Ciri – Ciri dan Penyebab Dinamo Starter Motor Rusak atau Kadang - Kadang Berfungsi

Sejeworks – Motor starter alias dinamo starter adalah komponen elektrik pada sepeda motor yang cukup sering terjadi masalah. Memang masalah tersebut tidak terlalu membahayakan bagi pengendara tapi kadang menyebalkan terutama bagi para biker wanita. Tapi bro, buat para biker yang kebetulan kuda besinya tidak memakai kick starter alias engkolan ini jadi masalah yang serius karena sepeda motor akan susah untuk menghidupkannya.

Sebenarnya ngomongin dinamo starter ada banyak trobel atau masalah yang sering dihadapi, mulai dari dinamo starter yang rusak, putaran dinamo starter lemah, dinamo starter berputar tapi mesin tidak berputar (tidak nyangkut). Kemudian aki motor baru ganti tetapi dinamo starter tidak berputar dan starter motor berbunyi tek – tek, nah itu semua sedikit trobel yang sering terjadi pada dinamo starter. Untuk lebih jelasnya baca artikel ini sampai kelar ya bro... dan jangn lupa share ke komunitas lo..

Rangkaian Sistem Elektrik Starter Motor

Rangkaian Sistem Elektrik Starter Motor Bebek (Cup)

Untuk rangkaian elektrik starter motor bebek biasanya lebih simpel jika dibandingkan dengan jenis motor lainnya, komponen yang terkait adalah accu, sekring (fuse), swit starter, relay starter, dan dinamo starter.

Rangkaian Sistem Elektrik Starter Motor Matic

Sedangkan untuk motor matic, sistem elektrik starter terdapat sedikit tambahan yaitu dengan memanfaatkan swit rem depan dan swit rem belakang yang harus ditarik dan dibarengi dengan nenekan tombol swit starter. Komponen terkait adalah accu, fuse, swit rem depan dan belakang, relay starter, swit standar samping dan dinamo starter.

Rangkaian Sistem Elektrik Starter Motor Batangan (Sport)

Lain halnya dengan motor – motor  batangan atau dengan kata lain motor sport termasuk juga jenis motor ayago (ayam jago) he... he..., pada sistem kelistrikan motor tersebut terdapat tambahan part yaitu swit kopling dan dioda kopling sebagai pembalik arus saat swit kopling ditarik. Komponen sistem elektrik starter pada motor sport antara lain,accu, fuse, swit kopling, dioda kopling, swit starter, relay starter, dan dinamo starter.  


dinamo starter




Penyebab Starter Motor Rusak Tidak Berfungsi

Accu / aki yang mulai ngedrop

Tegangan accu dalam kondisi baik seharusnya 12,50 volt dan pada saat kunci kontak keadaan ON kemudian tombol starter ditekan maka tegangan accu akan turun minimal diatas 11,00 volt, agar dinamo starter bisa berputar. Jika tegangan accu kurang dari 10,00 volt besar kemungkinan accu mulai ngedrop, hal ini bisa ditandai dengan suara klakson yang tidak lagi kencang / mblerek, nyala lampu sen yang tidak lagi terang. Karena klakson, lampu sen dan starter langsung dibebankan ke aki / accu, jadi kalau aki ngedrop akan langsung berpengaruh pada sistem kerja komponen tadi.

Relay Starter / Bendik

Fungsi dari relay starter alias bendik adalah sebagai saklar otomatis yang akan terhubung jika dialirkan tegangan listrik tegangan kecil kemudian akan membuka arus listrik tegangan besar. Pada relay starter terdapat 4 kabel, 2 kabel kecil dari swit saklar starter dan 2 kabel besar dari aki menuju dinamo starter. Relay starter yang rusak akan ditandai tidak ada suara cetak – cetek pad saat swit starter ditekan, selain itu jika relay starter rusak kadang terjadi konsleting / korsleting sehingga dinamo starter akan berputar walaupun tombol swit starter ditekan.

Tombol Swit Starter

Tombol swit starter atau saklar starter pada umumnya sepeda motor terletak disebelah kiri handel stang, memang ada beberapa pabrikan sepeda motor yang sengaja tidak memakai elektrik starter secara otomatis tidak mempunyai swit starter.

Motor Starter atau Dinamo Starter


Nah ini part inti yang sedang kita omongin, dinamo starterpada umunya terletak disekitar mesin. Untuk motor bebek (cup) dan batangan (sport) biasanya dekat dengan blok magnet, karena dinamo starter tersebut berhubungan langsung dengan pinion starter kemudian menyambung langsung ke one way starter yang terletak dibagian belakang magnet.
Sedangkan pada motor matic posisi dinamo starter biasanya terletak dekat bagian CVT dan dekat dengan posisi bandul atau crank shaft. Kerusakan pada dinamo starter sangatlah beragam mulai dari sikat starter yang habis terkikis karena pemakaian, magnet yang pecah dan adanya konsleting / korsleting pada bagian lilitan kawat tembaga.    

Pinion Starter dan One Way Starter

Pinion starter adalah part penghubung antara dinamo starter dengan magnet dan stang starter (crank shaft), sementara one way starter adalah part pembalik putaran crank shaft (stang seher). Letak one way starter berada dibagian belakang dari magnet pada motor bebek (cup) dan motor batangan (sport), sementara untuk motor matic Yamaha terletak dibagian CVT belakang pulley depan. Sedangkan untuk matic Honda tidak menggunakan one way starter tapi hanya pinion starter saja.

