Cara Merawat dan Memakai Remote Kunci Honda Smart Key System

Sejeworks - Honda Smart Key System ini adalah teknologi yang belum lama dikeluarkan oleh AHM (Astra Honda Motor) selaku ATPM Honda di Indonesia, Honda Samart Key Sistem ini diterapakan pada motor PCX 150, SH150i, Vario 150, Forza 250 dan Super Cub 125. Sebenarnya artikel tentang Honda Smart Key pernah gua buat tapi tidak spesifik seperti sekarang ini, maka buat lo yang mau beli motor – motor tersebut atau sudah beli motor tersebut baca artikel dan tonton video ini sampai kelar ya bro... dan tambah lagi baca buku panduan pemakaian dengan teliti he...


remote honda pcx 150 hilang




Jujur bro, banyak sekali para pemakai motor tersebut kurang paham cara perawatan dan pemakaiannya, ya ... kalau urusan perbaikan serahin saja sama mekaniknya.. Tapi balik lagi pengetahuan ppemakai juga harus di upgrade ya... he... Caranya bagaimana ? lo tinggal nongkrong aja tiap hari di blog yang paling keren ini menurut emak gua he... he...  Sebelum kita ngomongin lebih dalam lagi mendingan kita cari dulu apa kekurangan dan 

kelebihan dari Honda Smart Key, langsung saja check it dot...

Kelebihan Memakai Honda Smart Key

Praktis dan Mudah
Praktis disini maksudnya tidak perlu kunci kontak (anak kunci) yang diperlukan hanya menekan remot Smart Key.

Mewah dan Berkelas
Jika pada umumnya sepeda motor memakai anak kunci saat menghidupkan motor, maka lo bakalan lain dari yang lain bro... istilahnya pede bingitlah he..

Aman Dari Pencuri
Nah ini faktor utamanya, jadi lo ngga perlu khawatir saat memarkirkan sepeda motor. Mau maling pakai kunci palsu atau merusak kabel kunci kontak, motor ngga bakalan bisa dihidupkan. Apakah bisa menghidupkan sepeda motor memakai remot lain ? ngga bisa bro, karena setiap motor hanya mempunyai satu kode ID Tag yang tersimpan di ECU dan SCU.


id tag smart key


Kekurangan Smart Key System

Harga Honda Smart Key yang relatih mahal jika dibandingkan dengan kunci kontak konvesional (model lama).  Kenapa mahal ? karena sistem kerjanya elektronik dan terdiri dari beberapa komponen diantaranya Remote Smart KeY, Smart Handle Lock (Knob / Ignition Swith, Seat Opener, SCU (Smart Control Unit), ID Tag, Emergency Key. Untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot bro..

Komponen Honda Smart Key Sistem

Remote Honda Smart Key
Remote ini berfungsi sebagai On / OFF Honda Smart Key, Answer Back System dan Anti Teft Alarm System. Pada remote Honda Smart Key terdapat lampu LED yang bisa menyala merah dan hijau, lampu tersebut sebagai indikasi proses On atau Off. Saat lampu menyala merah berarti perintah OFF dan jika lampu menyala hijau maka berarti perintah ON untuk setiap fungsi.

ID Tag
Nah ID Tag ini sangat penting bro.. tapi sering kali disepelakan, setiap Honda Smart Key mempunyai Id yang berbeda – beda jadi tidak bisa saling tukar antara motor Honda yang memakai Smart Key. Dan setiap motor Honda yang memakai Smart key mempunyai dua ID Tag yaitu, ID cadangan dan ID utama.

ID cadangan cirinya tidak terdapat kode bintang pada awal angka dan ID utama terdapat kode bintang pada awal angka. Nah ID Tag utama ini harus selalu disimpan dan tidak boleh hilang bro... kalau hilang lo bakalan merogoh saku dalam banget sekitar 6 juta rupiah buat mengganti Smart Key tersebut. Beneran itu bro ? yoi bener banget bro, untuk lebih jelasnya tetep stay di blog paling keren ini ya bro dan baca artikel ini sampai kelar he... he...

Fungsi ID Tag 

Menghidupkan motor saat emergency mode.
Registrasi tambahan saat semua Honda Smart Key hilang.
Registrasi immobilizer ID saat Smart Control Unit diganti (khusus ID Tag yang terdapat asterik).   

Emergency Key
Bentuknya hampir kaya gentungan kunci tapi berfungsi untuk membuka kunci dan mengunci jok saat kondisi batrey ngedrop dan Honda Smart Key hilang. Pada bagian samping dari emergency key hampir mirip dengan bagian belakang kunci kontak, dan fungsinya pun hampir sama yaitu untuk membuka dan menutup safety key (kunci kontak konvesional). Sedangkan Emergency Key berfungsi untuk membuka dan mengunci jok jika accu ngedrop atau remote Smart Key hilang.

EM Connector
EM Connector alias alat jumper atau soket penyambung kabel, alat ini digunakan untuk melakukan prosedur emergency mode atau keadaan darurat. Contoh keadaan darurat tersebut accu dalam keadaan lemah, remote Smart Key hilang dan mengganti Smart Control Unit. EM Konektor biasanya tergabung dalam tool kit bawaan motor, mulai dari tang, kunci busi, obeng dan kunci pas 12 – 14.

