Cara Memperbaiki Rem Cakram Belakang dan Rem Tromol Belakang yang Tidak Pakem

Sejeworks – Long time ngga nongol dan kali ini yang mau dibahas masalah rem belakang yang ngga pakem atau malah blong saat sepeda motor dipakai berkendara. Dipasaran secara garis besar terdapat 2 jenis rem belakang yaitu cakram dan teromol, untuk rem cakram belakang biasanya dipakai pada motorsport dan motor matic yang bervolume silinder besar. Contohnya Honda PCX 150 dan Yamaha NMAX, TMAX sedangkan untuk rem teromol banyak dipakai pada motor bebek dan matic yang mempunyai CC dibawah 150.  

Cara Mengatasi Rem Cakram Belakang Tidak Pakem


Ada 2 jenis rem cakram belakang yang diaplikasikan pada sepeda motor, mulai dari sistem tarik yang terletak pada posisi stang kemudi sebelah kiri dan biasanya terdapat pada motor matic. Sedangkan cara pemakaian dengan diinjak biasanya diterapkan pada jenis motorsport dan cup, kerusakan pada rem cakram entah cakram depan atau cakram belakang sebenarnya hampir sama bro.

Kerusakan dan Cara Memperbaikinya Rem Cakram Belakang

Sama halnya dengan rem cakram depan, rem cakram belakang juga sebenarnya mempunyai masalah yang hampir sama seperti rem cakram depan. Kerusakan tersebut diantaranya rem yang ngelos atau blong, rem berbunyi, rem yang seret dan tentunya masih banyak lagi bro.. Untuk mempersingkat waktu langsung saja check it ya bro...

Sil Master Rusak

Secara kinerja rem cakram mengandalkan tenaga hidrolik atau tekanan dari media fluida (minyak rem), tekanan dari minyak rem berasal dari sil master yang ditinjok / tekan oleh handel rem. Minyak rem tersebut akan menekan piston kaliper, kemudian piston tersebut akan menekan kanvas rem kearah piringan cakram.


piringan cakram oleng


Sil master adalah komponen pertama dan sangat vital untuk memulai proses pengereman, tapi sil master sering kali mengalami kendala. Mulai dari sil master yang mbagel dan bocor, solusinya mau ngga mau harus menggantinya dengan sil master rem yang baru. Untuk lebih jelasnya dibawah ini artikel terkait bro..

artikel terkait bro...



Rusaknya sil master akan mengakibatkan rem cakram menjadi mbagel dan dalam jangka panjangnya akan membuat rem cakram menjadi ngelos. Maka dari itu bro segera lakukan perbaikan karena hal ini sangatmempengaruhi keselamatan lo dalam berkendara.

Piringan Cakram Oleng dan Piringan Cakram yang Terkikis

Kondisi piringan cakram juga sangat berpengaruh pada sistem pengereman, mulai dari piringan cakram yang terkikis atau kemakan karena faktor usia part tersebut dan karena terlambat mengganti kanvas rem yang telah habis. Kemudian piringan cakram yang oleng, biasanya hal ini disebabkan karena motor jatuh atau tabrakan.


rem belakang seret



Solusi satu – satunya jika piringan cakram terkikis atau aus dengan menggantinya dengan part terbaru, sementara jika piringan cakram dalam kondisi oleng bisa dilakukan pres terlebih dahulu. Tapi ini tidak seratus persen berhasil bro, kadang ujung – ujungnya menggantinya dengan part terbaru.  

Spring Pad Rusak atau Hilang

Spring pad atau biasa disebut sebagai kuningan rem cakram alias seng / zink rem cakram, fungsinya untuk membalikan dan menjaga posisi kanvas rem tetap pada jalurnya. Spring pad yang rusak atau hilang biasanya diakibatkan karena kesalahan pada saat memasang kanvas rem tersebut. Pemasangan kanvas rem yang memaksa tanpa memperhatikan kanvas rem yang menekan atau menghimpit spring pad, sehingga kondisi spring pad rusak.

