Cara Service, Membersihkan Injektor dan Throttle Body Motor Injeksi

Sejeworks - Selamat menempuh hidup baru, eh sorry salah ya yang jomblo jangan pada baper bro hahaha ..... (ini bukan gua yang nulis ya bro, tapi orang disamping gua jadi jangan tuduh gua he....). Untuk kali ini yang mau kita omongin tentang injektor dan throttle body pada sepeda motor, bagaimana cara membersihkannya, cara merawat dan memperbaiki throtle body. Nah biar ngga penasaran dan ngga banyak cakap langsung saja ya bro, check it dot ...


cara membersihkan throttle body



Pengertian Injektor dan Throttle Body

Sebelumnya kita melangkah lebih jauh kita katakan saja ya bro... he.... apa itu injektor ? bagaimana cara kerjanya ? apa kerusakannya ?. Injektor atau komponen yang menyemprotkan bahan bakar dalam bentuk kabut tersebut ke ruang bakar mesin. Injektor ini menerima suplay bahan bakar dari pompa bahan bakar yang berada didalam tangki bahan bakar, nah keadaan pompa tersebut harus dalam kondisi prima dengan presure / tekanan sekitar 270 – 312 kpa. Jika dibawah nilai tersebut maka kemungkinan motor akan brebet atau malah tidak bisa hidup sama sekali, karena tekanan udara didalam ruang bakar sudah sangat tinggi (sekitar 35 – 50 atmosfer) maka tekanan penyemprotan bahan bakar harus lebih tinggi.

Injektor akan bekerja jika telah mendapat sinyal dari ECM / ECU yang telah mengolah data dari sensor TPS (bukaan gas), O2, IAT dan CKP. Bahan bakar akan disemprotkan berapa banyak dan berapa lama oleh injektor sesuai perintah dari ECU / ECM yang telah mengolah data dari sensor – sensor lain sesuai kebutuhan bahan bakar

Sedangkan Throtle Body atau kadang para bro menyebutnya karburatornya motor injeksi, berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar yang disemprotkan oleh injektor sebelum masuk ke ruang bakar. Biasanya throtle body terletak diatas mesin seperti posisi karburator, yang membedakannya jika karburator bekerja secara manual sedangkan throtle body dipenuhi oleh sensor – sensor input ECM / ECU. 

Cara Membesihkan Injector Motor

Membersihkan injektor motor itu perlu dan sangat wajib ya bro, karena pada lubang injektor yang sangat kecil dan berukuran mikron bisa mampet. Penyebabnya bisa karena bahan bakar yang kurang baik, adanya kotoran atau benda asing didalam tangki bahan bakar (contohnya karat karena tangki keropos) dan tidak adanya filter bahan bakar didalam fuel pump (pompa bahan bakar). Nah berapa lama kah waktu pembersihan injektor ? paling tidak bersihkan injektor setiap setahun sekali.


cara membersihkan injektor



Cara membersihkan injektor secara umum ada 2 cara yaitu menggunakan infus, jangan dibanyangkan kaya infus rumah sakit ya bro ... he... Sebenarnya sepintas rada – rada mirip bro, tapi infus disini kita tetep memakai cairan khusus injektor cleaner. kemudian memasukan cairan tersebut ke alat yang berbentuk mirip infus dan langsung menyambungnya ke injektor, tapi soketan pompa bahan bakar harus dilepas agar tidak menyemprotkan bensin. Selain itu alat ini membutuhkan udara kompresor untuk menekan bahan bakar ke injektor, pada intinya untuk membersihkan injektor dengan cara ini lo harus punya alat khusus tersebut dan kompresor. Tapi lo juga harus hati – hati saat melepas selang bahan bakar, jangan sampai salah proses pelepasanya, ujung – ujungnya akan merusak komponen tersebut.

Cara yang kedua yaitu dengan menuang langsung cairan injektor cleaner kedalam tangki bahan bakar, cara ini paling gampang cuman menurut gua agak membuat kemungkinan. Maksudnya saat memakai cara pertama kita bisa yakin pembersihannya maksimal, dan biasanya saat membersihkan injektor cairan tersebut akan membuat kinerja busi menjadi tidak optimal terkadang busi malah mati tidak memercikan api. Nah ini yang gua maksud kemungkinan jadinya kita agak berangan – angan gituh bro, dan kadang jika injektor dalam posisi yang amat kotor. Sepeda motor akan menyendat – nyendat, ya walaupun akan normal lagi jika cairan injektor sudah habis dan keadaan injektor sudah bersih.
      

Cara Membersihkan Throttle Body Motor Injeksi

Membersihan throttle body bisa memakai cairan karburator cleaner yang dijual bebas dipasaran dengan kisaran harga sekitar Rp. 30.000 sampai Rp 300.000 tergantung merk ya bro... Caranya dengan membuka filter udara dan dan menyalakan motor tersebut, kemudian menyemprot cairan carburator cleaner ke dalam lubang filter udara yang menuju throttle body.

Apakah cara ini efektif ? ya cara ini lumayan efektif dan sangatlah mudah, tapi tidak semua lubang / rongga didalam throttle body dapat dibersihkan. Cara lain dengan membongkar throttle body dan manifold, tapi menurut gua dengan catatan usia motor telah berumur diatas 1,5 tahun atau dalam kondisi abnormal. Karena sepeda motor injeksi dengan usia diatas 1,5 biasanya terdapat banyak kotoran yang menempel pada dinding – dinding dalam throttle body. Proses pembongkaran ini membutuhkan waktu yang lumayan lama dan ada resikonya jika salah cara melepas selang bahan bakar dari injektor, maka hati – hati ya bro... atau serahkan kepada ahlinya he... he...

Ok bro, biar ada gambaran gua kasih videonya, tapi jangan lupa subscribe ya bro ya itung - itung buat bantu gua he ...





Manfaat Membersihkan Injector dan Throttle Body

Membersihkan deposit karbon pada sistem pembakaran tanpa melakukan bongkar mesin atas.
Meningkatkan performa mesin.
Menghemat konsumsi bahan bakar.
Menghilangkan engine knocking.


Akhir kata dari gua, tetep keep riding no arogan dan jangan lupa salam satu aspal wor... wor...

Posting Komentar

0 Komentar