Honda Smart Lock
Sering kali Honda Smart Lock disebut juga sebagai Ignition Switch alias knob yang berfungsi untuk otenfikasi / pengenalan antara Honda Smart Key dengan Smart Kontrol. Selain itu knob juga berfungsi untuk saklar kontak dan kunci stang, selama remote smart key belum di hidupkan / On maka knob tidak dapat diputar On dan sistem kelistrikan hidup.
Tapi jika memang ada yang memaksa knob diputar dengan keras dan dipaksa pada saat kondisi remote OFF, maka torsi pembatas melindungi modul dengan cara membuat saklar kontak berputar.  

Seat Opener Swith
Bahasa sederhananya adalah saklar pembuka jok atau kunci pembuka jok, sebenarnya seat opener swith ini hampir mirip dengan motor – motor Honda lainnya yang memakai pembuka jok dengan menekan tombol Seat. Yang membedakannya disini adalah adanya emergency cylinder yang terletak di samping kanan dari seat opener swith, cara membukanya harus melepas cover kecil yang ada disamping seat opener. Kemudian masusakan emergency key ke emergency cylinder dan putar kearah kiri atau ke bawah, maka secara otomatis jok akan terbuka.

Cara diatas digunakan jika mau membuka jok sementara remote smart key tertinggal atau jatuh dan saat batrey ngedrop. Emergency cylinder bentuknya hampir menyerupai dari bantuk pengaman kunci kontak (safety key) model biasa (konvensional) yang berfungsi melindungi lubang kunci kontak.

Cara Menghidupkan dan Mematikan Motor dengan Smart Key System

Untuk menghidupkan Honda PCX 150 dan Honda Vario 150 mempunyai sedikit perbedaan, untuk labih jelasnya langsung saja check it dot bro...

Honda PCX 150
Tekan tombol On/Off (lambang kunci) dari remote smart key sampai lampu LED yang terdapat diremote menyala hijau.
Tekan knob/kunci kontak kedalam kemudian putar ke posisi (I) ignition.
Langkah terakhir yaitu dengan menarik rem belakang dan tekan tombol starter, ingat bro hanya rem belakang ya bukan rem depan.

Honda Vario 150
Tekan tombol On dan Off (lambang kunci) pada remote smart key hingga lampu LED di remote tersebut menyala hijau.
Selanjutnya tekan tombol starter satu kali, hal ini yang membedakannya dengan Honda PCX.
Langkah selanjutnya putar knob ke posisi (I) ignition dan lakukan langkah seperti menghidupkan motor matic Honda pada umumnya dengan menarik rem (bisa rem depan atau rem belakang) dan menekan tombol starter.

Cara Mematikan Motor dengan Smart Key

Posisikan knob (kunci kontak) pada posisi Off, kemudian tekan knob atau kunci kontak untuk mematikan motor.
Tinggalkan sepeda motor dengan jarak lebih dari 2 meter.
Kemudian dekati motor dengan jarak jangkaun kurang dari 2 meter.
Langkah terakhir tekan tombol On/Off dari remote smart key ke posisi Off atau nyala lampu LED berwarna merah.

Cara Merawat Remote Honda Smart Key System
Jangan jatuhkan atau memberikan tekanan yang berlebihan pada remote smart key.
Jangan biarkan remote terkena sinar matahari langsung dan dalam jangka waktu yang cukup lama.
Jangan biarkan remote terkena air secara langsung atau usahakan remote selalu dalam keadaan kering.
Jangan dekatkan remote dengan benda yang mengandung medan magnet dan benda – benda elektronik seperti TV, HP, PC dan Laptop.
Jangan tinggalkan remote didalam bagasi, sebab motor akan bisa dihidupkan.

Masalah yang Sering Terjadi Pada Smart Key System

Batrey atau Accu Sepeda Motor Ngedrop
Accu alias aki pada sepeda motor yang mulai ngedrop akan berimbas pada saat menghidupkan sepeda motor, penjelasan simpelnya kunci Honda PCX 150 atau Vario 150 tidak bisa diputar sama sekali. Nah untuk itu gunanya emergency key, yang bisa membuka jok secara manual tanpa memutar knob.

Batrey Remote Ngedrop
Ternyata ada batrey lagi bro, ya lebih tepatnya berada pada remote smart key tersebut. Umur batrey remote berkisar antara 2 – 3 tahun tergantung pemakian bro, bentuk batrey tersebut menyerupai bentuk batrey jam tangan.

Remote Smart Key Hilang Jatuh
Namanya juga manusia ya bro... terkadang dan sering kali kita lalai menghilangkan suatu barang, karena ini kita lagi ngomongin remote Smart Key jika hilang jatuh atau sebab lain kek.. maka lo masih bisa menbelinya di dealer bengkel Honda terdekat. Dengan catatan ID Tag utama tidak ikut hilang, tapi jika ternyata ID Tag utama hilang maka ini cobaan buat lo bro... yang sabarnya he...

ID Tag Utama Hilang
Pada tulisan gua diatas sudah gua singgung betapa pentingnya ID Tag Utama ini, jadi sebaiknya simpan di tempat yang aman atau foto nomor ID Tag tersebut dan simpan difolder laptop atau penyimpanan file seperti google drive. Tujuannya agar jika halnya diinginkan ini terjadi, lo masih bisa berjaga – jaga bro..

Nah biar lebih jelas tonton dan jangn lupa subscribe videonya bro...






Akhir kata, sebagai biker sejati et... dah... kita tetep harus keep riding hormati pejalan kaki, suka menabung dan tolong – menolong tidak sombong. Dan jangan sebar berita hoak, tapi share artikel di blog paling keren ini, itu sebuah keharusan he.... salam satu asphalt...   

Posting Komentar

0 Komentar