Cara Memperbaiki dan Akibat dari Kedipan Motor Injeksi Honda

Sejeworks – Motor injeksi berkedip – kedip dibagian speedo meter jangan dibiarkan bro, agar rusaknya tidak tambah parah dan merembet ke komponen lain. Karena sebagian biker sering kali mengabaikan hal tersebut, padahal kuda besinya sedang memberi tahu ke tuannya bahwa dia sedang sakit, e... malah yang punya kagak peka... dasar batu ha.... ha... itu mungkin ungkapan dari motor lo bro jika bisa ngomong he... he...


lampu injeksi ngedip



Lampu ini berkedip jika ECU / ECM mendeteksi sinyal yang tidak normal dari sensor – sensor disistem injeksi sepeda motor pada saat dijalankan. Setiap kedipan mempunyai arti kode kerusakan yang berbeda pada sepeda motor tersebut, jika lampu berkedip panjang dibaca 10. Tapi jika lampu berkedip pendek dibaca 1, nah untuk lebih jelasnya baca artikel ini sampai selesai dan jangn lupa tonton videonya silahkan subscribe, like, comment share.

Kode MIL Motor Injeksi Honda

Kedipan 1 berarti adanya kerusakan pada rangkaian sensor MAP (manifold absolute pressure).
Kedipan 7 berarti rangkaian sensor suhu mengalami kerusakan.
Kedipan 8 berarti pada sensor throttle position (TP) tidak berfungsi dengan baik.
Kedipan 9 berarti rangkaian pada sensor IAT (intake air temperature) mengalami kerusakan.
Kedipan 11 berarti adanya rangkain terbuka pada sensor kecepatan / vihecle speed.
Kedipan 12 berarti rangkain injektor mengalami gangguan atau kerusakan.
Kedipan 21 berarti adanya gangguan atau kerusakan pada rangkaian sensor O2.
Kedipan 29 berarti adanya kerusakan atau rangkaian terbuka pada sensor IACV / choke otomatis.
Kedipan 33 berarti ECU / ECM mengalami kerusakan / gangguan.
Kedipan 52 berarti adanya rangkaian terbuka atau kerusakan pada sensor CKP.
Kedipan 54  berarti adanya rangkaian terbuka dan kerusakan pada sensor kemiringan sudut sepeda motor / bank angel sensor.

Akibat dari Kedipan Motor Injeksi Honda

Kedipan 1

Kedipan 1 terjadi disebabkan adanya rangkaian terbuka dari sensor MAP (manifold absolute pressure) atau terjadi kerusakan pada sensor tersebut dan tingkat kevakuman pada intake manifold yang tidak stabil. Sensor ini biasanya terletak disekitar throttle body atau sekitar filter udara dan manifold.

Akibat yang ditimbulkan akselerasi menjadi berkurang, mesin tetap bekerja secara normal tetapi kurang tenaga pada putaran atas.

Kedipan 7

Pada kedipan 7 motor injeksi honda akan menunjukan adanya kerusakan pada sensor suhu, bisa ECT (engine coolant temperature) dan EOT (engine oil temperature) tergantung jenis sistem pendinginan pada motor tersebut. Untuk motor berpendingin radiator disebut ECT (Engine Coolent Temperature), sedangkan untuk sepeda motor perpendingin udara disebut EOT (engine Oil Temperature).


kerusakan injeksi honda



Yang membedakan dari jenis sensor suhu tersebut adalah rangkaiannya, karena ECT digunakan untuk mengukur suhu air radiator dan pada suhu tertentu akan menggerakan kipas radiator. EOT digunkan untuk mengukur suhu oli mesin dan langsung tersambung ke ECU / ECM atau otak dari sepeda motor injeksi.

Kedipan MIL 7 sering kali karena adanya arus putus sambung (intermittent failure) atau adanya kerusakan pada sensor tersebut. Arus putus sambung ini bisa disebabkan karena kabel jalur sensor suhu mau putus, soketan / konektor sensor dalam keadaan longgar dan masih banyak lagi. Akiibat dari sensor suhu rusak maka sepeda motor akan sulit dihidupkan pada suhu rendah, kipas radiator bekerja tidak maksimal dan mesin cepat panas.

Kedipan 8

Kedipan lampu injeksi sebanyak 8 kali berarti adanya kerusakan pada bagian sensor throttle position (TP), sensor ini terletak di throttle body (karburatornya motor injeksi). Terjadinya kedipan MIL 8 kali ini karena adanya kerusakan pada sensor TP, soket konektor yang longgar dan jalur kabel sensor TP yang putus.

Akibat dari kedipan 8 pada motor injeksi Honda yaitu motor menjadi boros bahan bakar, akselerasi motor menjadi tidak baik dan mesin sering mati.