Minyak Rem Habis

Sebenarnya penggantian minyak rem dianjurkan setiap sepda motor menginjak kilo meter 24.000 ribu atau 2 tahun, tapi sayangnya kadang para biker kurang memahaminya. Dan penggantian minyak rem tersebut sering kali menunggu part terkait rusak seper sil master rem dan komponen rem lainnya.

Apakah minyak rem bisa habis ? tentu saja iya hal ini disebabkan karena sil master rem rusak sehingga minyak rem bocor keluar dari master rem. Kemudian saat kanvas rem habis minyak rem akan menurun dari dari master rem, tapi saat penggantian kanvas rem kondisi minyak rem akan kembali naik seperti keadaan semula. Tapi kadang kala saat kanvas rem benar – benar habis dan minyak rem mempunyai takaran yang sedikit akan mengakibatkan angin palsu alias masuk angin. Nah kalau sudah begini harus ditambahin minyak rem atau lakukan pengurasan, biar lebih jelas cara menguras minyak rem. Ini videonya bro, tapi jangan lupa subscribe ya he... he...

Sil Piston Rem Mekar

Sering kali padasepeda motoryang telah berumur akan mengalami kerusakan pada sil piston rem cakram, hal ini akan menimbulkan pergerakan piston yang terganggu. Sehingga saat dilakukan pengereman piston akan susah menonjok keluar dan saat tidak mengerem piston rem akan susah kembali ke posisi awal. Nah ini yang membuat putaran roda seret jika motor dimaju atau mundurkan dalam keadaan mesin off.       

Cara Memperbaiki Rem Teromol Belakang

Rem teromol pun sama seperti rem cakram akan mengalami kerusakan jika telah dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama, kerusakannya sangat bervariasi mulai dari rem ngelos atau blong. Rem tidak pakem dan rem tidak mau kembali saat dilakukan pengereman, untuk rem yang mau kembali biasanya disebabkan karena adanya kotoran pada paha rem dan tidak dilakukan pembersihan pada waktu penggantian kanvas rem. Nah biar lebih jelasnya baca aja bro sampai kelar tulisan ini he... he... 

Teromol Belakang Aus

Teromol belakang terletak pada velg yang berfungsi sebagai komponen yang dipaksa untuk berhenti bergerak saat kanvas rem menekannya. Karena kedua part ini saling bergesekan secara langsung maka lama – kelamaan kedua part tersebut akan terkikis atau aus. Kanvas rem biasanya part yang pertama kali akan aus sehingga sering kali dilakukan penggantian, nah sebaliknya dengan teromol. Komponen ini jarang sekali diganti karena menyatu dengan velg dan harganya lumayan mahal he.. he...

Untuk meminimalisir biaya penggantian bisa melakukan las babet pada teromol bagian dalam atau kadang para biker menyebutnya tambah daging teromol. Untuk sepeda motor yang memakai velg racing hal ini solusi yang cukup efektif karena harga velg original dari pabrikan sekitar 1 jutaan.        

Paha Panel Rem Macet

Sering kali saat penggantian kanvas rem teromol hanya membersihkan bagian teromol saja tanpa memperhatikan paha panel rem teromol. Padahal paha panel rem teromol yang kotor akan menimbulkan kinerja rem teromol terganggu, akibatnya rem teromol tidak mbalik atau kembali keposisi saat tidak dilakukan pengereman. Maka dari itu sebaiknya saat melakukan penggantian kanvas rem teromol juga dilakukan pembersihan pada paham rem teromol belakang.

Biar ada gambaran tonton sampai kelar video ini bro, tapi jangan lupa subscribe ya bro he....




Akhir kata dari gua, tetep safety first and keep riding no arogan hormati juga para pejalan kaki. Salam satu aspal... wor ... wor...

Posting Komentar

0 Komentar