Ganti Air Radiator Vario 125 dan 150, Sebelum Cepat Habis dan Mendidih

Sejeworks – Pada sepeda motor Honda Vario 125 dan 150 sistem pendingin mesin telah memakai teknologi Liquid Cooled atau dengan kata lain berpendingin radiator. Maka dari itu dibutuhkan perawatan sacara berkala, mulai dari penembahan coolent (air radiator) dan ganti atau kuras air radiator. Tanpa perawatan tersebut maka efeknya akan langsung berdampak pada mesin bro... dari overheat (panas berlebih), motor sering mogok dan parahnya lagi piston ngancing.


ganti radiator


Buat para biker yang kebetulan memakai motor jenis motor berpendingin radiator wajib melakukan hal – hal berikut. Pertama lakukan penambahan dan pengecekan kapasitas reservoir (tangki coolent cadangan) setiap 3 bulan sekali, fungsinya untuk memantau apakah coolent direservoir habis atau masih tersisa. Sebab reservoir tersebut akan terhisap kedalam radiator jika coolent radiator mulai berkurang, kalau sampai dibiarkan terus - menerus maka akan terjadi overheating.  

Kapan Ganti Air Radiator Honda Vario 150 dan 125

Penggantian air radiator atau kuras radiator dianjurkan saat sepeda motor memasuki kilo meter 15.000 atau 1,5 tahun, dan seringkali para biker tidak memperhatikan hal ini. Kebanyakan mereka hanya menambah air radiator (coolent) yang berada didalam reservoir, pada hal air radiator yang terlalu lama tidak dikuras akan menimbulkan endapan – endapan yang dapat menghambat lubang – lubang radiator. Selain itu kandungan antikarat pada coolent juga akan hilang malahan akan menimbulkan karat, jika coolent tidak diganti / kuras secara berkala.

Lakukan pengurasan air radiator setiap km 15.000 kemudian 30.000 berlaku kelipatannya, untuk lebih jelasnya cara menguras radiator vario 125 dan 150. Silahkan tonton sampai selesai videonya bro, tapi jangn lupa subscribe bro...




Air Radiator Vario 150, 125 Cepat Habis dan Mendidih
Titik didih pada air radiator lebih tinggi dari pada air biasa yaitu diatas 100 derajat celcius, tapi kalau panas tetep sama bro... he... yang sering kali jadi masalah adalah saat air radiator cepet habis. Hal ini ada banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, mulai dari kebocoran pada pompa radiator, selang radiator, thermostat, pompa radiator dan gasket head cilinder. Sebaiknya cepat – cepat perbaiki jika air radiator cepat sekali habis, entah itu karena rembes dan air radiator ikut bercampur dengan oli mesin. Video berikut salah satu penyebab dan penanganan untuk air radiator yang cepet habis yang disebabkan karena pompa radiator yang rusak.





Daftar Harga Komponen Radiator Honda Vario 150 dan 125   

Harga Pompa Radiator Vario 125 dan 150 sekitar Rp 350.000,
Harga Radiator Vario 150 dan 125 yaitu Rp 350.000,
Harga Thermostat Honda Vario 150 dan 125 yaitu Rp 700.000,
Harga Air Radiator Vario 150 dan 125 yaitu Rp 25.000,
Seperti biasa untuk mengakhiri artikel kali ini, tetep keep riding no arogan dan salam satu asphalt, satu hobby.

Posting Komentar

0 Komentar