Kedipan 11

Sebenarnya sensor kecepatan / VC bukan termasuk sistem injeksi, karena pengaruh dari sensor kecepatan tidak merembet atau menggangu kinerja ECU / ECM. Sensor ini hanya mempengaruhi tampilan kecepatan pada speedo meter, penyebab dari kedipan 11 yaitu rusaknya sensor terkait dan jalur kabel dari sensor tersebut.

Kedipan 12

Kedipan 12 pada motor injeksi Honda terjadi karena adanya gangguan atau kerusakan pada sensor injektor, kerusakan tersebut bisa berasal dari sensor injektor atau dari kabel jalur sensor tersebut. Akibat dari kedipan 12 motor injeksi Honda biasanya, mesin tidak dapat dihidupkan, injektor, pompa bahan bakar dan sistem pengapian mati.

Kedipan 21

Kedipan 21 ini disebabkan karena sensor O2 yang berada disekitar knalpot atau disekitar lubang exhoust mengalami kerusakan atau rangkaian terbuka pada sensor tersebut. Akibat dari kedipan MIL 21 ini membuat mesin sulit dihidupkan dan bunyi letupan pada bagian knelpot.

Kedipan 29

Kedipan 29 pada motor Honda injeksi terjadi karena soket kontak yang longgar atau kurang baik, selain itu penyebab lainnya karena jalur kabel sensor tersebut terbuka / putus. Dan yang paling parah karena adanya kerusakan pada sensor IACV atau choke otomatis, posisi choke otomatis terlatak dithrottle body dekat dengan sensor TP.

Kedipan 33

Kerusakan pada ECU / ECM pada motor injeksi Honda akan membuat lampu MIL menyala 33 kali, tapi sering kali kerusakan pada ECU akan berdampak motor mati total. Dan semua sistem elektronik akan mati mulai dari lampu – lampu, sistem beban, sistem pengapian dan sistem injeksi, sehingga membuat lampu MIL tidak menyala sama sekali.

Akibat dari ECM / ECU rusak bagi motor injeksi Honda sebenarnya sangat berrvariasi mulai dari bocornya sitem beban / kelistrikan, motor mati total dan sepeda motor menjadi sulit untuk dihidupkan.

Kedipan 52

Kedipan MIL 52 disebabkan karena adanya kerusakan pada sensor CKP, kerusakannya meliputi jalur kabel yang putus, soket kontak yang longgar dan kerusakan pada sensor tersebut. Selain itu accu / aki yang ngedrop juga akan mengirimkan sinyal kode MIL 52, dan setelah penggantian accu baru kode kerusakan tersebut masih tersimpan di ECU. Maka langkah terbaiknya dengan melakukan reset ECU setelah penggantian aki / accu baru.

Kedipan 54

Kedipan MIL injeksi motor injeksi Honda dengan jumlah 54 ini terjadi pada sepeda motor jenis batangan / sport, karena sensor kemiringan / BAS (bank angle sensor) terletak pada motor – motor tersebut. Sedangkan untuk motor matic injeksi dan bebek injeksi Honda tidak memiliki sensor sudut kemiringan sepeda motor.

Kerusakan pada sensor kemiringan akan membuat sepeda motor tetap hidup saat sepeda motor jatuh, selain itu pemasangan sensor kemiringan akan mempengaruhi sistem pengapian sepeda motor. Sehingga sepeda motor tidak bisa dihidupkan sama sekali, karena sensor tersebut mengirimkan sinyal kemiringgan yang tidak tepat sesuai kondisi motor sebenarnya.

Cara Memperbaiki Kedipan Motor Injeksi Honda

Sebaiknya lakukan pengecekan pada soket dan jalur kabel dari sensor terkait.

Terkadang kedipan MIL tidak sesuai dengan kerusakan sensor terkait tapi kerusakannya malah terjadi pada sensor lain, hal ini karena setiap sensor pada motor injeksi saling terkait.

Segera perbaiki penyebab kedipan MIL dan lakukan penggantian sensor jika konsleting / hubungan arus listrik telah diperbaiki.

Jika ECU rusak jangn terlalu cepat untuk menggantinya dengan ECU terbaru, tapi perbaiki dan periksa kembali penyebab ECU rusak. Karena jika langsung ganti ECU, kemungkinan besar akan merusak ECU yang baru diganti.

Untuk lebih jelasnya tonton video ini bro, tapi jangan lupa subscribe, like, comment dan share ya bro... kalau masih bingung komen saja bro... tapi jangn disini ya di channel saja.. he...



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati pejalan kaki dan salam oprek, salam satu aspal....  

Posting Komentar

0 Komentar