Kerusakan pada one way starter atau pinion starter bisa ditandai dengan kondisi dinamo starter yang berputar saat tombol swit starter ditekan, tapi kondisi mesin tidak ikut berputar. Bisa dikatakan mesin tidak ikut nyangkut mengikuti putaran dinamo starter, hal ini sering kali terjadi pada sepeda motor yang telah berumur.  

Jalur Kabel Elektrik Starter

Ini part yang sering kali dikesampingkan tapi ternyata sesuatu yang sangat vital pada sistem elektrik starter, rangkaian kabel yang terbuka atau putus akan membuat sistem elektrik starter terganggu. Selain itu soketan dan baud pada dinamo starter yang tidak kenceng juga akan mengganggu kinerja dinamo starter.

Cara Kerja dan Pemeriksaan Motor Starter Motor

Setiap sepeda motor mempunyai prinsip kerja motor starter yang berbeda, maksudnya untuk memutar dinamo starter / motor starter memerlukan komponen lain sesuai dengan urutan kerja pada sistem elektrik tersebut. Ambil contoh pada sepeda motor sport terdapat swit kopling dan dioda kopling sebagai komponen sistem elektrik starter, sedangkan pada motor matic terdapat swit rem belakang dan swit rem depan sebagai salah satu komponen elektrik starter. Untuk mempersingkat waktu langsung saja check it dot bro...


artikel terkait bro...


Pemeriksaan Motor Starter / Dinamo Starter

Sebenarnya ada cara yang paling gampang untuk memeriksa motor starter atau dinamo starter bisa berfungsi dengan baik apa tidak, cara ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Yaitu dengan menyambung langsung accu / aki dengan dinamo starter, jika dinamo starter berputar berarti dinamo starter tidak ada masalah. Tapi jika dinamo starter tidak berputar, besar kemungkinan adanya kerusakan pada sikat starter atau arang starter alias brush. Dan kerusakan pada komponen lain yang terdapat pada dinamo starter seperti magnet, armature coil (lilitan tembaga) dan dan commutator bar (lempengan komutator). Komponen yang ada didalam dinamo starter yang kotor juga mempengaruhi arus listrik yang masuk ke posistive brushes (sikat positif / arang positif), maka dari itu saat pembongkaran dinamo starter lakukan pembersihan secara menyeluruh bro..  

Biar tambah jelas kayak apa sih bagian – bagian dinamo starter, tonton saja video berikut sampai kelarnya ya bro... tapi jangan lupa subscribe, like and share ya... ya itung – itung buat bantu gua agar tetap eksis. Kalau mau nanya – nanya di channel saja ya bro.. kalau bisa, ada sempat akan gua jawab,



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan ya bro, hormati pejalan kaki dan salam satu aspal...   

Posting Komentar

7 Komentar

  1. tooop om artikelnya, ane sendiri baru banget ganti aki, setelah ampir 2 taun aki coba dicas pake alat cas aki ternyata gak ngangkat, fix ganti aki baru! pas pasang, kok pas pencet tombol starter kaya ada jeda sekian setengah detik sampai mesin nyala, kaya ada putaran yg lemah entah itu di dinamo starter mungkin, saya baru ganti arang starter sekitar 1,5 taun lalu. Motor batangan klx taun 2011.

    BalasHapus
  2. Saya punya xeon rc. Awalnya starter kadang bisa kadang cetek² doang. Kamarin sekalinya gagal aki langsung habis(seperti konslet). Saya coba pakai aki lain yang masih penuh (jumper) distart bendik bunyi kreeeeekk, nggak nyala tapi kabel aki hangat. Tapi distarter samping nyala asal. Kira² bagian mana yang rusak ya?

    BalasHapus
  3. Bang kalo gear starter nya rusak kenapa ya?padahal kemaren baru aja ganti baterai,oli,dinamo,gear starter,kok udah rusak lagi gear starter nya bg?apa penyebabnya ya bg?

    BalasHapus
  4. Wah Terima kasih setelah saya cari tau kesana kesini ternyta jawabannya ada di artikel ini. Artikel yang bermanfaat sekali.
    https://arief125.xyz

    BalasHapus
  5. Ini dinamo stater untuk motor apa ya

    BalasHapus
  6. Halo om, saya izin tanya semoga dijawab. Motor saya vespa primavera 2014. Tiba2 gabisa distarter padahal sehari sebelumnya saya pakai normal2 aja, saya cek rileynya berfungsi, sekring aman semua, aki baru ganti sekitar 3 bulan yg lalu. Lampu klakson dan bagian standart otomatic semua normal. Waktu dicoba distarter tidak ada reaksi apapun atau suara apapun, kira2 apanya ya om, terima kasih sbelumnya:)

    BalasHapus
  7. Misi om mau tanya,, ane ada motor fino fi setiap kali di stater susah hidup alias harus ktemu celahnya dulu baru mau hidup dan klakson nya ikutan lemah bunyi nya padahal kondisi tegangan aki nya joss(kondisi baru) ,, kira-kira apa yaa om penyababnya?
    "kalau ada yg tau mungkin bisa tolong di bantu"
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus