Motor Terjatuh atau Tabrakan, Apa Perlu ? Pres Segitiga, Pres Body dan Pres Velg


Sejeworks –  Sorry bro, Lama ngga nongol di blog paling keren menurut gua sendiri he... kali ini yang mau dibahas masalah pres mengepres sepeda motor. Mulai dari pres segitiga, pres body atau kerangka, pres velg, pres as shock dan pres piringan cakram dan lain sebagainya. Apa sih penyebab hal – hal tersebut harus dilakukan ?, biasanya disebabkan karena motor tabrakan dan terjatuh, entah itu benturan keras atau hanya terjatuh saat memakirkan sepeda motor.


pres body motor



Apakah setiap motor terjatuh atau tabrakan harus melakukan semua pres tersebut ? jawabnya tidak bro, hal ini tergantung dari jenis kerusakannya. Karena ada kerusakan parah, sedang atau hanya sekedar lecet dan stang kemudi yang bengkok. Jadi pada intinya setiap motor yang mengalami benturan entah itu jatuh atau tabrakan tidak akan sama keruskan yang dialaminnya. Nah untuk lebih jelasnya baca tulisan ini sampai selesai dan jangan lupa di share ya bro... he.. biar ngga banyak muter - muter langsung saja check it dot bro...

Pres Segitiga
Pres segitiga adalah hal yang paling sering kali jika motor terjatuh atau tabrakan, biasanya segitiga akan bengkok atau mlintir alias tidak center lagi. Untuk mengetahui apakah segitiga bengkok atau tidak bisa dilihat dari lurus tidaknya antara roda depan dengan spakboar depan. Jika bagian spakbor cendrung lari kebagian kiri sementara roda depan lari kesebalah kanan maka besar kemungkinan segitiga bengkok. Begitu pula sebaliknya jika spakboar lari ke sebelah kanan dan roda depan lari kesebelah kiri maka kemungkinan besar segitiga bengkok.

Apakah hanya segitiga saja yang perlu dipres ? terkadang segitiga yang bengkok / mlintir akan merembet ke komponen lainnya seperti pipa as shock depan, as roda depan, piringan cakram dan stang kemudi. Untuk pipa shock depan dan as roda depan sebaiknya dilakukan pengecekan dan pres sekalian, e... sukur – sukur diganti jika kedua part tersebut bengkok parah. Karena pres pada komponen tersebut tidak 100 % mengembalikan pada posisi semula, kurang lebih hanya 90 % komponen tersebut ok dan sisanya pasti oleng atau tirus.

Hasilnya terkadang pipa as shock depan akan cepat bocor, karena kondisinya sudah oval dan tidak center lagi. Jadi kalau segitiga dan pipa as shock depan bengkok parah maka sebaiknya lakukan penggantian pada pipa as shock depan dan kemudian lakukan pres segitiga. Untuk melakukan pres segitiga sebaiknya komstir sepeda motor juga dilakukan penggantian untuk memaksimalkan hasil pengerjaan bro..

Biaya pres segitiga berkisar antara Rp 50 ribu – Rp 100 ribu tergantung bengkel pres tersebut, sedangkan komstir original berkisar Rp 100 ribu – Rp 250 ribu tergantung jenis sepeda motor tersebut.

Pres Body Sepeda Motor
Pres body ini lebih ekstream lagi dari pada pres segitiga, karena semua cover body segitiga harus dilepas dari sepeda motor. Tujuannya untuk menyenterkan alias meluruskan dan mengembalikan kembali kerangka / sasis yang bengkok karena tabrakan atau terjatuh. Untuk mengetahui apakah sasis harus dilakukan pres body maka bisa dilihat ciri – cirinya bro, diantaranya spakboar belakang dengan roda belakang tidak center atau lurus. 

Kemudian bisa dilihat juga dari jarak antara stang kemudi dengan jok bagian depan, karena pada umumnya jika ada benturan maka sasis depan akan terdorong kebelakang.
Untuk melakukan pres bodi sebaiknya juga dilakukan penggantian komstir, karena biasanya pelor baja tersebut akan rusak karena benturan yang disebabkan karena tabrakan atau sepeda motor yang terjatuh dengan keras. Biaya pres body sepeda motor biasanya Rp 250 – Rp 350 ribu tergantung parah tidaknya pada sasis atau kerangka motor tersebut.

Pres Velg
Para bro pastii tahulah ada 2 jenis velg yang yaitu velg jari – jari dan velg racing atau lebih dikenal velg palang, penyebab kerusakan pada kedua velg tersebut sebenarnya sama yaitu benturan yang keras. Entah berasal dari tabrakan, jatuh atau melewati jalan yang terjal dan bergelombang, tap akibatnya pada velg akan berbeda. Jika velg racing biasanya bengkok pada bagian tapak dan paling parahnya adalah pecah, tapi lain halnya untuk velg jari – jari.

Kerusakan pada velg jari – jari biasanya adanya bengkok pada bagian jari – jari dan tapak velg tersebut, solusinya bisa dilakukan pres velg untuk velg jari – jari. Sedangkan untuk velg racing  bisa dilakukan pres velg dan las babet pada permukaan velg yang pecah, tapi untuk memperoleh hasil terbaik saran gua mending ganti velg yang terbaru bro..
Nah untuk lebih jelasnya tonton dan jangan lupa subscribe video dibawah ini bro...
Masih proses

Akhir kata dari gua tetap keep riding no arogan, hormati pejalan kaki dan jangan sebar berita hoak ya bro... mending sebar artikel dari blog paling keren ini he....

Posting Komentar

0 Komentar