Ini Bro Solusi dan Keluhan dari Yamaha NMAX

Sejeworks – Akhirnya bisa nongol juga dan update kembali, NMAX adalah icon motor matic berbadan besar dari pabrikan Yamaha dengan volume cylinder diatas 150 cc, penjualannya kayak kacang goreng pokoknya laris manis sebelum rival utamanya Honda PCX 150 lokal diproduksi.


harga yamaha nmax



Tapi untuk kali ini yang mau diomongin bukan masalah penjualannya ya bro, tapi keluhan pada matic gambot dari Yamaha. Permasalahan pada Yamaha NMAX sebenarnya hampir sama dengan motor – motor matic lainnya, mulai dari CVT getar, tarikan berat, lifter tensioner lemah dan masih banyak lagi. Untuk mempersingkat waktu langsung saja ya bro, check it dot...


artikel terkait






Penyakit Yamaha NMAX dan Solusinya  

Stang Kemudi Getar

Kebanyakan para pengguna Yamaha NMAX mengeluhkan adanya getaran yang sampai ke tangan saat tarikan awal pada matic andalan Yamaha tersebut. Getaran ini bisa bersumber dari baud engine mounting yang kendor, jadi lakukan pengecekan terlebih dahulu. Tapi jika baud tersebut masih dalam kondisi kencang atau seret bisa menggunakan solusi lain dengan memasang jalu alias pemberat stang untuk meminimalisir getaran tersebut.

Tensioner Yamaha NMAX

Masalah tensioner yang lemah sebenarnya sudah sering gua omongin diartikel – artikel lain dan ini umum terjadi pada sepeda motor jenis apapun mulai dari bebek, matic dan sport. Tensioner yang lemah untuk jangka pendek akan menimbulkan noisy atau suara mengglitik pada bagian mesin, tapi jangka panjangnya akan menimbulkan masalah yang berat. Karena tensioner tidak lagi menonjok keteng (rantai mesin) dengan sempurna, dan mengakibatkan keteng loncat atau bergeser dari sentrik dan kruk as sehingga timing pengapian menjadi kacau dan ujung – ujungnya piston dan klep saling berbenturan.

Solusi yang tepat adalah mengganti tensioner, tapi jangan memakai produk after market yang aneh aneh ya bro... Sebab salah penanganan akan berbuntut panjang bro, maksudnya jika lo pakai jenis tensioner yang penyetelannya berupa baud atau lo rubah sendiri seperti part yang gua maksud. Ujung – ujungnya dompet lo akan tipis karena tensioner akan menekan sesuai setelan manual dan tidak memanfaatkan oli mesin sebagai perantara pengatur tegangan tensioner ke lidah keteng kemudian diteruskan ke keteng.

Memang untuk motor kompetisi tensioner jenis seperti ini banyak dipakai atau diaplikasikan, tapi untuk motor harian sebaiknya untuk menghindarinya. Karena tensioner setelah melakukan penyetelan pertama motor memang terasa adem, tapi selang beberapa waktu akan timbul suara noisy (berisik / kasar) lagi. Kemudian di stel kembali dan berisik lagi, sampai pada suatu titik dimana keteng / rantai mesin sangat tegang dan terputus.
Saat itu biasanya posisi lidah keteng bagian atas pecah, keteng putus, piston tabrakan dengan klep sehingga motor mogok total, duh bro.. pokoke ngeri tenan (intinya ngeri banget). Biar lebih jelasnya gua kasih link artikel terkait...

Suara Yamaha NMAX Kasar

Pada umumnya motor matic yang mengalami suara kasar ditimbulkan dari bagian mesin dan bagian CVT begitu juga dialami oleh Yamaha NMAX. Untuk bagian mesin pada Yamaha NMAX problem tersebut sudah gua omongin diatas, jadi ngga perlu dibahas lagi. Sedangkan untuk bagian CVT gua singgung di bagian video ya bro... dan sedikit tulisan dibawah ini.


cvt yamaha nmax


Tarikan Yamaha NMAX Berat

Sering kali para biker Yamaha NMAX mengeluhkan tarikan motornya berat, hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor mulai dari roller yang mulai aus, filter udara yang mampet, percikan api busi yang sudah tidak center, tekanan pompa bahan bakar yang lemah, injector yang mampet dan sistem injektor yang mengalami gagal proses sehingga menimbulkan kode kerusakan di ECU.

Solusinya bisa mengganti part – part terkait dan melakukan cuci injektor kemudian di reset kode kerusakan yang tersimpan didalam ECU. Langkah ini ngga semuanya berhasil dan sama pada motor Yamaha NMAX lain, karena tergantung problem yang terjadi pada motor tersebut. 

CVT Yamaha NMAX Getar

Hampir semua motor matic mengalami tarikan awal getar dan penyebabnya sebenarnya ada banyak sekali dari debu yang berada di dalam CVT. Oli mesin atau oli gardan yang bocor dan masuk ke CVT, yang disebabkan karena sil / seal CVT aus alias rusak. Dan grease (gemuk) CVT yang bocor dan menempel di outer clucth / mangkok kopling dan vbelt, maka dari itu bro lakukan perawatan berkala pada bagian CVT. Mulai dari pembersihan setiap 8.000 km dan penggantian Vbelt roller set setiap 24.000 km, tidak ketinggalan juga lakukan penggantian greas.  

 Mur Pulley Depan Yamaha NMAX Terlepas

Kejadian ini cukup sering terjadi pada Yamaha NMAX yang baru melakukan penggantian Vbelt atau sekedar membersihan dan melakukan bongkar pasang pada bagian CVT mulai dari mur pulley depan ring 17 mm dan mur pulley belakang ring 24 mm. Tapi masalah sering terjadi pada mur pulley depan yang terlepas / copot dari kruk as (crank shaft), sehingga menyebabkan kipas pulley alias face drice rompal dan rusak.

Lebih parahnya lagi pada blok CVT terkadang pecah karena benturan tersebut, untuk meminimkan kejadian tersebut sebaiknya saat pemasangan mur pulley depan perhatikan posisi tanda titik yang seharusnya berada pada posisi luar. Atau dengan memakai mur model topi, karena mur model ini dapat mengikat posisi kruk as lebih kuat. Tapi jangan lupa perhatikan torsi pengencangan mur tersebut saat pemasangan pulley depan dan belakang pada bagian CVT.

Untuk lebih jelasnya berikut videonya bro, tapi jangan lupa selalu untuk subscribe terlebih dahulu ya itung – itung lo bantu gue ngembangin blog dan channel gua he.. he...




Akhir kata dari gua selaku admin dimari, tetep keep riding no arogan dan salam satu aspal... jangan lupa share ya bro...

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Saya mau tanya yamaha nmax saya susah di hidupkan ..berulang kali starter tp tdk bisa hidup..sekali nya hidup langsam nya rendah.dan suaranya dok dok dok.....tp langsung hilang setelah tarik gas.

    BalasHapus
  2. sama kayak Nmax saya, penyebabnya seal kompresinya lemah mas bro, jadi kompresi loss, punya saya diservis ganti seal, normal mas bro

    BalasHapus
  3. Motor nmax saya bunyi grubuk² dikeceptn 15_20km

    BalasHapus