau
motor tersebut DOHC dengan 2 piston maka jumlah klep yang dimilikinya adalah 8
klep dengan 4 klep in dan 4 klep ex.
Klep atau valve bukanlah komponen yang berdiri sendiri
tapi komponen yang langsung bergesekan atau bersentuhan dengan komponen lain,
yaitu pin pengunci klep (valve cotter), pegas (spring valve), upper spring seat
(dudukan klep atas), valve staem seal (sil klep), lower spring seat (dudukan
per bawah).
Selain komponen diatas klep juga berhubungan langsung
dengan komponen lain yaitu bosh klep, pelatuk klep (rocker arm), noken as (cam
shaft), jadi jika ada kerusakan maka komponen terkait juga harus diperiksa.
Karena biasanya akan menimbulkan kerusakan pada komponen tersebut bisa
dikatakan merembet jika tidak dilakukan penggantian secara bersamaan.
Ciri – Ciri Klep Rusak
Klep rusak disini ada banyak faktor dan beberapa jenis
kerusakannya, rusak karena bengkok, rusak mbaret, rusak aus tergerus karena
usia pakai. Untuk lebih jelasnya berikut ciri – ciri dan penyebabnya bro..
Klep bengkok
Rusak karena bengkok biasanya disebabkan klep dengan
piston bertubrukan / tabrakan karena timing pengapian yang tidak benar. Siklus
kerja yang tidak berurutan bisa disebabkan karen pemasangan posisi top yang
salah, kondisi keteng dan tensioner yang mulai lemah. Sehingga posisi Top
bergeser walaupun cuman satu mata rantai mesin. Ciri – ciri dari klep bengkok
yaitu sepeda motor tidak bisa dihidupkan sama sekali karena tidak ada kompresi
yang terjadi di ruang bakar.
Klep Mbaret / Aus
Klep rusak mbaret atau tergerus penyebabnya sering kali
karena oli mesin yang tidak lancar sampai head cilinder, bisa karena takaran
oli mesin yang kurang atau jalur oli mesin yang tidak lancar. Penyebab lainnya
adalah umur pakai kendaraan tersebut bahasa simpelnya memang sudah waktunya
rusak karena motor sudah berusia cukup lama. Seperti lagunya ariel noah ya
bro.... tak ada yang abadi he...
Ciri – ciri klep mbaret adanya asap putih dari knalpot,
asap putih tersebut sebagai tanda terbakarnya oli mesin didalam ruang bakar.
Atau juga penyebab asap putih tersebut adanya kerusakan pada sil klep dan
piston, maka dari itu saat pembongkaran mesin harus dilakukan pengecekan pada
klep dan kebocoran klep. Sil klep bocor dan kompresi bocor sebenarnya sudah
pernah gua omongin jadi gua kasih link terkait saja ya bro... biar simpel.
Ciri – Ciri Bosh Klep / Guide Klep Oblak
Adanya noisey pada bagian head silinder, dengan catatan
ukuran stelan klep sesuai standart pabrikan dan kondisi rocker arm dengan noken
as (cam shaft) tidak ada masalah.
Asap putih berlebih yang keluar dari knalpot.
Adanya jarak yang cukup renggang antara valve dan valve
guide, hal ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang bro... tapi harus pakai
mata batin et ... dah.... Maksudnya dengan mengukur diameter batang klep dan
diameter dalam guide.
Cara Melepas Bos Klep
Siapkan bosh klep / cylinder head yang baru masukan ke
dalam freezer kurang lebih satu jam.
Panaskan cylinder head pada suhu 130 -140 celcius dengan
kompor atau oven, dan jangan melebihi suhu 150 celcius.
Lepaskan cylinder guide / bosh klep dengan cara
mendorong atau memukul bosh klep dari sisi ruang bakar.
Setelah itu pasang bosh klep yang baru ke dalam cylinder
head yang masih panas dengan cara
memukul bosh klep dari bagian cam shaft.
Ciri - Ciri Pelatuk Klep Rusak
Pelatuk klep yang rusak biasanya akan terjadi goresan /
aus pada bagian spatu (bagian yang bersentuhan dengan noken as).
Selain itu untuk model roller rocker arm, pada bagian
roller tidak bisa berputar dengan sempurna.
Biar agak nyambung next bakalan gua bikin videonya ya
bro... tapi sebelumnya subscribe dulu itung – itung bantu gua... he...
Akhir kata keep riding no arogan salam satu aspal wor...
wor..
Apa penyebabnya jika klep buang macet pada mesin diesel yanmar 5kdl
BalasHapusYa macet karena d Indonesia terutama d jakarta
BalasHapus