Biaya Ganti Ring Seher dan Seher Motor Yamaha

Sejeworks – Seher dan ring seher adalah komponen yang berada didalam mesin yang sahat vital bagi performa mesin sepeda motor, kerusakan pada seher atau piston akan mengakibatkan tenaga mesin menjadi berkurang drastis. Dan parahnya lagi untuk mengganti seher harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit karena proses pengerjaannya yang lumayan susah. Pada motor Yamaha keluaran lama untuk penggantian seher bisa dilakukan korter, sedangkan untuk motor Yamaha keluaran terbaru yang sudah memakai diasil harus mengganti piston dan cylinder comp secara bersamaan.

biaya ganti piston



Maksud dari korter adalah memperbesar / menaikan diameter cylinder comp dan mengganti piston yang ukurannya lebih besar. Ukuran piston dibatasi oleh pabrikan dari penambahan 0,25 mm atau OS 25, 0,50 mm atau OS 50 mm, 0,75 mm atau OS 75 dan 100 mm atau OS 100. Biasanya pabrikan hanya menyediakan sampai ukuran piston sampai oversize 100, dan jika mau menaikan melebihi angka tersebut maka memakai produk after market atau piston motor lain yang mempunyai diameter lebih besar.

Biaya Ganti Seher Motor Yamaha

Seperti yang dijelaskan diatas untuk ganti seher pada motor Yamaha keluaran lama (non diasil) harus mengganti piston set (piston, ring piston dan pen piston), kemudian mengkorter cylinder comp agar sesuai diameter dari piston baru tersebut. Biayanya kurang lebih piston Rp 130.000,  korter Rp 50.000, gasket atas Rp 60.000 dan jasa bongkar pasang sekitar Rp 250.000.

Estimasi diatas dihitung dengan anggapan bahwa kerusakan hanya pada piston dan komponen lain didalam mesin dalam keadaan bagus. Selain itu setiap bengkel berbeda dalam dalam nenerapkan harga hal ini tergantung lokasi bengkel, part ori atau kw yang dipakai dan jenis motor yang dibongkar.

Sedangkan untuk motor Yamaha yang sudah diasil harus mengganti piston dan cylinder comp bersamaan jika memakai part asli bawaan motor, tapi harga part tersebut lumayan menguras saku. Ambil contoh saja piston Yamaha harganya sekitar Rp 380.000 dan cylinder comp sekitar Rp 370.000, terus harga gasket top set sekitar Rp 90.000 dan ongkos bongkar pasang sekitar Rp 350.000. Hitungan diatas adalah estimasi atau perkiraan saja karena tiap bengkel akan menerapkan perbedaan harga.

Apakah Motor Yamaha yang Memakai Diasil Bisa Dikorter

Sebenarnya motor Yamaha yang memakai diasil tidak bisa dikorter, tapi kenyataannya banyak bengkel yang mengkorternya dengan syarat dengan mengganti boring dan piston dengan produk aftermarket seperti NPP, NPR, TDR dan lain sebagainya. Untuk mengganti boring cylinder comp biasanya dikenakan Rp 200.000 dan jika memakai piston NPP biasanya dihargai Rp 120.000, selain itu cara ini biasa dilakukan oleh bengkel – bengkel umum untuk mengatasi ketersedian stock cylinder comp yang agak susah dicari dan meminimalisir harga spare part.

Apa itu Diasil dan Forged Piston

Diasil tidaklah asing didengar terutama bagi para biker yang memakai produk – produk garputala, diasil mulai diterapakan pada motor Vixion dan Jupiter MX 135. Diasil sebenarnya kepanjangan dari Die Casting Aluminium Silicone bahasa gampangnya yaitu bahan aluminium yang dicetak menjadi blok cylinder untuk mesin sepeda motor Yamaha. Kelebihan dari diasil yaitu meminimalisir gesekan antara piston dengan cylinder comp, material yang kuat tapi ringan, penghantar panas sekaligus tahan panas.

Selanjutnya forged piston adalah piston yang dibuat dengan cara ditempa, dengan bahan dasar aluminium dan dipadukan dengan bahan lainnya dan dilebur secara bersamaan kemudian dicetak dalam bentuk piston dan dilakukan penempaan. Tujuan dari penempaan tersebut untuk memadatkan partikel – partikel piston semakin padat, sehingga piston menjadi lebih kuat terhadap tekanan dan cepat menghantarkan panas.

Sekian dulu penjelasannya ya bro, biar ada gambaran tonton video berikut ini tapi jangan lupa subscribe bro...




Ok bro akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan , hormati pejalan kaki dan salam oprex, salam satu aspal.

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Motor saya berasap ketika tarikan berat,kalo dah ringan asap nya hilang.....kira kira apa nya ya gan ....

    BalasHapus
  2. Motor sy sering gembos , trs skrg jd mati total itu knp ya gan

    BalasHapus